Penggunaan model problem based learning untuk meningkatkan pemahaman konsep IPS pada siswa kelas V SD

Authors

  • Meisy Novita Octaviani IKIP Siliwangi
  • Hana Sakura Putu Arga IKIP SILIWANGI
  • Uus Kuswendi IKIP SILIWANGI

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v6i6.18234

Keywords:

Pemahaman Konsep, Model Problem Based Learning, Pembelajaran IPS

Abstract

Penelitian  dilatar belakangi berdasarkan permasalahan yang terjadi yaitu rendahnya kemampuan pemahaman konsep IPS pada siswa kelas V serta sebagian guru masih belum menerapkan model pembelajaran hanya memberikan materi dengan metode ceramah. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep IPS jenjang siswa Sekolah Dasar. Berdasarkan latar belakang permasalahan, maka solusi yang dapat mengatasi permasalahan yang terjadi di SDN 197 Karang Taruna Karangsari dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Metode penelitian mix method digunakan untuk penelitian ini. Adapun desain yang digunakan adalah sequensial explanatory. Pada penelitian kualitatif menggunakan metode eksperimen kuasi dengan desain Nonrandomized Pre-test Post-test Control Group Design. Sebanyak 26 siswa kelas V C pada kelas eksperimen dan sebanyak 26 siswa pada kelas V A sebagai kelas kontrol di SDN 197 Karang Taruna Karangsari. Hasil penelitian berdasarkan uji statistik nilai rata-rata gain pada kelas eksperimen sebesar 0,39 termasuk kategori sedang dan nilai rata-rata gain kelas kontrol memperoleh hasil sebesar 0,26 dengan kriteria rendah. Artinya model Problem Based Learning lebih baik dibandingkan menggunakan model konvensional. Siswa sangat antusias terhadap pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning serta model ini cocok digunakan pada kelas V jenjang sekolah dasar.

References

Aulia, N. R., Hermawan, R., & Rengganis, I. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep IPS Kelas IV Sekolah Dasar. Jpgsd, 5(1), 71–81. http://ejournal.upi.edu/index.php/jpgsd/index%25

Azizah, A. A. M. (2021). Analisis Pembelajaran Ips Di Sd/Mi Dalam Kurikulum 201. JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education), 5(1), 1. https://doi.org/10.32934/jmie.v5i1.266

Febriani, M. (2021). IPS Dalam Pendekatan Konstruktivisme (Studi Kasus Budaya Melayu Jambi). Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(1), 61. https://doi.org/10.37905/aksara.7.1.61-66.2021

Husnidar, H., & Hayati, R. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Asimetris: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 2(2), 67–72. https://doi.org/10.51179/asimetris.v2i2.811

Kartini, K. S., Tri, I. N., & Putra, A. (2020). RESPON SISWA TERHADAP PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID. 4(1), 12–19.

Khoirudin, R., Sunarto, S., & Sunarso, A. (2022). Pengembangan Modul dalam PBL untuk meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep IPS dan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4442–4450. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2770

Latifah, U. (2017). PeningkatanPemahaman Konsep IPS Melalui Penerapan Metode Active Learning Tipe Index Card Match Pada Siswa Kelas VA SD Ngoto Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta

Lisbiyaningrum, I., Wahyudi, & Wulandari. (2019). Penerapan Problem Based Learning dalam Pembelajaran Tematik Integratif untuk meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 6(2), 161–168.

Masrinah, E. N., Aripin, I., & Gaffar, A. A. (2019). Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Seminar Nasional Pendidikan, 924–932.

Meiliani Nurfadhilah, M., Hermawan, R., & Nuryani, P. (2009). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPS Siswa SD. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, IV(Juli), 108–112. http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JPFI/article/download/1019/929

Mustaqim, M. (2016). Metode Penelitian Gabungan Kuantitatif/Mixed Methods Suatu Pendekatan Alternatif. Intelegensia: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1).

Novianti, A., Bentri, A., & Zikri, A. (2020). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 194–202. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.323

Rahmadani, H., & Acesta, A. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Sekolah Dasar, 2(1).

Rosidah, C. T. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Menumbuhkembangkan Higher Order Thinking Skill Siswa Sekolah Dasar. Inventa, 2(1), 62–71. https://doi.org/10.36456/inventa.2.1.a1627

Safrida, M., & Kistian, A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas V SD Negeri Peureumeue Kecamatan Kaway XVI. Bina Gogik, 7(1), 53–65. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/pgsd/article/view/433

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: ALFABETA, cv

Wahyuliani, Y. (2016). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIP BOOK TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI DI SMA NEGERI 4 BANDUNG. 3, 22–36.

Widodo, A. (2020). Nilai Budaya Ritual Perang Topat Sebagai Sumber Pembelajaran IPS Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah Dasar. Gulawentah:Jurnal Studi Sosial, 5(1), 1. https://doi.org/10.25273/gulawentah.v5i1.6359

Downloads

Published

2023-11-30

Issue

Section

Articles