MENINGKATKAN KEMAMPUAN PRA KEAKSARAAN ANAK USIA DINI KELOMPOK B MELALUI METODE BERNYANYI DI TK KARTIKA XIX-I

Authors

  • Nita Sumini KB. Misykatul Anwar
  • Yulianti Yulianti TK. Kartika XIX-I

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v1i2.p1-6

Keywords:

bernyanyi, pra keaksaraan

Abstract

Menyanyi adalah suatu kegiatan yang menarik serta dapat mengatasi rasa cemas dan memberikan relaksasi serta ketenangan bagi anak. Melalui nyanyian kegiatan pembelajaran akan terasa lebih menyenangkan. Untuk itu team peneliti berusaha mengetahui sejauh mana metode menyanyi dapat meningkatkan kemampuan bicara anak. Adapun  penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui kemampuan awal pra keaksaraan anak usia dini. 2) mengetahui perencanaan metode bernyanyi. 3) Mengetahui proses pelaksanaan metode nyanyian. 4) Untuk mengetahui hasil pelaksanaan metode bernyanyi.

Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan di salah satu Taman Kanak-Kanak yang berada di Kelurahan Sarijadi Kotamadya Bandung. Hasil penelitian diperoleh data mengenai 1) Proses pembelajaran bahasa yang efektif untuk mengembangkan kemampuan pra keaksaraan anak usia dini. 2) Dampak metode bernyanyi terhadap kemampuan pra keaksaraan anak. 3) Faktor-faktor yang mendukung dan menghambat kemampuan pra keaksaraan anak usia dini melalui metode bernyanyi.

Rekomendasi penelitian ini diantaranya : 1) Bagi sekolah, perlunya penyediaan sarana prasarana yang digunakan untuk menunjang kemampuan pra keaksaraan anak usia dini. 2) Bagi Pendidik untuk mengetahui penggunaan metode bernyanyi dalam mengembangkan kemampuan pra keaksaraan anak usia dini. 3) Bagi Instansi Pembina, sebagai referensi tentang metode bernyanyi dalam  mengembangkan kemampuan pra keaksaraan anak usia dini. Dari hasil Penelitian Tindakan kelas ini dalam disimpulkan bahwa bernyanyi adalah suatu metode yang bisa digunakan untuk meningkatkan kemampuan pra keaksaraan anak usia dini.

References

Fauziddin, Mohammad. (2017). Pembelajaran PAUD Bermain, Cerita dan Menyanyi Secara Islami. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Jamalus. 1988. Panduan Pengajaran Buku Pengajaran Musik Melalui Pengalaman Musik. Jakarta: Proyek pengembangan Lembaga Pendidikan.

Masitoh, dkk (2005). Pendekatan Belajar Aktif di Taman Kanak – kanak. Jakarta: Depdiknas

Santoso, S. (2007). Dasar–Dasar Pendidikan TK. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sukarsih, Karti Hari. (2002). Media Pembelajaran dan Jenis-jenis Media Pembelajaran. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada

Downloads

Published

2018-06-13