IMPLEMENTASI METODE BRAINSTORMING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA SMA
Keywords:
writing skill, brainstorming method, explanatory textAbstract
References
Aeni, E. S., & Lestari, R. D. (2018). Penerapan Metode Mengikat Makna dalam Pembelajaran Menulis Cerpen pada Mahasiswa IKIP Siliwangi Bandung. Semantik, 7(1).
Lestari. (2018). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi dan Minat Peserta Didik dengan Pendekatan Kontestual Pada Materi Media Iklan di Kelas V SDN Condongcatur Tahun Ajaran 2017/2018. Universitas Surakarta.
Ernawati, E., Fauziah, R., & Mustika, I. (2019). Keefektivan Penggunaan Metode Think Talk Write Dalam Pembelajaran Menulis Teks Biografi Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Cimahi. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), 2(3), 467-474.
Firmansyah, F., & Firmansyah, D. (2018). Penerapan Metode Demonstrasi Berbasis Media Cerita Lucu Bergambar dalam Pembelajaran Menulis Teks Anekdot pada Siswa. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), 1(4), 585-590.
Finoza, L. (2005). Komposisi bahasa Indonesia: untuk mahasiswa nonjurusan bahasa. Penerbit Diksi Insan Mulia.
Lestari, D. W., Dian, H., & Sudrajat, R. T. (2018). Pembelajaran Menulis Teks Prosedur dengan Menggunakan Metode CTL (Contextual Teaching and Learning) pada Siswa Kelas X MAN Cimahi. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), 1(5), 815-820.
Pardiyono. (2009). Cooperative Learning. yogyakarta: Pustaka Belajar.
Rahayu, G. D. S., & Firmansyah, D. (2018). Pengembangan pembelajaran inovatif berbasis pendampingan bagi guru sekolah dasar. Abdimas Siliwangi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 17-25.
Sugiyono. (2018). Metodologi Penelitian R&B. Bandung: Alfabeta.
Wikanengsih, W. (2013). Model Pembelajaran Neurolinguistic Programming Berorientasi Karakter Bagi Peningkatan Kemampuan Menulis Siswa SMP. Jurnal Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang, 19(2).