ANALISIS MAKNA KONOTASI PADA PUISI “SURAT CINTA” KARYA WS RENDRA MENGGUNAKAN PENDEKATAN SEMIOTIK

Authors

  • Devy Handayani IKIP Siliwangi
  • Enung Nurhayati IKIP Siliwangi
  • Suhud Aryana IKIP Siliwangi

Keywords:

Semiotik, Surat Cinta, WS Rendra

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1). menganalisis puisi yang berjudul “Surat Cinta†karya WS Rendra secara semiotik, (2) mendeskripsikan hasil penelitian dari puisi yang berjudul “Surat Cinta†karya WS Rendra, dan (3) mendeskripsikan makna-makna dalam puisi tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif yang menceritakan dan menggambarkan isi dari puisi yang dianalisis. Puisi “Surat Cinta†karya WS Rendra dianalisis secara semiotik guna mencari makna dan tanda-tanda kebahasaanya sehingga makna yang tersembunyi dapat terungkapkan dengan jelas. Hasil penelitian analisis semiotik pada puisi “Surat Cintaâ€, dapat dilihat secara kontekstual bahwa tokoh aku sangat mengharapkan dan mencintai seorang wanita, bahkan ketika banyak rintangan yang menghadang ia tetap teguh pendiriannya untuk mencintai perempuan itu.

Author Biography

Devy Handayani, IKIP Siliwangi

Program studi pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

References

Agustini dan Novando Andria Purwadi. (2015). Pemaknaan Iklan Serial Rokok Djarum Super Analisis Semiotika Ferdinand de Saussure. Jurnal IPB.

Alpiah, S., & Wikanengsih, W. (2019). Penerapan Metode Inkuiri Dalam Pembelajaran Menulis Puisi Siswa SMK. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 2(2), 215–218.

Andriani (2012). Apresiasi puisi Indonesia. [Online]. Tersedia di:

http://andriani-theworld.blogspot.com/2012/10/tugas-4-apresiasi-puisi-indonesia.html#

City, I., Shalihah, N., & Primandika, R. B. (2018). Analisis Puisi Sapardi Djoko Damono “Cermin 1†dengan Pendekatan Semiotika. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 1(6), 1015–1020.

Damono, J. K. S. D. Analisis Diksi dan Gaya Bahasa Pada Kumpulan Puisi Hujan Bulan.

Fadhila, A. Z., & Quri'ani, H. B. (2021). Kajian Semiotik Puisi "Dalam Doaku" Karya Sapardi Djoko Damono.

Fradana, A. N. (2014). Dimensi Sufistik Puisi-Puisi Sapardi Djoko Damono.

Hidayat, Rahmat. 2014. Analisis Semiotika Makna Motivasi Pada Lirik Lagu “Laskar Pelangi†Karya Nidji. Volume 2, No. 1 Universitas Mulawarman: ejournal

Idawati, Frandika, E., & Saleh, F. (2021). Semiotika Pierce dalam Rahasia Cinta dan Resonansi Indonesia Karya Ahmadun Yosi Herfanda.

Nurdjan, Sukirman,. Firman dan Minarwati. 2016. Bahasa Indonesia Untuk Perguruan Tinggi. Makassar:Penerbit Aksara Timur

Nurjanah, E., Lestari, S., & Firmansyah, D. (2018). Tinjauan Semiotika Puisi Ibu Indonesia Karya Sukmawati Soekarnoputri. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), 1(3), 283-290.

Nurjannah, Y. Y., Agustina, P. A., Aisah, C., & Firmansyah, D. (2018). Analisis Makna Puisi "Tuhan Begitu Dekat" Karya Abdul Hadi dengan Menggunakan Pendekatan Semiotik.

Pujiati, H., Usia, K. F., & Herdianti, I. A. (2018). Makna Cinta dalam Kumpulan Puisi WS Rendra. Asas: Jurnal Sastra, 7(2).

Pradopo, R. D. (2010). Pengkajian puisi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Pradopo, R. D. (2012). Pengkajian Puisi (Cetakan ke-13)

Risnawati, Ratih. (2015). “Surat Cinta†Karya WS Rendra (analisis puisi). [Online]. Tersedia di: http://ratihrisnawaty.blogspot.com/2015/08/surat-cinta-karya-ws-rendra-analisis.html

Sari, L. (2019). Analisis Indeks Dalam Antologi Puisi “Tidak Ada New York Hari Iniâ€. Jurnal Pesona, 5(2), 120-129.

Sandra, E., Nofrita, M., & Arianti, R. (2020). Analisis Tindak Tutur Ekspresif Dalam Novel Hujan Karya Tere Liye.

Wellek, R., & Warren, A. (2014). Teori Kesusastraan. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Downloads

Published

2022-12-31