https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpp/issue/feed Jurnal Profesi Pendidikan 2024-06-30T00:00:00+00:00 Pengelola Jurnal JPP [email protected] Open Journal Systems <table class="data" style="font-family: 'Noto Sans', 'Noto Kufi Arabic', -apple-system, BlinkMacSystemFont, 'Segoe UI', Roboto, Oxygen-Sans, Ubuntu, Cantarell, 'Helvetica Neue', sans-serif; height: 244px;" width="570"> <tbody> <tr valign="top"> <td width="20%">Journal title</td> <td width="80%"><strong>: Jurnal Profesi Pendidikan</strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Initials / DOI</td> <td width="80%"><strong>: JPP / <a href="https://search.crossref.org/search/works?q=10.22460%2Fjpp&amp;from_ui=yes">10.22460/jpp</a></strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Abbreviation</td> <td width="80%"><strong>: J. Pro. Pendik</strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Editor in Chief</td> <td width="80%"><strong>: <a href="https://scholar.google.co.id/citations?user=lk9biYwAAAAJ">Dr. Asep Samsudin, M.Pd.</a></strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Publisher</td> <td width="80%"><strong>: PPG IKIP Siliwangi</strong><strong><br /></strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Print ISSN</td> <td width="80%"><strong>: <a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/20220325580846528">2829-0828</a></strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Online ISSN</td> <td width="80%"><strong>:</strong> <strong><a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/20220224101473011">2828-8831</a></strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Frequency</td> <td width="80%"><strong>: 2 issues per year (June &amp; December)</strong></td> </tr> </tbody> </table> <p><strong>Jurnal Profesi Pendidikan (JPP)</strong> publishes original research or theoretical papers on teaching and learning related to current issues at early childhood, elementary, middle school, high school or college levels. We recommend classroom action research, qualitative, descriptive, or quantitative. We can process didactic development research (DDR) or research and development (RnD) manuscripts. Our publications may include research on teaching, learning and teaching, curriculum development, learning environments, teacher education, technology, and educational development.</p> https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpp/article/view/22524 Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VII Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning 2024-06-14T01:01:22+00:00 Enur Nurmawati [email protected] <p>Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik model <em>problem based learning</em> (PBL) pada pembelajaran matemsatika materi Bilangan Bulat. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII sebanyak 32 orang. Hasil nilai pengetahuan, angket dan lembar observasi sebagai instrumen yang digunakan pada penelitian ini. Penelitian dilakukan sejumlah dua siklus, setiap siklus untuk satu kali pertemuan, setiap siklus terdapat empat kegiatan utama, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes penilaian pengetahuan, angket dan lembar pengamatan (observasi). Teknik analisis data berupa deskriptif kualitatif. Peningkatan motivasi setiap siklusnya diperoleh dari data hasil angket yang diukur melalui lima indikator yaitu tekun mengerjakan tugas, minat belajar matematika, senang belajar matematika, berani berpendapat, dan bekerjasama dalam kelompok. Peningkatan hasil setiap siklusnya diperoleh dari data hasil tes penilaian pengetahuan peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan-kesimpulan: (1) penerapan model problem based learning berbantuan media pembelajaran dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika pada materi bilangan bulat pada tiap siklusnya.; (2) penerapan model problem based learning berbantuan media pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika pada materi bilangan bulat.</p> 2024-06-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Profesi Pendidikan (JPP) https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpp/article/view/22907 Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran IPA Materi Rangkaian Listrik Sederhana Dengan Menggunakan Model Pembelajaran STEM di Kelas VI Sekolah Dasar 2024-06-14T01:20:27+00:00 Ayang Wike Sintia [email protected] Jajang Bayu Kelana [email protected] Anugrah Ramadhan Firdaus [email protected] <p>Perkembangan zaman di abad ke-21 menuntut peserta didik untuk memiliki <em>life skill </em>yang berguna bagi kehidupannya, salahsatu yaitu keterampilan berpikir kritis. Keterampilan berpikir kritis dapat dilatihkan pada peserta didik melalui penggunaan model pembelajaran yang tepat, salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik yaitu model pembelajaran STEM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kritis pada pelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran STEM pada peserta didik kelas VI SD. Penelitian ini menggunakan metode pre-eksperimental dengan desain <em>one group pretest-posttest</em>. Adapun subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI sekolah dasar dengan jumlah jumlah 24 siswa. Instrumen yang digunakan adalahsoal tes keterampilan berpikir kritis dan lembar observasi. Berdasarkah hasil penelitian diperoleh nilai <em>sig. (2-tailed)</em> 0.000 &lt; 0.05 berarti H<sub>0</sub> ditolak dan H<sub>1</sub> diterima, dengan kata lain terdapat perbedaan yang signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas VI setelah menggunakan model pembelajaran STEM.