PENERAPAN PERMAINAN LOOSE PARTS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF PADA KELOMPOK A

Authors

  • Marlina Ferida Sribentang PAUD Siwi Asri Jl. Marga Asri III Kota Bandung
  • Heni Nafiqoh Institul Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan IKIP Siliwangi, Jl Jenderal Sudirman Cimahi

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v5i1.p%25p

Keywords:

Cognitive Ability, Loose Parts Game

Abstract

One of the abilities that must be possessed by children is cognitive ability, where cognitive ability is the ability of an individual related to mental. In the problems in this study at PAUD Siwi Asri, there are several children whose cognitive abilities have not yet emerged, therefore the researcher aims to improve cognitive abilities by playing loose parts. The research method used in this research is descriptive qualitative with qualitative data analysis. Data collection techniques in this study by observation, documentation, and interviews. This study used the subject of children aged 4-5 years, 6 children, and 2 teachers, principals, and parents as informants where the assessment was carried out by observation, documentation, interviews. The results of the assessment and then evaluation of children through loose parts games in the first semester of 2020/2021 the teacher guides and teaches repeatedly with different themes and activities. From these activities, five of the six children studied were developing very well (BSB) in the three indicators studied while one child in the last indicator showed developing as expected (BSH), this has proven that loose parts games can improve children's cognitive abilities.

Salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh anak adalah kemampuan kognitif, dimana kemampuan kognitif adalah kemampuan seorang individu yang berkaitan dengan mental. Pada permasalahan dalam penelitian ini di PAUD Siwi Asri terdapat beberapa anak yang dalam kemampuan kognitifnya masih belum muncul maka dari itu peneliti bertujuan meningkatkan kemampuan kognitif dengan permainan loose parts. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan analisis data kualitataif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan observasi, dokumentasi dan wawancara. Penelitian ini menggunakan subjek anak usia 4-5 tahun, 6 anak dan 2 orang guru, Kepala Sekolah serta orang tua sebagai informan dimana penilaian dilakukan dengan observasi, dokumentasi, wawancara. Hasil penilaian kemudian evaluasi terhadap anak melalui permainan loose partspada semester satu tahun 2020/2021 guru membimbing dan mengajarkan secara berulang-ulang dengan tema dan kegiatan yang berbeda diperoleh hasil tingkat pencapaian perkembangan kemampuan kognitif anak melalui permainan loose partstersebut berkembang sangat baik dan meningkat dalam kegiatan tersebut, dari enam anak yang diteliti lima anak berkembang sangat baik (BSB) dalam tiga indikator yang diteliti sedangkan satu anak dalam indikator terakhir menunjukkan berkembang sesuai harapan (BSH), hal ini sudah membuktikan bahwa dengan permainan loose parts dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak.

References

Haughey, (2020). Media Loose Parts sebagai alat meningkatkan kognitif anak. Retrieved 15 mei 2020 from

https://jurnal.uns.ac.id/ecedj/article/download/46326/29088

Moleong, L., J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Musfiroh. (2008) Pengembangan Kecerdasan Majemuk. Tanggerang: Universitas Terbuka

Rachmawati, Y. (2010). Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Rohmalina (2019) MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI MELALUI PEMBELAJARAN TEMATIK DENGAN METODE BERCOCOK TANAM DI KELOMPOK B. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif 2 (4), 115-121

Rismawati, (2012). Perkembangan kognitif pada anak retrieved 4 april 2020 from : http://eprints.ums.ac.id/34038/7/BAB%20I.pdf

Sujiono, (2014). Kemampuan kognitif anak usia dini. Retrieved 12 mei 2020 from: http://repository.ut.ac.id/4687/

Sujiono, Y. N. (2013). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Downloads

Published

2022-02-01