Penerapan model RME (Realistic Mathematic Education) untuk mengetahui gambaran kemampuan pemahaman konsep matematis pada siswa kelas II SD

Authors

  • Imas Riskayanti IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v6i4.15440

Keywords:

Model RME (Realistic Mathematic Education), Kemampuan Matematis

Abstract

Penerapan kemampuan matematis merupakan salah satu kemampuan untuk memahami konsep, sehingga siswa dapat mendefinisikan konsep, mengidentifikasi dan memberikan contoh atau bukan contoh dari konsep dasar perkalian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa RME (Realistic Mathematic Education) dalam penerapan kemampuan matematis matematika perkalian sekolah dasar. Secara umum siswa SD kurang memahami mengenai perkalian, bahwa perkalian itu penjumlahan berulang. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Maka dengan adanya peneliti ini menggunakan model RME (Realistic Mathematic Education). Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode Deskriptif Kualitatif,yang memungkinkan peneliti menjelaskan upaya guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran khususnya materi perkalian. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SD di SDN 2 Batujajar, yang berjumlah 24 siswa. Dimana terdapat 12 siswa perempuan dan 12 siswa laki-laki. Berdasarkan hasil yang diperoleh pada aplikasi, hasil yang diperoleh adalah peningkatan rata-rata hasil tes kemampuan matematika. Untuk mendapatkan data yang valid dalam proses penelitian, berbagai instrumen penelitian ditentukan dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan observasi dan wawancara sebagai alat. Hasil penelitian menunjukan implementasi pembelajaran yang digunakan untuk mempelajari perkalian. Model pembelajaran model RME ini berjalan dengan baik.

References

Ananda, R. (2018). Penerapan Pendekatan Realistics Mathematics Education (Rme) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 125–133. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.39

Ediyanto, E., Gistituati, N., Fitria, Y., & Zikri, A. (2020). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Materi Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 203–209. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.325

Fabiana Meijon Fadul. (2019). 済無No Title No Title No Title. 4(2).

Fajriah, N., & Sari, D. (2016). Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa pada Materi SPLDV melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share di Kelas VIII SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 68–75. https://doi.org/10.20527/edumat.v4i1.2291

Ferdianto, F., & Ghanny, G. (2014). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Melalui Problem Posing. Euclid, 1(1), 47–54. https://doi.org/10.33603/e.v1i1.343

Karjiyati, V., Supriatna, I., Agusdianita, N., & Yuliantini, N. (2022). Peningkatan Kemampuan Literasi Matematika Mahasiswa Melalui Penerapan Model RME Pada Perkuliahan Konsep Dasar Geometri dan Pengukuran. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 15(1), 49–56. https://doi.org/10.33369/pgsd.15.1.49-56

Lesmana, N. W. (2022). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP Pada Materi Himpunan. Didactical Mathematics, 4(1), 119–126. https://doi.org/10.31949/dm.v4i1.2040

Lestari, I. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Matematika dengan Memanfaatkan Geogebra untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 26. https://doi.org/10.30656/gauss.v1i1.634

Masnia, F., & Amir, Z. (2019). Pengaruh Penerapan Model Scaffolding terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Berdasarkan SElf Efficacy Siswa SMP. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(3), 249. https://doi.org/10.24014/juring.v2i3.7675

Mellynia Fitriani, R., Anggita, K. P., Fauzan, Y., Hayatun S, S. N., Millenia, J. D., Devyta, M. T., & Nurfadillah, S. (2021). Analisis Pembelajaran Anak Aphasia dan Diskalkulia Pada Siswa Di SD N Jatake 4. PENSA : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(3), 506–513. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa

Miftahuddin, M., Arofah, F., & Salatiga, I. (2020). Pengembangan Permainan Kartu Hitung Sebagai Media Pembelajaran Perkalian Pada Siswa Kelas IV. Inopendas Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(1), 2622–7282. http://jurnal.umk.ac.id/index.php/pendas/index

Ningsih, S. (2014). Realistic Mathematics Education: Model Alternatif Pembelajaran Matematika Sekolah. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 73. https://doi.org/10.18592/jpm.v1i2.97

Oktafiani, W., Budiarti, M. R., Solekha, S., Yulistia, T. F., Oktaviani, O. M., & Widodo, S. (2018). Trans Model Mathematics Education (T2Me) Untuk Meningkatkan Keterampilan Operasi Hitung Perkalian Berbantuan Teknik Subatsaga Di Sekolah Dasar. Metodik Didaktik, 14(1), 1–7. https://doi.org/10.17509/md.v14i1.9347

Primasari, I. F. N. D., Zulela, Z., & Fahrurrozi, F. (2021). Model Mathematics Realistic Education (Rme) Pada Materi Pecahan Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1888–1899. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1115

Retnowati, D. (FKIP U., & Murtiyasa, B. (Staf P. U. S. (2013). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Disposisi Matematis Menggunakan Model Pembelajaran Treffinger. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 14–23. http://hdl.handle.net/11617/3253

Somantri, G. R. (2005). Memahami Metode Kualitatif. Makara Human Behavior Studies in Asia, 9(2), 57. https://doi.org/10.7454/mssh.v9i2.122

Studi, P., Matematika, P., Kudus, U. M., Matematika, J., & Semarang, U. N. (2019). PENERAPAN Info Artikel Abstrak. 10(4).

Sumarno, U., Hidayat, W., Zukarnaen, R., Hamidah, & Sariningsih, R. (2012). Kemampuan Dan Disposisi Berpikir Logis, Kritis, Dan Kreatif Matematik. Jurnal Pengajaran MIPA, 10–27.

Ulya, H. (2016). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Bermotivasi Belajar Tinggi Berdasarkan Ideal Problem Solving. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(1), 90–96. https://doi.org/10.24176/jkg.v2i1.561

Winarti, W., Hamdani Maula, L., & Sutisnawati, A. (2021). Pengembangan Aplikasi Perkalian Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Dasar Perkalian Siswa Sd. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(2), 126–138. https://doi.org/10.23969/jp.v6i2.4289

Downloads

Published

2023-07-30

Issue

Section

Articles