https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpp/issue/feed Jurnal Profesi Pendidikan 2023-12-30T00:00:00+00:00 Pengelola Jurnal JPP jpp@journal.ikipsiliwangi.ac.id Open Journal Systems <table class="data" style="font-family: 'Noto Sans', 'Noto Kufi Arabic', -apple-system, BlinkMacSystemFont, 'Segoe UI', Roboto, Oxygen-Sans, Ubuntu, Cantarell, 'Helvetica Neue', sans-serif; height: 244px;" width="570"> <tbody> <tr valign="top"> <td width="20%">Journal title</td> <td width="80%"><strong>: Jurnal Profesi Pendidikan</strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Initials / DOI</td> <td width="80%"><strong>: JPP / <a href="https://search.crossref.org/search/works?q=10.22460%2Fjpp&amp;from_ui=yes">10.22460/jpp</a></strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Abbreviation</td> <td width="80%"><strong>: J. Pro. Pendik</strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Editor in Chief</td> <td width="80%"><strong>: <a href="https://scholar.google.co.id/citations?user=lk9biYwAAAAJ">Dr. Asep Samsudin, M.Pd.</a></strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Publisher</td> <td width="80%"><strong>: PPG IKIP Siliwangi</strong><strong><br /></strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Print ISSN</td> <td width="80%"><strong>: <a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/20220325580846528">2829-0828</a></strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Online ISSN</td> <td width="80%"><strong>:</strong> <strong><a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/20220224101473011">2828-8831</a></strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Frequency</td> <td width="80%"><strong>: 2 issues per year (June &amp; December)</strong></td> </tr> </tbody> </table> <p><strong>Jurnal Profesi Pendidikan (JPP)</strong> publishes original research or theoretical papers on teaching and learning related to current issues at early childhood, elementary, middle school, high school or college levels. We recommend classroom action research, qualitative, descriptive, or quantitative. We can process didactic development research (DDR) or research and development (RnD) manuscripts. Our publications may include research on teaching, learning and teaching, curriculum development, learning environments, teacher education, technology, and educational development.</p> https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpp/article/view/21531 Proses Pencapaian Keterampilan Literasi Membaca Pada Peserta Didik Melalui Pemanfaatan Pojok Baca di Kelas IV 2023-12-07T00:56:42+00:00 Reksa Adya Pribadi reksapribadi@untirta.ac.id Syifa Syifa Nurfebriyani 2227210103@untirta.ac.id Ifdathi Zahra Khumairoh 2227210101@untirta.ac.id Ahmad Danil Pamungkas 2227210083@untirta.ac.id <p>Keterampilan membaca sudah seharusnya dikuasai oleh semua orang tidak terkecuali bagi peserta didik karena hal yang tercantum semakin memudahkan peserta didik agar menggali informasi dari berbagai sumber tertulis serta dengan kemampuan membaca namun rendahnya minat baca masyarakat Indonesia berdasarkan data PISA dapat mengakibatkan menurunnya kemampuan kognitif dan intelektual peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menyajikan data hasil observasi dan wawancara untuk mendeskripsikan bagaimana tahap perencanaan pengembangan keterampilan literasi, menjelaskan proses pengembangan keterampilan literasi dengan memanfaatkan pojok baca, dan menggambarkan keterampilan literasi membaca peserta didik setelah tersedianya pojok baca. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian deskriptif. Instrumen yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek nya adalah peserta didik kelas IV SDN Tegal Jetak, sedangkan objek nya adalah proses pencapaian keterampilan literasi melalui pemanfaatan pojok baca. Kegiatan literasi melalui pemanfaatan pojok baca di SDN Tegal Jetak khususnya kelas IV mengalami perubahan yang signifikasi. Proses pencapaian keterampilan literasi membaca pada peserta didik berjalan karena adanya proses perencanaan, pelaksanaan dan hasil. Hasil akhirnya dapat meningkatnya keterampilan membaca peserta didik melalui pemanfaatan pojok baca.