MENINGKATKAN LITERASI SAINS ANAK USIA DINI MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA PEMBELAJARAN DARING

Authors

  • Triana Octaviani Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Kota Cimahi, Provinsi Jawa Barat
  • Sri Nurhayati Program Studi Pendidikan Masyarakat, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Kota Cimahi, Provinsi Jawa Barat
  • Rohmalina Rohmalina Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Kota Cimahi, Provinsi Jawa Barat

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v6i2.17180

Keywords:

Early Childhood, Experimental Methods, Online Learning, Scientific Literacy

Abstract

Literasi sains adalah ilmu pengetahuan dan kecakapan ilmiah yang dapat menyelidiki berbagai pertanyaan dari informasi pengetahuan yang baru dan dapat menjelaskan permasalahan-permasalahan dari lingkungan sekitar serta memahami karakteristik pada pembelajaran sains dan dapat mengambil kesimpulan dar berbagai fakta yang ada. Adanya Pandemi Covid-19 yang saat ini sudah mewabah hingga ke Indonesia dengan tingkat penyebaran yang cepat. Maka pemerin- tah Indonesia memberlakukan kebijakan pembatasan mobilitas, sehingga kegiatan belajar dilakukan dengan sistem online learning atau sistem pembelajaran jarak jauh. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi meningkatkan literasi sains anak usia dini melalui pembelajaran daring dengan metode eksperimen. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif dengan data yang dihasilkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang didapatkan dianalisis dengan cara reduksi data, display data dan penarikan kes- impulan. Subjek penelitian yaitu dengan jumlah peserta didik di TK gelatik berjumlah 21 anak terdiri dari 6 anak pada kelompok A dan 15 anak pada kelompok B. Dengan demikian dapat disimpulakan bahwa pengimplementasian metode eksperimen dalam kegiatan pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan literasi sains anak usia memiliki pengaruh yang sangat baik. Dapat dilihat dari anak telah memenuhi aspek-aspek dalam literasi sains yang diharapkan, anak memenuhi tujuan dari penerapan metode eksperimen dalam kegiatan pembelajaran, dan peng- gunaan metode eksperimen memberikan hasil yang baik dalam upaya meningkatkan literasi sains pada anak usia dini.

Science literacy is knowledge and scientific skills that can investigate various questions from new knowledge information and can explain problems from the surrounding environment and understand the characteristics of science learning and can draw conclusions from various existing facts. The existence of Covid-19 Pandemic has now spread to Indonesia at a rapid spread rate. So the Indonesian government imposes a mobility restriction policy so that learning activi- ties are carried out with an online learning system or distance learning system. This study aims to describe the implementation of improving early childhood science literacy through online learning with experimental methods. This research was conducted using the descriptive qualitative method with data generated through observation, interviews, and documentation. The data obtained were analyzed by data reduction, data display, and conclusion drawing. The subject of the research is the number of students in Gelatik kindergarten totaling 21 children consisting of 6 children in group A and 15 children in group B. Thus it can be concluded that the implementa- tion of experimental methods in learning activities to improve children's science literacy skills has a very good influence. It can be seen from the child has fulfilled the aspects of science literacy that are expected, the child fulfills the purpose of applying experimental methods in learning activities, and the use of experimental methods provides good results in an effort to increase science literacy in early childhood.

References

Choiriyah, Lutfiani, N., Khoirunisa, A., Faturahman, A., & Nabila, E. A. (2021). Sci- ence Literacy in Early Childhood: Development of Learning Programs in the Classroom. Indonesian Journal of Early Childhood Education Studies, 10(2), 136- 142. https://doi.org/10.15294/ijeces.v10i2.48610

Iis, I., Nurhayati, S., & Nurunnisa, R. (2022). Penerapan Metode Pembelajaran Kooper- atif Untuk Meningkatkan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. CERIA (cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 6(1),50-53. http://dx.doi.org/10.22460/ceria.v6i1.14602

Kartika, T., Nurhayati, S., & Nafiqoh, H. (2020). PENERAPAN BERMAIN PERAN MAKRO DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI KOBER PERINTIS. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 3(4), 275-281. http://dx.doi.org/10.22460/ceria.v3i4.p%25p

Kemendikbud, R.I (2014). Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Na- sional Pendidikan Anak Usia Dini.

Nuraeni, L., Andrisyah, A., & Nurunnisa, R. (2019). Efektifitas Program Sekolah Ramah Anak Dalam Meningkatkan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi, 4(!), 20-29. 10.31004/obsesi.v4i1.204

Nurfuandy, E., Hendriana, H., & Wulansuci, G. (2019). Penerapan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Kreativitas Pada Anak Usia Dini. CERIA (Cerdas Engergik Responsif Inovatif Adaptif), 2(3), 65. http://doi.org/1022460/ceria.v2i3.p65-73)

Nurhayati, S. (2021). Parental Involvement in Early Childhood Education for Family Empowerment in The Digital Age. Empowerment: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, 10(1), 54-62. https://doi.org/10.22460/empowermen- t.v10i1p54-62.2185

Nurhayati, S. (2021b). Pendidikan Masyarakat Menghadapi Digitalisasi, Kota Bengkulu: El-Markazi

Nurwidaningsih, L., Hastuti, I., & Rohmalina, R. (2019). UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN SAINS MELALUI PERMAINAN TERAPUNG DAN TENGGELAM DENGAN MEDIA TELUT PADA KELOMPOK A. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 2(5), 210-215. http://dx.doi.org/ 10.22460/ceria.v2i5.p210-215

Musa., S., Nurhayati, S., Jabar., Sulaimawan, D., & Fauziddin, M. (2022). Upaya dam Tantangan Kepala Sekolah PAUD dalam Mengembangkan Lembaga dan Memo- tivasi Guru Untuk Mengikuti Program Sekolah Penggerak. 6(5), 4239-4254. http://doi.org/1-.31004/obsesi.v6i5.2624.

Ma’viyah, A. (2021). METODE EKSPERIMEN DALAM PEMBELAJARAN SAINS UNTUK ANAK USIA DINI (Experimental Methods In Science Learning For Early Childhood). Prosiding Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam Dan Sains, 3, 97-101.

Organisation for Economic Cooperation and Development (OECD). (2016). PISA 2015 Assessment and Analytical Framework: Science, Reading, Mathematic and Finan- cial Literacy, PISA

Pasiningsih. (2021). Implementasi pembelajaran daring pada anak usia dini satu tahun pandemi Covid-19: mencari best practice. ICIE: International Conference on Is- lamic Education, 29-42.

Sari, M. L., Asmawati, L., & Atikah, C. (2021). Implementasi Metode Eksperimen Un- tuk Mengembangkan Keterampilan Proses Sains dan Literasi Sains Anak Usia Dini. JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran): Edutech and In- tructional Research Journal, 8(1), 88-99.

Triyono. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Ombak Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Wahab, R. (2016). Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers

Downloads

Published

2023-03-30