</p> 2024-06-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Profesi Pendidikan (JPP) https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpp/article/view/22941 Analisis Model Pembelajaran Projek Based Leraning (Pjbl) Terhadap Konsentrasi Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar 2024-06-14T01:50:10+00:00 Isyfa Robiā€™ah Al-Adawiyah [email protected] Neneng Kurnia Sandi [email protected] Rima Rahmawati Permana [email protected] Sulastri Nurmaya [email protected] Ryan Dwi Puspita [email protected] <p>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya konsentrasi dalam proses pembelajaran, khususnya pada pembelajaran matematika. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 27 orang, dimana pengambilan subjek penelitian menggunakan teknik purposive, melihat dengan hasil belajar siswa, kemudian mengklasifikasikannya ke dalam kriteria hasil belajar tinggi, sedang, dan rendah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan hasil belajar siswa. Teknik analisis data menggunakan Model Project Based Learning dengan empat aktivitas yang dilakukan yaitu: pengumpulan data, reduksi data, display data, dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 27 subjek penelitian memiliki tingkat konsentrasi belajar yang berbeda. Subjek 1-9 dengan hasil belajar tinggi memenuhi 6 indikator konsentrasi belajar dan tidak memenuhi 3 indikator konsentrasi belajar. Subjek 1-9 mendapatkan skor 58,82 dan tergolong memiliki tingkat konsentrasi sedang. Subjek 10-18 dengan hasil belajar sedang memenuhi 7 indikator konsentrasi belajar dan tidak memenuhi 2 indikator konsentrasi belajar. Subjek 10-18 mendapatkan skor 70,58 dan tergolong memiliki tingkat konsentrasi sedang. Sedangkan subjek 19-27 dengan hasil belajar tinggi memenuhi tujuh indikator konsentrasi belajar dan tidak memenuhi 2 indikator konsentrasi belajar. Subjek C mendapatkan skor 82,35 dan tergolong memiliki tingkat konsentrasi tinggi. Kesimpulannya, dengan pemahaman yang baik tentang faktor-faktor yang mempengaruhi konsentrasi dan penerapan strategi yang tepat, seseorang dapat meningkatkan konsentrasinya dan mencapai hasil yang lebih baik dalam berbagai aktivitas.</p> 2024-06-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Profesi Pendidikan (JPP) https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpp/article/view/23352 Penggunaan Model Problem Based Learning Berbantuan Video Powtoon Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas III Sekolah Dasar 2024-06-20T03:55:54+00:00 Nina Vania [email protected] Wahyu Hidayat [email protected] Trisna Nugraha [email protected] <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan peningkatan kemampuan dalam menganalisis, mengevaluasi serta berpikir secara kritis dalam konsep keliling dan luas bangun datar yang ada di kelas III SD. Desain Sequential eksplanatory design adalah salah satu desain yang digunakan dalam proses penelitian ini. Siswa kelas III SD menjadi salah satu subjek penelitan yang ada di SDN Giriraharja. Penelitian ini melalui dua tahapan, langkah pertama adalah pengumpulan serta analisis data kuantitatif tekniknya dengan memberikan tes mengenai kemampuan berpikir kritis. Pada langkah kedua, data kualitatif dikumpulkan serta dianalisis menggunakan teknik wawancara, angket respon dan formulir observasi. Penelitian ini menunjukan bahwa hasil penggunaaan model PBL berbantuan video powtoon secara signifikan terdapat peningkatan berpikir kritis. Ini terbukti dari nilai yang diraih oleh para siswa pada saat pretest rata-rata 63 kemudian berubah dengan nilai postest rata-rata sebesar 84 dengan hasil uji cohen`s effect size sebesar 1,826. Dalam tinjauan kualitatif yang melibatkan analisis lebih lanjut, ditemukan bahwa dengan menggunakan model PBL berbantuan video powtoon ini berperan dalam mengaktifkan suasana kegiatan belajar mengajar menjadi aktif serta interaktif serta siswa dapat mengidentifikasi masalah dan merumuskan jawaban dari permasalahan yang diberikan terbukti dengan tingginya antusias dan repon siswa.</p> 2024-06-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Profesi Pendidikan (JPP) https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpp/article/view/12206 Pengembangan Bahan Ajar Materi Interaksi Sosial Berbasis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD 2023-06-08T01:43:13+00:00 Febrianti Amini [email protected] Jajang Bayu Kelana [email protected] Ronny Mugara [email protected] <p>Bahan ajar merupakan alat atau bahan yang berisi materi pelajaran dan disusun secara sistematis agar tercapainya tujuan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis proses pengembangan bahan ajar materi interaksi sosial berbasis model pembelajaran kooperatif tipe STAD, kalayakan bahan ajar menurut ahli dan praktisi, dan kepraktisan. Metode penelitian ini menggunakan <em>Research and Development (R &amp; D)</em> dengan model Borg and Gall yang dibatasi sampai langkah ke sembilan. Subjek penelitan adalah siswa kelas V SD. Instrumen penelitian menggunakan wawancara, angket, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa bahan ajar dapat digunakan oleh siswa dalam proses pembelajaran. Kelayakan bahan ajar memperoleh hasil dari ahli materi sebesar 88 %, ahli media sebesar 93%, dan praktisi sebesar 82%. Dari ketiga penilaian tersebut menunjukan kelayakan bahan ajar termasuk kategori sangat layak. Hasil respon siswa pada uji terbatas 87% dan uji coba luas sebesar 90% atau dapat dikatakan sangat praktis. Maka dari itu, pengembangan bahan ajar ini layak dan praktis digunakan dalam proses pembelajaran.</p> 2024-06-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Profesi Pendidikan (JPP)