</p> 2023-12-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Profesi Pendidikan (JPP) https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpp/article/view/21353 Penerapan Model Jigsaw Pada Materi Senyawa Karbon Turunan Alkana Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA 2023-12-07T00:56:01+00:00 Mariani Surtiningsih marianur.20@gmail.com <p>Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa hasil belajar siswa rendah dan kurangnya partisipasi aktif siswa pada kegiatan pembelajaran Senyawa Karbon Turunan Alkana. Untuk mengatasi masalah tersebut maka diadakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan Metode Jigsaw.Tahapan dalam pembelajaran koperatif Jigsaw terdiri dari, membentuk kelompok asal, memberi masalah kepada setiap siswa,mempersiapkan siswa dalam kelompok tim ahli, dan mengembalikan lagi siswa ke dalam kelompok asal.. Penelitian tindakan kelas yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode Kemmis dan Mc. Taggart yaitu sistem spiral diri terdiri dari 4 tahap yakni perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi dan perencanaan kembali. Data hasil penelitian diperoleh dari: 1) Observasi keaktifan siswa dan kinerja guru 2) Tes formatif setiap akhir tindakan 3) Angket skala respon siswa terhadap pembelajaran koperatif Jigsaw . Sedangkan teknik analisis data menggunakan statistik sederhana yakni kualitatif deskriptif.Hasil penelitian menunjukkan perolehan sebagai berikut 1) Indeks keaktifan siswa dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 18,67 %, 2) Peningkatan hasil belajar siswa yang terjadi dari pra PTK ke siklus I sebesar 15,84 % , dari siklus I ke siklus II sebesar 9,16 % , 3) Respon siswa pada pembelajaran mencapai skor 77,93 % ini artinya siswa memberikan respon yang baik terhadap pembelajaran.</p> 2023-12-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Profesi Pendidikan (JPP) https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpp/article/view/12281 Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas IV SDP Al- Basyariah 2023-12-07T13:45:10+00:00 Inthan Nenditha tatauthannenditha@gmail.com Jajang Bayu Kelana jajang-bayu@ikipsiliwangi.ac.id <p>Berdasarkan observasi pembelajaran, wawancara dengan guru kelas IV Pondok Pesantren SD Al-Basyariah, serta versi publikasi. Bahwa penggunaan media pembelajaran IPA kurang bervariasi, hanya menggunakan media cetak guru dan buku siswa. Itulah salah satu wawasan mendalam kelas bumi siswa kelas IV Albasyariah. Maka dari itu untuk memberikan solusi dengan mengembangkan media pembelajaran yang berjilbab dan dapat menarik minat siswa terhadap sumber energi, perubahan bentuk energi dan energi alternatif di kelas iv sdyariah, dimana media powerpoint bersifat interaktif. Pada penelitian ini dikembangkan media pembelajaran powerpoint interaktif dengan menggunakan sepuluh langkah sesuai dengan borg and gall. Media pembelajaran tersebut dapat disebarluaskan dan juga digunakan dalam pembelajaran berdasarkan kelayakan yang dilakukan pada tahap penelitian dan terdapat pengaruh media pembelajaran terhadap kemampuan pemahaman konsep IPA siswa. Hasil yang diperoleh dalam penelitian dengan menggunakan tes menghasilkan bahwa dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep IPA siswa dan media pembelajaran menjadi sangat sesuai, dengan demikian media pembelajaran powerpoint interaktif dapat digunakan pada empat pembelajaran IPA dasar.</p> 2023-12-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Profesi Pendidikan (JPP) https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpp/article/view/15061 Pemanfaatan Media Audio Visual dan Quizizz Pada Pembelajaran Daring Surat Pribadi dan Surat Dinas 2023-12-07T00:49:32+00:00 Evie Rahmawati evie.rachma93@gmail.com Latifah Latifah latifah@ikipsiliwangi.ac.id <p>Adanya pandemi membuat proses pembelajaran yang semula dilakukan secara langsung langsung diubah menjadi pembelajaran daring. Oleh sebab itu, sangat penting untuk seorang guru menggunakan berbagai media untuk mendukung proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manfaat media audiovisual dan Quizizz pada pembelajaran daring surat pribadi dan surat dinas. Dalam materi surat pribadi dan surat dinas rata-rata peserta didik masih kesulitan dalam memahami materi tersebut, hal ini dapat terlihat dari rata-rata hasil belajar di bawah kriteria ketuntasan minimal. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara dan studi pustaka yaitu mencari informasi pada jurnal, artikel, buku, dan berbagai macam referensi lainnya untuk menunjang penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian, media pembelajaran audiovisual sangat membantu dalam pemahaman dan lebih menarik dalam mempelajari materi pembelajaran disaat pembelajaran daring. Pengaplikasian media Quizizz dalam pembelajaran daring menjadikan permasalahan kejenuhan peserta didik teratasi dan menjadikan kegiatan pembelajaran lebih efektif, efisien dan menyenangkan serta hasil belajar peserta didik dalam materi surat pribadi dan surat dinas meningkat dengan rata-rata memperoleh di atas kriteria ketuntasan minimal. Kedua media tersebut dapat dikatakan efektif dan membuat peserta didikpun tidak merasa bosan dan lebih aktif lagi setiap menerima pembelajaran yang diberikan oleh guru.