PENERAPAN METODE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL ANAK USIA DINI PADA KELOMPOK B

Authors

  • Sri Agustiyani IKIP Siliwangi
  • Euis Ety Rohaety IKIP Siliwangi
  • Sharina Munggaraning Westhisi IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v2i4.p154-165

Keywords:

Interaction ability, jigsaw

Abstract

Ability of social interaction that children have can be seen from the habits of children in everyday life, for example the ability of children to work together, communicate well between peers and adults, can respect other people who are talking, have an attitude of confidence, and so forth.one of the learning methods that can develop social interaction skills is the jigsaw method. On of them is the jigsaw method where the teacher can divide small groups between 5-6 children into one group so that children can interact with their group friends at the time. This study uses  quantitative research methods with a quasi-experimental approach this study aims to privide information to aducators about the application of the jigsaw method in improving the ability of social interaction of early childhood based on the results of the study, it was found that the average gain of the experimental class 7,73 while the average value of the control class gain is 0,13 which means the reliability of the social interaction of the experimental class children after being given treatment is more increased compared to the control class. Therefore, this study is recommended to early childhood educators that the jigsaw learning method can improve that ability of the child’s social interaction

Kemampuan interaksi sosial yang dimiliki anak dapat dilihat dari kebiasaan anak dalam kehidupan sehari-hari, contohnya kemampuan anak untuk saling bekerjasama, berkomunikasi dengan baik antara teman sebaya maupun orang dewasa, dapat menghargai orang lain yang sedang berbicara, memiliki sikap percaya diri, dan lain sebagainya. Salah satu metode pemebalajaran yang dapat mengembangkan kemampuan interaksi sosial adalah Metode Jigsaw. Pada metode ini, guru dapat membagi kelompok kecil antara 5-6 anak kedalam satu kelompok agar anak dapat berinteraksi dengan teman kelompoknya pada saat pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif tipe kuasi eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada pendidik tentang penerapan metode jigsaw dalam meningkatkan kemampuan interaksi sosial anak usia dini pada kelompok B. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa kemampuan interaksi sosial anak kelas eksperimen setelah diberi treatment tidak lebih meningkat dibanding kelas kontrol yang tidak diberi treatment. Maka dari itu, penelitian ini direkomendasikan kepada pendidik anak usia dini bahwa metode pembelajaran jigsaw dapat meningkatkan kemampuan interaksi sosial anak usia dini apabila lebih di modifikasi dalam penerapannya, dan jangka waktu lebih di perpanjang. 

References

Asmani, Jamal Ma’mur Asmani. 2010. 7 Tips Aplikasi Pakem (Pembelajaran Aktif, Efektif, dan Menyenangkan). Jogjakarta: DIVA Press

Gerungan, W.A. 2002. Psikologi Sosial. Bandung: Refrika Aditam

Masitoh, Setiasih O., & Djoehaeni, H. 2015. Pendekatan Belajar Aktif di Taman Kana-kanak. Jakarta: DEPDIKNAS

Rusman, 2012. Model-model pembelajaran: mengembangkan profesionalisme guru. Cetakan kedua. Jakarta: Rajawali Pers

Kurniati, E. 2016. Permainan Tradisional dan Perannya dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak. Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP

Soetjiningsih, 2012. Seri Psikologi Perkembangan Perkembangan Anak Sejak Pembuahan Sampai Dengan Kanak-Kanak Akhir. Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP http://kurikulumpaudblogspot. com/ diakses pada tanggal (17 Desember)

Priyanti, dkk (2013) Peningkatan pengenalan berhitung melalui metode pembelajaran Kooperatif metode jigsaw pada anak kelompok B di TK Aisyiyah 56 Baron Tahun Ajaran 2011/2012. 1 (1). Pp. 1-6. ISSN 2338-008X

Devi & Riana (2012) Upaya meningkatkan kemampuan Sosil Melalui Pembelajaran Kooperatif Dengan Tekhnik Jigsaw Pada Kelompok B Di TK Pertiwi liiMojorejo Sawahan Boyolali Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Puspasari, I (2013) Upaya Mengembangkan Kemampuan Interaksi Sosial Anak melalui Pembelajaran Kooperatif pada anak kelompok A di TK Pertiwi Segaran Delanggu Klaten Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Utami & Sunaryo, (2017) Pengaruh Pembelajaran Kooperatif terhadap kemampuan sosial anak kelompok A di TK IT Fatahillah Sukoharjo Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Downloads

Published

2019-07-21