Pengembangan Media Bola Hitung Berbasis Montessori Pada Pembelajaran Matematika Materi Penjumlahan dan Pengurangan Kelas II MI Nurul Islam Lubuklinggau

Authors

  • Ayu Aisyah Fadillah Universitas PGRI Silampari
  • Asep Sukenda Egok Universitas PGRI Silampari
  • Novianti Mandasari Universitas PGRI Silampari

DOI:

https://doi.org/10.22460/jpp.v1i2.11802

Keywords:

pengembangan, media, montessori

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media bola hitung berbasis montessori materi penjumlahan dan pengurangan pada kelas II MI Nurul Islam Lubuklinggau yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan 4D. Model ini terdiri dari 4 tahapan yaitu: tahap define (pendefinisian), tahap design (Perencanaan), tahap develop (pengembangan) dan tahap disseminate (penyebaran).  Subyek penelitian ini terdiri atas Validator (Ahli bahasa, ahli media, dan ahli materi), guru kelas dan siswa kelas II. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar angket. Berdasarkan hasil analisis ketiga validator mendapatkan skor 0,78 dengan kriteria cukup tinggi. Kemudian hasil analisis kepraktisan dari respon guru dan siswa mendapatkan kriteria “sangat praktis†dengan hasi 95%. Media bola hitung berbasis montessori memiliki efektivitas terhadap hasil belajar siswa. Siswa (95%) dalam kategori telah tuntas sedangkan (6%) belum tuntas.  Sehingaa dapat disimpulkan bahwa media bola hitung berbasis montessori memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif untuk dapat digunakan dalam proses pembelajaran.

References

Egok, Asep Sukenda. 2012. “Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kemandirian Belajar Dengan Hasil Belajar Matematika.†Jurnal Pendidikan Dasar 2(2): hlm. 35-43.

Febriandi, Riduan Febriandi, Agus Susanta Susanta, and Wasidi Wasidi Wasidi. 2019. “Validitas Lks Matematika Dengan Pendekatan Saintifik Berbasis Outdoor Pada Materi Bangun Datar.†Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Pendidikan Dasar 2(2): 148–58.

Hidayat, Adityawarman, and Indra Irawan. 2017. “Problem Solving Untuk Memfasilitasi Kemampuan.†Journal Cendekia 1(2): 51–63.

Lestari Fida, Asep Sukenda Egok, Riduan Febriandi. 2021. “Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Project Based Learning Pada Siswa Sekolah Dasar.†Jurnal Basicedu 5(1): 395–405.

Mandasari, Novianti, and Elya Rosalina. 2021. “Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Bilangan Bulat Di Sekolah Dasar.†Jurnal Basicedu 5(3): 1139–48.

Montessori. M. 2022. The Montessori Method. New York: Frederick A. Stokes Company.

Norsanty, Untari Octavia, and Zahra Chairani. 2016. “Lingkaran Berbasis Pembelajaran Guided Discovery Untuk Siswa Smp Kelas Viii.†Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika 2(1): 19–20.

Purnomo, Halim. 2019. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Lembaga Penelitian Publikasi, dan Pengabdian Masyarakat (LP3M) Universitas Muhamadiyah Yogyakarta.

Ruqoyyah, Siti et al., 2020. Kemampuan Pemahaman Konsep dan Resiliensi Matematika dengan VBA Microsoft Excel. Purwakarta: Tre Alea Jacta Pedagogie.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Syahrir, and Susilawati. 2015. “Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Siswa SMP.†Jurnal Ilmiah Mandala Education 1(2): 162–71.

Trianto. 2020. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.

Winasih, Ni Wayan, I Wayan Romi Sudhita, Luh Putu Putrini Mahadewi. 2015. “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Dengan Model 4D Mata Pelajaran IPA Kelas VIII Tahun Pelajaran 2014/2015 Di SMP Negeri 3 Sawan.†e-Journal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Teknologi Pendidikan vol. 3 no. 1 tahun 2015 3(1): 4.

Additional Files

Published

2022-12-15

How to Cite

Fadillah, A. A., Egok, A. S., & Mandasari, N. (2022). Pengembangan Media Bola Hitung Berbasis Montessori Pada Pembelajaran Matematika Materi Penjumlahan dan Pengurangan Kelas II MI Nurul Islam Lubuklinggau. Jurnal Profesi Pendidikan, 1(2), 157–164. https://doi.org/10.22460/jpp.v1i2.11802

Issue

Section

Articles