PENERAPAN METODE HYPNOTEACHING UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI

Authors

  • Lisna Nurjanah Kober Al-Jihad, Cipeundeuy Bandung Barat
  • Agus Sumitra IKIP Siliwangi, Jln. TerusanJendral Sudirman Cimahi

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v4i4.p%25p

Keywords:

Independence Ability, Hypnoteaching

Abstract

Independence is a behavior that must be instilled in children from an early age so that in the future they are ready to face change in the world that occurs at any time. Observations made in group B1 (banana class) in Kober al-jihad showed that there were still some children aged 5-6 years who were less independent, therefore researchers researched to develop the character of early childhood independence using the hypnoteaching method. Concrete, unique, and highly imaginative children’s characters are deemed suitable with the hypnoteaching method which prioritizes interest and comfort for children to reach the child’s subconscious. This study uses a qualitative descriptive with research subjects consisted of 5 boys and 5 girls than data collection techniques using observation, interviews, and documentation. The data analysis used refers to the Miler and Huberman model which consists of data reduction, data presentation, and conclusion drawing. This research was conducted in the even semester of the 2019-2020 school year. The results of observations show the development at each meeting because without realizing the suggestions given by the teacher have been embedded in the child’s subconscious, which shows that the hypnoteaching method can be used to develop the character of children’s independence. 

Kemandirian merupakan perilaku yang harus di tanamkan sejak dini pada anak agar di masa depan anak siap menghadapi perubahan pada dunia yang terjadi di setiap waktu. Observasi yang di lakukan pada kelompok B1 (banana class) di Kober Al-Jihad menunjukan masih ada beberapa anak usia 5-6 tahun yang kurang mandiri, karena itu peneliti melakukan penelitian untuk mengembangkan karakter kemandirian anak usia dini menggunakan metode hypnoteaching. Karakter anak yang konkrit, unik dan berdaya imajinasi tinggi dirasa cocok dengan metode hypnoteachingyang mengutamakan ketertarikan dan kenyamanan terhadap anak untuk mencapai alam bawah sadar anak. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian terdiri dari 5 anak laki-laki dan 5 anak perempuan serta teknik pengumpulan datanya berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang di gunakan mengacu pada modelMiler dan Hubermanyang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini di lakukan pada semester genap tahun ajaran 2019-2020. Hasil observasi menunjukan perkembangan di setiap pertemuannya karena tanpa sadar sugesti yang di berikan guru telah tertanam di alam bawah sadar anak yang menunjukan bahwa metode hypnoteachingdapat di gunakan untuk mengembangkan karakter kemandirian anak.

References

Basrowi & Suwandi. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Rineka Cipta.

Windarsih, C. A., Sumitra, A., Jumiatin, D., & Elshap, D. S. (2020). PENERAPAN PROGRAM HOLISTIK INTEGRATIF DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN INTRAPERSONAL ANAK USIA DINI. Jurnal Ilmiah P2M STKIP Siliwangi, 7(1), 1-10.

Manis, S. [2019] : Pendidikan Kecapakan Hidup (Life Skill). Pelajaran.co.id. Retrieved Nov 2,2020, from: https://www.pelajaran.co.id/2019/19/ pengertian-kecakapan- hidup- tujuan-dan-jenis-pendidikan- kecakapan-hidup-life-skills-menurut- para-ahli.html

Masdudi, M. (2018). IMPLEMENTASI TEKNIK HYPNOTEACHING DALAM PROSES PEMBELAJARAN PADA ANAK USIA DINI. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 4(2), 20-45.

Mulyasa. (2012). Manajemen PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Quddus, G.G. [2018] : Bank Dunia : Indeks SDM Indonesia Peringkat Ke-87. Kontan.co.id. Retrieved Feb 14, 2020, from: https://nasional.kontan.co.id/news/ba nk-dunia-indeks-sdm- indonesia- peringkat -ke-87.

Sa’diyah, R. (2017). Pentingnya melatih kemandirian anak. Kordinat: Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam, 16(1), 31-46.

Sunanih, S. (2018). METODE HIPNOTEACHING UNTUK ANAK SEKOLAH DASAR. NATURALISTIC: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 3(1), 247-253.

Tuasikal, M.A. [2017] : Hadits Arbain #01: Setiap Amalan Tergantung pada Niat. rumaysho.com Retrieved Nov 8, 2020 from: https://rumaysho.com/16311- hadits- arbain-01-setiap-amalan-tergantung- pada-niat.html

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang System Pendidikan Nasional

Wahyuningsih, N., Hafidah, R., & Pudyaningtyas, A. R. Metode Hypnoteaching untuk Meningkatkan Kemampuan Mengelola Emosi pada Anak Usia 5-6 Tahun. Kumara Cendekia, 8(1), 11-22.

Downloads

Published

2021-07-19