Penerapan model pembelajaran project based learning untuk mengetahui gambaran kreativitas seni budaya siswa sekolah dasar

Authors

  • Cucu Mulyati IKIP siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v6i4.15233

Keywords:

Model PjBL (Project Based Learning), Kreativitas.

Abstract

Penerapan kreativitas seni budaya merupakan salah satu unsur yang sangat penting dalam mendorong siswa untuk mengembangkan kegiatan kreatif di dalam pembelajaran SBdP oleh siswa sekolah dasar dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui PjBL (Project Based Learning) dalam penerapan kreativitas seni budaya siswa sekolah dasar. Secara umum, permasalahan yang terjadi ialah kebanyakan siswa kurang memahami cara menempelkan biji-bijian dengan rapi, sehingga hasil yang dicapai siswa dalam pembelajaran SBdP materi kolase masih rendah, maka dengan adanya hal tersebut peneliti menggunkan model PjBL untuk mengatasi permasalah tersebut. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode Deskriptif kualitatif, hal ini supaya peneliti bisa menjelaskan upaya yang dilakukan oleh guru dalam memperbaiki kualitas pembelajaran khususnya materi kolase. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II di salah satu Sekolah Dasar Negeri 2 Batujajar, yang berjumlah 24 siswa. Terdiri dari 12 siswa Perempuan dan 12 siswa laki-laki. Berdasarkan hasil yang diperoleh selama  pelaksanaan, diperoleh hasil peningkatan nilai rata-rata hasil tes kreativitas seni budaya..Untuk mendapatkan data yang valid dalam proses penelitian, penelitian ini menentukan berbagai instrumen penelitian. Instrumen yang digunakan dalam peneitian ini adalah observasi, dan wawancara. Observasi dilakukan oleh guru sebagai observer, angket diberikan kepada siswa, dan respon guru diberikan kepada satu orang guru. Hasil studi menunjukkan implementasi pembelajaran yang digunakan untuk membuat kolase. Model pembelajaran berbasis projek berjalan dengan baik.

References

Altaftazani, D. H., Arga, H. S. P., Kelana, J. B., & Ruqoyyah, S. (2020). P2M STKIP Siliwangi ANALISIS PEMBELAJARAN DARING MEMBUAT SENI KOLASE MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA MASA PANDEMI COVID 19. Jurnal Ilmiah UPT P2M STKIP Siliwangi, 7(2), 185–191.

ASMAWATI, L. (2017). Peningkatan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Terpadu Berbasis Kecerdasan Jamak. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 11(1), 145–164. https://doi.org/10.21009/jpud.111.10

Julfatujahra, Luthfi Hamdani Maula, & Iis Nurasiah. (2022). Peningkatan Kreativitas Siswa Melalui Teknik Kolase Pada Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 877–883. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2668

Kurnia, R. (2012). Konsepsi bermain dalam menumbuhkan kreativitas pada anak. Educhild, 01(1), 77–85.

Maudi, N. (2016). Implementasi Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 1(1), 39. https://doi.org/10.26737/jpmi.v1i1.81

Merpati, T., Lonto, A. L., & Biringan, J. (2018). Kreativitas Guru Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Smp Katolik Santa Rosa Siau Timur Kabupaten Sitaro. Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila Dan Kewarganegaraan, 2(2), 55. https://doi.org/10.36412/ce.v2i2.772

Munfarijah, S. (2016). Upaya Meningkatkan Motivasi Kerja dan Kreativitas dalam Kepemimpinan PAUD. International Conference of Moslem Society, 1(2), 232–242. https://doi.org/10.24090/icms.2016.2419

Nelson, N. (2019). Kreativitas Dan Motivasi Dalam Pembelajaran Seni Lukis. Journal of Urban Society’s Arts, 1(1), 68–80. http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/va%0Ahttps://jurnal.isbi.ac.id/index.php/atrat/article/view/367/313

Nur, K. Z., & Triyanto, M. . (2013). Pengembangan multimedia pembuatan desain rok sesuai konsep kolase siswa kelas XI SMK N 4 Yogyakarta. Jurnal Fesyen: Pendidikan Dan Teknologi, 8(3), 1–14. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/busana/article/view/17066

Octariani, D., & Rambe, I. H. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Project Based Learning Berbantuan Software Geogebra. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 4(1), 16–21. https://doi.org/10.30743/mes.v4i1.864

Pradana, D. B. P., & Harimurti, R. (2017). Pengaruh Penerapan Tools Google Classroom pada Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 2(01), 59–67. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/20527%0Ahttps://ejournal.unesa.ac.id

Primayana, K. H. (2020). Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Berbantuan Media Kolase Pada Anak Usia Dini. Purwadita: Jurnal Agama Dan Budaya, 4(1), 91–100. http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/Purwadita

Priyanto, A. (2014). Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Dini Melalui Aktivitas Bermain. Journal.Uny.Ac.Id, 02.

Rahayu, L. S., Irianto, S., & Anggoro, S. (2019). Pengembambangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Materi Volume Bangun Ruang Tak Beraturan Menggunakan Model Project Based Learning Di Kelas V Sekolah Dasar. Seminar Nasional Pagelaran Pendidikan Dasar Nasional (PPDN) 2019, 243–256.

Rais, M. (2010). Model project based-learning sebagai upaya meningkatkan prestasi akademik Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 43(3), 246–252. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPP/article/viewFile/129/123

Rudyanto, H. E. (2016). Pengembangan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran Matematika Open-Ended. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 3(02), 184–192. https://doi.org/10.25273/pe.v3i02.275

Titu, M. A. (2015). Penerapan model pembelajaran project based learning (PjBL) untuk meningkatkan kreativitas siswa pada materi konsep masalah ekonomi. Prosiding Seminar Nasional, 9, 176–186.

Wahyu, R., Islam, U., & Rahmat, R. (2018). Implementasi Model Project Based Learning ( PJBL ) Ditinjau dari Penerapan Implementasi Model Project Based Learning ( PJBL ) Ditinjau dari Penerapan Kurikulum 2013. Teknoscienza, 1(1), 50–62.

Wandi, Z. N., & Mayar, F. (2020). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Analisis Kemampuan Motorik Halus dan Kreativitas pada Anak Usia Dini melalui Kegiatan Kolase Abstrak. 4(1), 351–358. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.347

Banawi, A. (2019). Implementasi Pendekatan Saintifik Pada Sintaks Discovery/Inquiry Learning, Based Learning, Project Based Learning. Biosel: Biology Science and Education, 8(1), 90. https://doi.org/10.33477/bs.v8i1.850

Kusumawardani, R. (2015). Peningkatan kreativitas melalui pendekatan brain based learning. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(1), 143–162. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpud/article/view/3498

Downloads

Published

2023-07-30

Issue

Section

Articles