ANALISIS PUISI “SENJA DI PELABUHAN KECIL” KARYA CHAIRIL ANWAR DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN MIMETIK

Authors

  • Rostina Rostina IKIP Siliwangi
  • Rochmat Tri Sudrajat IKIP SILIWANGI
  • Aditya Permana IKIP SILIWANGI

Keywords:

Puisi, makna, mimetik

Abstract

Karya sastra bukan hanya sebuah bentuk karya yang mengandung keindahan namun karya sastra juga  mengandung makna di dalamnya. Puisi merupakan karya sastra yang bersifat imajinatif, dirangkai dengan kata yang estetis dan sederhana namun tidak mudah dipahami oleh para pembaca terlebih tanpa ilmu dalam menganalisis puisi. Seringali makna puisi dianalogikan ke dalam objek lain sehingga makna puisi tersembunyi dibalik eloknya kata. Puisi dapat menjadi motivasi bagi para pembaca terlebih untuk pencinta menulis. Penulis tertarik untuk menganalisis puisi “Senja Di Pelabuhan Kecil†karya Chairil anwar, karena puisi tersebut dibentuk dengan tatanan bahasa yang sederhana namun maknanya luas. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui makna dalam puisi karya Chairil Anwar serta untuk meningkatkan kemampuan pemahaman penulis terhadap pendekatan mimetik. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang mengkaji kemudian mendreskripsikan makna dari puisi “Senja Di Pelabuhan Kecil†karya Chairil Anwar dengan kajian mimetik. Pendekatan mimetik yaitu suatu pendekatan kritik sastra pada tiruan alam. Berdasarkan hasil anlisis dari puisi “Senja Di Pelabuhan Kecil†maka dapat disimpulkan bahwa puisi ini mengandung makna kesedihan tentang kehilangan dan pelajaran yang diambil dari puisi ini yaitu sebagai manusia kita harus tetap ikhlas atas semua takdir karena di dunia ini tidak ada yang abadi.

Author Biography

Rostina Rostina, IKIP Siliwangi

IKIP Siliwangi

References

Abrams. (1981). Teori pengantar fiksi (p. 89). Hanindita.

Hitam, L., & Daun, D. A. N. S. (2018). Analisis penggunaan majas pada puisi berjudul "Memori". 1(November), 951–956.

Inayati, T., Pecangaan-jepara, S. M. A. N., & Tengah-indonesia, J. (2016). Seloka : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Simbol dan makna pada puisi menolak korupsi karya penyair Indonesia Abstrak. 5(2), 163–171.

Inkuiri, T., (2013). Peningkatan keterampilan menulis puisi menggunakan teknik inkuiri dan latihan terbimbing. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2).

Logita, E., (2018). Vol . X , No . 1 – Januari 2018 Analisis puisi dalam ‘ Hujan Bulan Juni ’ karya Sapardi. 1.

Pohan, R,D, (2017). Analisis lagu marudan marlaniari karya Hj. Farida Matondang dengan pendekatan mimetik (3), 43. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Nursalim. (2018). Simbolis puisi padamu jua karya Amir Hamzah dari kajian semiotik. Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1), 49–52.

Pirmansyah, P., Anjani, C., & Firmansyah, D. (2018). Analisis semiotik dalam puisi “Hatiku Selembar Daun†karya Sapardi Djoko Darmono. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 1(3), 315–320.

Setiawan, S., Sudrajat, R. T., & Sukawati, S. (2020). Analisis unsur batin dalam puisi “kontemplasi†karya Ika Mustika. 3, 313–320.

Sudrajat,R.T., & Wuryani, W. (2019). Model pembelajaran kalimat menggunakan pendekatan kooperatif berbasis karakter. 8(1).

Ulfa, Y., Tarigan, S. C. J., Anggiani, Y., Saragih, P., & Simare-mare, R. (2019). Analisis nilai pendidikan karakter pada novel “ Berjuang di Tanah Rantau" karya A . Fuadi : tinjauan mimetik. 1, 35–42.

Downloads

Published

2021-02-06