PEMBELAJARAN DARING MENULIS TEKS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN METODE KONTEKSTUAL BERBANTUAN GOOGLE CLASSROOM

Authors

  • Roni Ardiansyah IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/parole.v5i5.12155

Keywords:

menulis, puisi, kontekstual, googleclassroom.

Abstract

Puisi merupakan salah satu jenis karya sastra yang bermakna konotasi atau mempunyai makna bukan sebenarnya. Makna yang terkandung dalam puisi menimbulkan kesan estetis dan multitafsir sehingga perlu diapresiasi dan dianalisis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis teks puisi hasil kerja siswa mengenai. (1) Struktur fisik teks puisi. (2) Struktur batin teks puisi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan mendeskripsikan, menjelaskan, dan menganalisis data hasil secara objektif sesuai dengan objek yang diteliti yakni siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Cihampelas. Hasil dan pembahasan dari penelitian yang telah dilaksanakan ini menunjukan deskripsi tentang struktur fisik dan struktur batin teks puisi. Puisi tersebut memiliki empat struktur fisik antara lain adalah diksi, majas, tipografi, dan rima. Begitupun terdapat empat struktur batin teks puisi antara lain adalah tema, rasa, nada, dan amanat.

References

Dalman. 2014. Keterampilan Menulis. Jakarta: Grafindo Persada.

Gunawan, F. I., & Sunarman, S. G. (2017). Pengembangan Kelas Virtual Dengan Google classroom Dalam Keterampilan Pemecahan Masalah (Problem Solving) Topik Vektor Pada Siswa Smk Untuk Mendukung Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, 340–348.

Moleong, Lexy. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Molinda, M. (2005). Instructional Technology and Media for Learning New Jersey Colombus, Ohio Moore, JL, Dickson-Deane, C., & Galyen, K.(2011). E-Learning, online learning, and distance learning environments: Are they the same.

Nurfalah, E. (2019). Optimalisasi E-Learning berbasis Virtual Class dengan Google classroom sebagai Media Pembelajaran Fisika. Physics Education Research Journal, 1(1), 46.

Pangesti Nindya, C. R., & Sufanti, M. (2020). Asesmen Pembelajaran Daring Teks Puisi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 10(2), 72–88.

Rahmanto, M. A., & Bunyamin. (2020). Efektivitas media pembelajaran daring melalui google classroom. Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 119–135. http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/5135/

Rais, Sigit, dan Nurul Hidayati. 2009. Asyiknya Menulis Buku Harian. Bandung: Lawang Ilmu.

Rozak, A., & Albantani, A. M. (2018). Desain Perkuliahan Bahasa Arab Melalui Google classroom. Arabiyat : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 5(1), 83–102.

Sanjaya, W. (2006). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Sutarno. 2008. Menulis yang Efektif. Jakarta: Agung Seto.

Sutrisna, D. (2018). Meningkatkan Kemampuan Literasi Mahasiswa Menggunakan Google classroom. FON : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 13(2), 69–78.

Suwangsih, E. & Tiurlina. (2010). Model pembelajaran matematika. Bandung: UPI PRESS.

Sumardi. 2013. Panduan Apresiasi Puisi. Jakarta: Uhamka Press.

Tarigan, Henry Guntur. 2013. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Ulya, I. F., Irawati, R., & Maulana. (2016). Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Dan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Pendekatan Kontekstual.

Downloads

Published

2022-09-28