Pengembangan media pembelajaran papan musi idengan menggunakan model kooperatife itipe istudent iteams achievement division (STAD) berbantuan microsoft powerpoint iuntuk meningkatkan pemahaman konsep matematika materi KPK dan FPB kelas IV SD

Authors

  • Nabila Hapidotul Milah IKIP Siliwangi
  • Sylvia Rabbani IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v7i2.14308

Keywords:

Media Papan Musi, Kooperatife Tipe Student Teams Achievement Division (STAD), Kemampuan Pemahaan Konsep

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran papan musi idengan imenggunakan imodel Kooperatife iTipe iStudent iTeams Achievement Division (STAD) berbantuan Microsoft Powerpoint untuk meningkatkan kemampuan konsep matematika materi KPK dan FPB kelas IV SD. Metode dalam penelitian ini adalah R & D (Reseach and Development) dimana penelitian ini menggunakan uji coba skala terbatas dan uji coba skla luas. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di SD Negeri  2 Pasirpogor tahun ajaran 2022-2023, sampel uji coba skala terbatas yang berjumlah 10 orang siswa kelas IV sedangkan sampel untuk uji coba skala luas dengan jumlah 30 orang siswa kelas IV. Penelitian ini menggunakan instrumen soal tes, instrumen Non-Tes , lembar observasi siswa dan guru, angket respon siswa dan guru, wawancara dan dokumentasi. Kesimpulan pengembangan media pembelajaran memperoleh skor dari ahli media 87% dengan kategori baik, ahli materi 82,5% dengan kategori baik. Sedangkan hasil uji normalitas ≥ 0,005,  dan skor n-gain 65,81. Artinya terdapat perbedaan antara pembelajaran dengan menggunakan media dan juga adanya peningkatan dalam kemampuan pemahaman siswa.

 

 

References

Borg, W.R. & Gall, M.D. Gall. (1983). Educational Research: An Introduction, Fifth Edition. New York: Longman.

Dahar, Ratna Wilis, Teori-Teori Belajar dan pembelajaran, (Jakarta: Penerbit

Erlangga, 2011)

Daryanto. (2013). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media

Dian Indriana, Ragam Alat Bantu Pengajaran,cet pertama, (jogjakarta: DIVA Press,

(2011)

Isjoni. (2010). Pembelajaran Kooperatif. Meningkatkan kecerdasan antar peserta didik. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Permendikbud No 21 tahun 2016 tentang Standar Isi . t.thn.

Soviawati, Evi. 2011. Pendekatan Matematiaka Realistik (PMR) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Siswa Di Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Edisi Khusus No. 2, Agustus 2011. (Online) http://jurnal.upi.edu/penelitian-pendidikan/view/670/pendekatanmatematika-realistik--pmr--untuk--meningkatkan-kemampuan-berfikirsiswa-di-tingkat-sekolah-dasar.html (12Maret 2012)

Downloads

Published

2024-03-11

Issue

Section

Articles