MENINGKATKAN KECERDASAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK MELALUI IMPLEMENTASI METODE BERMAIN DALAM PEMBELAJARAN SAINS

Dian Anggrahini

Abstract



             Dian Anggrahini (2017). Meningkatkan Kecerdasan Sosial Emosional melalui Implementasi Metode Bermain Dalam Pembelajaran Sains pada anak didik kelompok B di TK Lima Cibabat-Cimahi.

             Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, observasi & evaluasi,  serta hasil dari pelaksanaan penelitian melalui implementasi metode bermain sains untuk meningkatkan kecerdasan sosial emosional anak usia dini, di mana penelitian ini berdasarkan rumusan masalah yaitu bagaimana meningkatkan kecerdasan sosial emosional anak melalui implementasi metode bermain dalam pembelajaran sains pada kelompok B di TK Lima?

             Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research), Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 (dua) tindakan siklus dan setiap siklus meliputi prosedur  penelitian yang terdiri dari (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi & evaluasi, dan (4) refleksi. Dan setiap siklus dilaksanakan  3 (tiga) kali pertemuan.

             Pada siklus I dengan model pembelajaran langsung (direct learning), guru kurang optimal dalam memberi motivasi kepada anak didik agar dapat senang dengan rasa ke ingintahuannya yang besar dalam melakukan metode bermain \

sains, guru kurang memberi arahan dan bimbingan pada anak didik, guru juga tidak memberikan kesempatan pada anak didik untuk menjelaskan kembali pengetahuan yang telah diperolehnya. Kemudian pada siklus II dengan model pembelajaran kelompok, kelemahan-kelemahan di siklus I dapat diperbaiki oleh guru. Selain itu, anak didik tampak aktif dalam setiap kegiatan implementasi metode bermain sains  dan semakin banyak anak didik yang mampu melakukan dengan kesabaran, hati-hati dan tidak pantang menyerah, dan dapat dengan antusias menjelaskan kembali pengetahuan yang telah diperolehnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan sosial emosional anak dapat ditingkatkan melalui implementasi metode bermain dalam pembelajaran sains.

             Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa kecerdasan sosial emosional anak dapat  menunjukkan perubahan yang bermakna di mana anak didik dapat lebih mengenal emosi dirinya, mengelola emosi, empati anak  serta kemampuannya dalam membina hubungan atau kerjasama dengan orang lain.

 


Keywords


Kecerdasan Sosial Emosional, Bermain Sains, Anak Usia Dini

References


Mashar, R. (2011). Emosi Anak Usia Dini dan

Strategi Pengembangannya. Jakarta: Kendala

Prenada Media Group.

Rismayanti, N. (2016). Pengembangan Kecerdasan

Emosi Anak Usia Dini melalui Permaian

Tradisional di RA Baitussalam. Tesis pada

Jurusan PLS STKIP Siliwangi. Bandung.

Nurani, Y. (2009). Konsep Dasar Pendidikan

Anak Usia Dini. Jakarta: PT. Indeks.

Nugroho, A dan Rachmawati, Y (2011). Metode

Pengembangan sosial Emosional. Penerbit

Universitas Terbuka

Hendriana,H dan Afrilianto, M (2014). Penelitian

Tindakan Kelas Suatu Karya Ilmiah. Bandung:

PT. Refika Aditama


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Ceria is published byPG-PAUD of IKIP Siliwangi, Indonesia

Publisher Address:

Terusan Jenderal Sudirman Street, Cimahi

Building D, First Floor, Room D-13

IKIP Siliwangi, Bandung, West Java Indonesia, 40526

Telp/Fax: (022) 6629913, 
Email: ceria@journal.ikipsiliwangi.ac.id
Click to access: Ceria Journal