IMPLEMENTASI PENDEKATAN KONTEKTUAL SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MTs PADA MATERI SPLDV

Authors

  • Risma Yanti
  • Teti Sobari IKIP Siliwangi
  • Aditya Permana IKIP Siliwangi

Abstract

The purpose of this study is to determine the improvement of student learning outcomes with the contextual approach applied by the teacher in the learning of mathematics in the classroom

The type of research which used is classroom action research (PTK) through two cycles consisting of two meeting in every cycle. The procedures performed in each cycle are planning, implementation, observation, and reflection. Subjects in this study were students of class VIII in one of the MTs State in Cimahi as many as 31 people, consisting of 14 men and 17 women. The results showed that: (1) increase student learning outcomes indicated by the increase in cycle I the average value of the 58,87 with the percentage 32,26% and the cycle II the

average score achieved by 82,07 with the percentage of 77,42%; (2) the activity of the students and the teacher in the learning has been quite good from every cycle, however there is still a shortage that can not be repaired.

 

References

Anggraeni, L. 2015. Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP dengan Metode Guide Discovery Learning. Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Siliwangi. Cimahi: Tidak Diterbitkan.

Arif, M. 2015. Model Pembelajaran Konstruktivisme pada Materi Pengaruh Perkembangan IPTEK. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 16(3), 1

Bey, A. & Asriani 2013. Penerapan Pembelajaran Problem Solving untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika pada Materi SPLDV. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 228

Hendriana, H. & Afrilianto, M. 2017. Langkah Praktis Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru. Bandung: PT Refika Aditama

Ismayanti, D. M. 2016. Pengaruh Penggunaan Pendekatan Contextual Teaching and Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMP. Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Siliwangi. Cimahi: Tidak Diterbitkan.

Paloloang, M. F. B. 2014. Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Panjang Garis Singgung Persekutuan Dua Lingkaran di Kelas VIII SMP Negeri 19 Palu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 2(1), 67

Purwatuningsi, S. 2013. Penerapan Metode Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Luas Permukaan dan Volume Balok. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 1(1), 53

Rahayuningsih, P. & Qohar, A. 2014. Analisis Kesalahan Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) dan Scaffoldingnya Berdasarkan Analisis Kesalahan Newman pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Malang. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains Tahun II, (2), 116

Sulianto, J. 2011. Keefektifan Model Pembelajaran Kontekstual dengan Pendekatan Open Ended dalam Aspek Penalaran dan Pemecahan Masalah pada Materi Segitiga di Kelas VII. 1(1), 21

Published

2022-02-11