PENERAPAN QUANTUM LEARNING BERBASIS TUTURAN KATEGORI FATIS DALAM PEMBELAJARAN BERPIDATO DI TINGKAT SMK

Authors

  • Indra Permana IKIP Siliwangi
  • Dikdik Nursidik Rahman IKIP Siliwangi

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya kemampuan berbicara siswa dalam menyampaikan ide dan pokok bahasan kepada khalayak. Oleh karena itu, penting bagi siswa untuk memiliki kemampuan berbicara yang menekankan partisipasi dan aktivitas dari pebelajar, maka untuk mengatasi masalah tersebut pada penelitian ini dikaji suatu model pembelajaran, yaitu pendekatan Quantum Learning. Penelitian ini berusaha untuk menjawab rumusan masalah, di antaranya; 1) bagaimana kemampuan bahasa komunikatif dan informatif siswa sebelum menggunakan model pembelajaran quantum berbasis kategori fatis dalam pembelajaran berpidato? 2) bagaimana kemampuan bahasa komunikatif dan informatif siswa sesudah menggunakan model pembelajaran quantum berbasis kategori fatis dalam pembelajaran berpidato? 3) apakah penerapan model pembelajaran quantum lebih efektif dibadingkan pembelajaran konvensional? Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan peningkatan kemampuan berpidato komunikatif dan informatif kedua kelas, dan fungsi tuturan kategori fatis. Dipilih dua kelas secara acak dengan cara mengundi untuk dijadikan sampel penelitian. Setiap kelas terdiri dari 30 siswa. Analisis dilakukan terhadap rataan gain ternormalisasi (kuantitatif) dan data pembelajaran dengan model quantum learning pada proses belajar siswa antara kedua kelompok sampel dengan menggunakan Uji perbedaan dua rerata dan uji kontingensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan berpidato komunikatif dan informatif siswa menggunakan model quantum learning lebih baik daripada pendekatan konvensional.

Downloads

Published

2018-01-17