KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK DAN PRODUCTIVE DISPOSITION SISWA SD (UPAYA PENINGKATAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PROBLEM SOLVING BERBANTUAN MICROSOFT MATHEMATICS)

Authors

  • Citra Megiana Pertiwi IKIP Siliwangi
  • Nendi Rohaendi SDN 074 Ayudia

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v5i1.10100

Keywords:

Pemecahan masalah matematik, productive disposition, problem-solving, microsoft-mathematics

Abstract

Abstrak

 

Kurangnya variasi pembelajaran yang diberikan pada suatu kelas menjadi salah satu penyebab rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematik dan productive disposition siswa SD. Untuk meningkatkan kemampuan tersebut diterpkan pembelajaran menggunakan pendekatan problem solving berbantuan microsoft mathematics pada materi pecahan kelas VI SD Negeri di kota Bandung dengan sampel sebanyak 2 kelas yang diteliti secara kuasi eksperimen. Tes kemampuan pemecahan masalah matematik dan nontes skala sikap productive disposition menjadi instrumen dalam penelitian ini.  Dapat digeneralisir temuan dalam penelitian ini yakni pencapaian dan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik dan productive disposition siswa yang pembelajaran menggunakan pendekatan problem solving berbantuan microsoft mathematics lebih baik secara signifikan dari siswa yang menerima pembelajaran secara biasa serta terdapat asosiasi yang signifikan antara kemampuan pemecahan masalah matematik dan productive disposition pada siswa yang menemrima pembelajaran menggunakan pendekatan problem solving berbantuan microsoft mathematics. Pembelajaran menjadi lebih variatif dengan fitur pada aplikasi sehingga siswa lebih antusias dan bermakna dalam belajar matematika pada siswa SD.

 

Abstract

 

The lack of variety in learning given to a class is one of the causes of the low of mathematical problem solving ability and the productive disposition of elementary school students. To improve this ability, learning using a problem solving approach assisted by microsoft mathematics is applied to the fractions material of 6th grade at elementary schools in Bandung city with a sample of 2 classes carried out in a quasi-experimental research. The mathematical problem-solving ability test and the non-test of the productive disposition attitude scale became the instruments in this study. It can be generalized the findings in this study, namely building and improving mathematical problem solving skills and productive dispositions of students who learn using a Microsoft mathematics-assisted problem solving approach significantly better than students who receive ordinary learning and there is a significant association between problem solving abilities and productive disposition in students who receive learning using a problem solving approach assisted by microsoft math. Learning becomes more varied with the features in the application so that students are more enthusiastic and meaningful in learning mathematics for elementary students.

Author Biography

Citra Megiana Pertiwi, IKIP Siliwangi

Dosen Program Studi Pendidikan Matematika

References

Agustin, R. D. (2016). Kemampuan penalaran matematika mahasiswa melalui pendekatan problem solving. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 5(2), 179–188.

Aras, A. (2020). Model pembelajaran Means-Ends Analysis dalam menumbuhkembangkan kemampuan problem solving dan productive disposition. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 8(2), 183–198.

Auliya, N. N., Ariyanto, L., & Murtianto, Y. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Model Problem Posing Tipe Post Solution Berbantuan Microsoft Mathematics terhadap Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(4), 50–55.

Căprioară, D. (2015). Problem solving-purpose and means of learning mathematics in school. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 191, 1859–1864.

Desti, R. M., Pertiwi, C. M., Sumarmo, U., & Hidayat, W. (2020). Improving student’s mathematical creative thinking and habits of mind using a problem-solving approach based on cognitive thinking stage. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1657, p. 12042). IOP Publishing.

Handayani, S. P., & Ramlah, M. R. (2017). Pengaruh Pendekatan Problem Solving Model Polya Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Skripsi Pendidikan Matematika FKIP UNSIKA: Tidak diterbitkan.

Harkness, S. S., & Noblitt, B. (2017). Playing the believing game: Enhancing productive discourse and mathematical understanding. The Journal of Mathematical Behavior, 45, 63–77.

Hasanah, S., Supriadi, N., & Putra, R. W. Y. (2019). Penerapan Problem Solving Berbantuan Lead AQ untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika ditinjau dari Perbedaan Gender. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (Vol. 2, pp. 141–152).

Hernawati, K. (2009). Pembelajaran Aljabar Linier dengan Perangkat Lunak Bantu Microsoft Math. In Seminar Nasional Aljabar, Pengajaran Dan Terapannya (pp. 219–232).

Hidayat, A., & Irawan, I. (2017). Pengembangan lks berbasis rme dengan pendekatan problem solving untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 51–63.

Maesari, C., Marta, R., & Yusnira, Y. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 12–20.

Martin, W. G. (2000). Principles and standards for school mathematics (Vol. 1). National Council of Teachers of.

Oktaviyanthi, R., & Supriani, Y. (2014). Pembelajaran Kalkulus Berbantuan Microsoft Mathematics. Universitas Ahmad Dahlan.

Pertiwi, C. M., Jayanti, R. A., & Afrilianto, M. (2018). Asosiasi Antara Kemampuan Generalisasi Matematik Dengan Self - Concept Siswa Smp Yang Menggunakan Strategi Pembelajaran Berbasis Vba Microsoft Excel, 1(3), 371–382. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.371-382

Pertiwi, C. M., Rohaeti, E. E., & Hidayat, W. (2021). THE STUDENTS’MATHEMATICAL PROBLEM-SOLVING ABILITIES, SELF-REGULATED LEARNING, AND VBA MICROSOFT WORD IN NEW NORMAL: A DEVELOPMENT OF TEACHING MATERIALS. Infinity Journal, 10(1), 17–30.

Putri, U. A., & Wahyudi, W. (2020). Efektivitas Model Problem Based Learning Dan Problem Solving Ditinjau Dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik Kelas IV SD. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 8(1), 69–78.

Rohendi, N. (2020). Penerepan Pendekatan Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Pemecahan Masalah Matematik serta Productive Disposition Siswa SD Berdasarkan Tahap Kognitifnya. IKIP Siliwangi.

Supianti, I. I., Zakiyah, K., & Agustian, F. (2021). E-Learning: Pencapaian Productive Disposition Berdasarkan Kemampuan Awal Matematis Siswa SMP. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(2), 310–325.

Downloads

Published

2022-01-24

Issue

Section

Articles