</p> 2023-12-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Profesi Pendidikan (JPP) https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpp/article/view/20340 Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Phair Check Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Toleransi Pada Siswa Kelas IV SD 2023-12-20T04:18:48+00:00 Aris Al Gimdi algimdiaris@gmail.com Hana Sakura Putu Arga hanasakuraputuarga9293@gmail.com Uus Kuswendi Uus@ikipsiliwangi.ac.id <p>Pada penelitian ini mengkaiji tentang pembentukan sikap dan perilaku toleransi siswa terhadap keberagaman suku bangsa, adapun tujuan dari penelitian ini yakni : (a) penggunaan model kooperatif tipe <em>phair check </em>untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa kelas IV, (b) respon siswa terhadap penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe <em>phair check</em> untuk meningkatkan keterampilan sosial toleransi, (c) mengetahui kesulitan guru dalam pembelajaran ips dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe <em>phair check. </em>Penelitian ini dilakukan di salah satu sekolah dasar yang terletak di kabupaten Bandung dengan jumlah parsitipan sebanyak 20 siswa dan 1 orang guru kelas. Metode penelitian yang digunakan yaitu <em>mix methods </em>dengan desain <em>eksplanatori sequential</em> dengan desain<em> one grup pretest-postes</em><em>. </em>Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini yakni dengan observasi, respon siswa dan guru. Reduksi data yang diperolah dari hasil verifikasi data menggunakan apikasi SPSS dan Ms.Excel. Adapun hasil dari penelitian ini yakni : (a) model pembelajaran kooperatif tipe phair check dapat meningkatkan keterampilan sosial toleransi pada siswa kelas IV SD, (b) siswa masih mengalami kesulitan, hal ini disebabkan karena adanya ketergantungan dengan kelompoknya (teman dekatnya), kurangnya fokus dan parsitifasi aktif siswa ketika pembelajaran berlangsung, (c) kesulitan guru yang di dapatkan yakni kurangnya durasi waktu untuk menjelaskan langkah-langkah pembelajaran kepada siswa.</p> 2023-12-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Profesi Pendidikan (JPP) https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpp/article/view/21766 Pengaruh Intensitas Menonton Video Tutorial Hairdo Melalui Media Sosial Tiktok Terhadap Hasil Belajar Penataan Rambut Siswa (Studi Kasus: Siswa Student Day SMA Plus PGRI Cibinong) 2023-12-22T11:56:29+00:00 Ricke Agsela Tikuasa rickeagselatikuasa@gmail.com Titin Supiani tsupiani@unj.ac.id Lilis Jubaedah lilisjubaedah@unj.ac.id <p>Intensitas menonton bisa diartikan dengan frekuensi atau seberapa seringnya melihat vidio, seberapa dalam sesorang itu menonton, seberapa lama menghabiskan waktu untuk menonton, serta daya dari konsentrasi saat menonton. Video tutorial merupakan suatu media pembelajaran yang bermanfaat guna meningkatkan kemampuan yang ada pada siswa. Mengakses media sosial tiktok sudah menjadi sebuah rutinitas gen Z yang umumnya merupakan seorang siswa, tiktok kerap digunakan sebagai media pembelajaran bagi para siswa untuk mengetahui berbagai macam informasi dan pengetahuan, trend terkini, video tutorial, dan kreativitas yang ada guna meningkatkan hasil belajar pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intensitas menonton vidio tutorial hairdo melalui media sosial tiktok terhadap hasil belajar penataan rambut siswa. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif <em>cross sectional</em>, teknik sampling yang digunakan adalah <em>total population sampling</em> (teknik sampel keseluruhan) yang akan dilakukan dengan seluruh siswa kelas X dan XI yang mengikuti student day tata rias sebanyak 52 orang siswa. Data ini akan diolah dengan uji korelasi <em>product moment </em>dan uji t. Hasil pengolahan data menggunakan uji korelasi <em>product moment </em>terdapat nilai signifikansi 0.000 &lt; 0.05 dan nilai t hitung 11.050 &gt; t tabel 1.6791, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh intensitas menonton vidio tutorial hairdo melalui media sosial tiktok terhadap hasil belajar penataan rambut siswa <em>student day</em> tata rias SMA Plus PGRI Cibinong secara signifikan.</p> 2023-12-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Profesi Pendidikan (JPP)