Efektivitas pengembangan media pembelajaran PAPJI berbasis asesmen kinerja materi penjumlahan bilangan bulat pada siswa kelas 1 sekolah dasar

Authors

  • Syarifah Afsantin

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v6i4.17079

Abstract

Materi operasi penjumlahan hanya diajarkan secara konvensional dengan cara ceramah menjelaskan dengan papan tulis sehingga siswa tidak dapat mengkonstruksikan pemahamannya secara langsung. Dalam pembelajaran, siswa terlihat kurang aktif dan proses pembelajaran belum berpusat pada siswa sebagai objek pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis efektivitas media pembelajaran PAPJI berbasis asesmen kinerja pada materi operasi penjumlahan siswa kelas I SD. Penelitian pengembangan ini digunakan untuk mengembangkan media PAPJI berbasis asesmen kinerja untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi penjumlahan kelas I SD. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D).  Subjek penelitian pada penelitian ini adalah skala besar yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Jenis data dalam penelitian ini terdiri dari data kuantitatif dan data kualitatif. Pada data kuantitatif, hasil pengujian post test materi penjumlahan antara siswa kelas 1 SD 2 Mlatinorowito pada kelas kontrol dan kelas 1 SD 2 Demaan pada kelas eksperimen untuk mengetahui efektivitas proses pengembangan media PAPJI berbasis asesmen kinerja. Sedangkan untuk data kualitatif yaitu wawancara dan angket. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes dan nontes. Uji efektifitas dari penggunaan media pembelajaran PAPJI berbasis asesmen kinerja dapat diukur dengan menggunakan hasil dari pretest dan posttest.

 

Kata Kunci: Asesmen Kinerja, Media PAPJI, Operasi Hitung Penjumlahan

Downloads

Published

2023-07-30

Issue

Section

Articles