PENERAPAN METODE GROUP INVESTIGATIONS DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PROSEDUR PADA SISWA KELAS XI SMK
Keywords:
learning outcomes, Group Investigations, text proceduresAbstract
References
Handiwiguna, R., Mila, F. H., & Firmansyah, D. (2018). Pembelajaran Menganalisis Menulis Puisi dengan Menggunakan Pendekatan Kontekstual Imajinatif. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), 1(4), 577-584.
Huda, M. (2014). Model-model pengajaran dan pembelajaran. Yogyakarta.
Lestari, D. W., Dian, H., & Sudrajat, R. T. (2018). Pembelajaran Menulis Teks Prosedur dengan Menggunakan Metode CTL (Contextual Teaching and Learning) pada Siswa Kelas X MAN Cimahi. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), 1(5), 815-820.
Mansyur Adduri, K. A., Tayeb, T., & Ikbal, M. S. (2017). Penggunaan Metode Learning Cell Berbasis Group Investigation terhadap Kemampuan Numerik dan Hasil Belajar pada Pokok Bahasan USAha dan Energi. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1), 25-31.
Mustika, I., & Lestari, R. D. (2017). Hubunganminat Baca Dan Kebiasaan Membaca Karya Sastra Terhadap Kemampuan Menulis Puisi. Semantik, 5(2).
Pramukantoro, J. A. (2013). Pengembangan perangkat pembelajaran dengan metode pembelajaran kooperatif GI (group investigation) pada standar kompetensi memperbaiki cd player di smk negeri 2 surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(2).
Rachmawati, R. I. (2017). Pengaruh penerapan metode problem solving dan metode group investigation terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dilihat dari kemampuan awal. Indonesian Journal of Economic Education (IJEE), 1(1).
San Fauziya, D. (2018). Pembelajaran Kooperatif Melalui Teknik Duti-Duta dalam Meningkatkan Kemampuan menulis Argumentasi. Riksa Bahasa: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 2(2).
Sugiono. (2014). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan r&d. Bandung.
Tarigan. (2010). Keterampilan Menulis. Jakarta: Rineka Cipta.
Wikanengsih, W. (2013). Model Pembelajaran Neurolinguistic Programming Berorientasi Karakter Bagi Peningkatan Kemampuan Menulis Siswa SMP. Jurnal Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang, 19(2).
Yamtinah, S., & Redjeki, T. (2013). Pengaruh Metode Pembelajaran Group Investigation (Gi) Dan Minat Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Struktur Atom Dan Sistem Periodik Kelas XI SMAN 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 2(3).