Penerapan model problem based learning untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep ips pada siswa kelas IV sekolah dasar

Authors

  • Anisyah Nurvitasari IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v6i4.15167

Keywords:

Kemampuan Pemahaman Konsep IPS, Model Problem Based Learning.

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep merupakan suatu hal yang penting dalam proses pembelajaran karena dapat memudahkan siswa dalam menyelesaikan permasalahan yang ada dengan konsep yang telah dipahaminya. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep IPS pada siswa kelas IV sekolah dasar dengan penerapan model problem based learning. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Batujajar 2 Kabupaten Bandung Barat dengan jumlah siswa sebanyak 27 orang yang terdiri dari 11 orang siswa perempuan dan 16 orang siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, angket, dan tes tertulis. Proses penerapan model PBL dalam pembelajaran IPS oleh guru sudah memenuhi kriteria. Respon guru dan siswa sangat baik. Kesulitan yang dialami siswa yaitu dalam memahami istilah-istilah yang terdapat dalam kegiatan ekonomi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan pada penelitian ini, menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep IPS siswa kelas IV SD dikategorikan tinggi setelah diterapkannya model PBL.

Author Biography

Anisyah Nurvitasari, IKIP Siliwangi

Namanya adalah Anisyah Nurvitasari, lahir di Bandung pada tanggal 06 November 2001. Berasal dari keluarga yang sederhana. Saat ini sedang menempuh pendidikan S1 di IKIP Siliwangi dengan program studi PGSD.

References

Aeni, N. N., Sujana, A., & Sunaengsi, C. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Materi Gaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 471–480.

Anggraeni, R. A., & Wulandari, M. A. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Mengukur Pemahaman Konsep Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar pada Materi IPA Tema 6 Merawat Hewan dan Tumbuhan. Journal of Elementary Education, 05(01), 157–161.

Arif, D. S. F., Zaenuri, & Cahyono, A. N. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Pada Model Problem Based Learning ( PBL ) Berbantu Media Pembelajaran Interaktif dan Google Classroom. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES,2018, 323–328.

Azhar, P. N., Widiada, I. K., & Affandi, L. H. (2022). Analisis Kesulitan Pembelajaran IPS dalam Materi Peran Ekonomi di Masyarakat Pada Siswa Kelas V di SDN 30 Ampenan Tahun Ajaran 2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2b), 507–515. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2b.516

Gunawan, I. (2013). KUALITATIF Imam Gunawan. Pendidikan, 143. http://fip.um.ac.id/wp-content/uploads/2015/12/3_Metpen-Kualitatif.pdf

Khoirudin, R., Sunarto, S., & Sunarso, A. (2022). Pengembangan Modul dalam PBL untuk meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep IPS dan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4442–4450. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2770

Masrinah, E. N., Aripin, I., & Gaffar, A. A. (2019). Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Seminar Nasional Pendidikan, 924–932.

Mulyana, E. (2014). Model Pembelajaran Generatif Sebagai Upaya. JPIS: Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 23(2), 26–33.

Nurmaliah & Pratama, D. F. (2021). Creative of Learning Students Elementary Education PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP IPA PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Journal of Elementary Education, 04(03), 3.

Rahmadani, A. (2017). PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA. Manajemen Asuhan Kebidanan Pada Bayi Dengan Caput Succedaneum Di Rsud Syekh Yusuf Gowa Tahun, 4(1), 9–15.

Rosidah, C. T. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Menumbuhkembangkan Higher Order Thinking Skill Siswa Sekolah Dasar. Inventa, 2(1), 62–71. https://doi.org/10.36456/inventa.2.1.a1627

Rubianti, T., Priyatni, T., & Supriati, N. (2019). Penerapan model problem based learning (pbl) untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa sekolah dasar di kelas V. Journal of Elementary Education, 2(2), 82–89.

Sapoetra, B. P., & Hardini, A. T. A. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1044–1051.

Septiani, D., Rahayu, G. D. S., & Hendriana, H. (2022). Pembelajaran dengan Menggunakan Pendekatan Realistic Mathematic Education untuk Mengukur Pemahaman Konsep Matematika tentang Bangun Datar pada Siswa Sekolah Dasar Kelas IV. Journal of Elementary Education, 05(01), 126–138. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/viewFile/5764/2971

Sumarni, I., & Pratama, D. F. (2021). Analisis Pemahaman Konsep Pada Pembelajaran Cuaca Siswa Kelas III Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 4(4), 576–582.

Sundari, K., & Andriana, S. (2018). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Model Artikulasi Pada Mata Pelajaran Ips Di Kelas V Sdit an-Nadwah Bekasi. Pedagogik, 6(2), 109–116. https://jurnal.unismabekasi.ac.id/index.php/pedagogik/article/view/1603/1372

Tsabit, D., Rizqia Amalia, A., & Hamdani Maula, L. (2020). Analisis Pemahaman Konsep Ips Materi Kegiatan Ekonomi Menggunakan Video Pembelajaran Ips Sistem Daring Di Kelas Iv.3 Sdn Pakujajar Cbm. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, V(Vol 5 No 1 June 2020). https://doi.org/10.23969/jp.v5i1.2917

Ulfah, F. (2020). KEMAMPUAN MENGGAMBAR ILUSTRASI PESERTA DIDIKKELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH GUPPI BUNTU BARANA. (Doctoral Dissertation, Fakultas Seni Dan Desain).

Utomo, T., Wahyuni, D., & Hariyadi, S. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa (Siswa Kelas VIII Semester Gasal SMPN 1 Sumbermalang Kabupaten Situbondo Tahun Ajaran 2012/2013). Jurnal Edukasi, 7, 5–9. https://doi.org/10.4271/902340

Wardani, D. S. (2020). Usaha Peningkatan Keterampilan Pemecahan Masalah Melalui Model Problem Based Learning di Kelas V SDN Babatan V/460 Surabaya. Journal of Elementary Education, 03(04), 104–117.

Downloads

Published

2023-07-30

Issue

Section

Articles