Pengembangan media komik untuk menanamkan nilai kejujuran dalam pembelajaran PAI di sekolah dasar

Authors

  • Deffani Rachmasari Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v6i4.18321

Keywords:

Media pembelajaran

Abstract

Abstrak

Media pembelajaran merupakan hal penting untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran. Dengan adanya media pembelajaran dapat mempermudah guru ketika menyampaikan materi, serta dapat membantu siswa untuk memahami materi pembelajaran. Komik merupakan cerita bergambar yang tentunya dapat diakses dengan mudah dan digunakan oleh siswa dalam kegiatan pembelajaran. Komik dapat berisi materi atau konsep-konsep pelajaran di sekolah, salah satunya mata pelajaran PAI dapat dijadikan sebagai media untuk menanamkan nilai kejujuran kepada siswa. Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan, mayoritas siswa masih terlihat kurang termotivasi untuk belajar. Hal tersebut dapat terjadi karena media yang guru gunakan cenderung pasif dan kurang bervariasi. Sehingga dapat dirancang media yang variatif seperti media berbasis komik. Tujuan dari penelitian ini yaitu memaparkan kebutuhan, rancangan, kelayakan, pemahaman siswa, dan respon siswa mengenai media komik untuk menanamkan nilai kejujuran dalam pembelajaran PAI di kelas IV. Penelitian ini termasuk penelitian dan pengembangan dengan model ADDIE. Terdapat 4 tahap penelitiah, yaitu: 1) Analisis; 2) Perancangan; 3) Pengembangan; 4) Implementasi; dan Evaluasi disetiap tahapannya. Partisipan dari penelitian ini yaitu 41 siswa kelas IV SDN Anaka dan SDN Tamansari. Berdasarkan uji validasi dengan para ahli yang telah dilakukan dan diuji coba, produk yang dikembangkan dari seluruh aspek memenuhi kriteria. Sehingga media komik untuk menanamkan nilai kejujuran dalam pembelajaran PAI layak digunakan.

 

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Komik, PAI, Nilai Kejujuran

References

Adisusilo, S. (2013). Pembelajaran Nilai-nilai Karakter. Jakarta: Rajawali Press

Ambaryani, & Airlanda, G. S. (2017). Pengembangan Media Komik Untuk Efektivitas Dan Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi, 3(1), 19-28

Amin, M. (2017). Peran Guru dalam Menanamkan Nilai Kejujuran Pada Lembaga Pendidikan. Jurnal Studi Manajemen Pendidikan. Vol. 1 (1)

Angkowo, R., & Kosasih, A. (2017). Optimalisasi Media Pembelajaran (A. Safitri, ed.). Retrieved from IPUSNAS

Aziz, A., DKK. (2020). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Agama Islam. Vol. 18 (2)

Branch, R. M. (2009). Approach, Instructional Design: The ADDIE. In Department of Educational Psychology and Instructional Technology University of Georgia (Vol. 53, Issue 9)

Budiarti, W. N., & Haryanto, H. (2016). Pengembangan Media Komik Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV. Jurnal Prima Edukasia, 4(2), 233. Diakses dari https://doi.org/10.21831/jpe.v4i2.6295

Daryanto. 2013. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media

Efendi, S. (2016). Pembuatan Komik Super Jamu. Jurnal Seni Rupa, 4(03), 365-373

Gumelar, M.S. 2011. Comic Making. Jakarta: Indeks

Hamid, A. (2013). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Siswa Smk Salafiyah Prodi Tkj Kajen Margoyoso Pati Jawa Tengah. Jurnal Pendidikan Vokasi. Vol. 3 (2)

Herawati. (2016). Pengembangan Modul Keanekaragaman Aves sebagai Sumber Belajar Biologi. Jurnal Lentera Pendidikan LPPM UM Metro, 1(1), 83-90

Hidayat, F. R. (2015). Pembuatan Buku Komik Sawunggaling. Pendidikan Seni Rupa, 3(3), 77-85. Diakses dari https://media.neliti.com/media/publications/249309-pembuatan-buku-komik-sawunggaling-6c9b655a.pdf

Hidayat, S., & Achmad, F. (2022). Filsafat Manusia: Ikhtiar Memanusiakan Manusia. Tasikmalaya: Asyuhada Press & Publication

Hidayat, S., & Achmad, F. (2022). Dimensionalitas Pendidikan Nilai dan Karakter. Tasikmalaya: Asyuhada Press & Publication

Irsalina, K. I., & Muharram, M. R. W. (2022). Pengembangan media pembelajaran interaktif pada volume bangun ruang kelas V sekolah dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(1), 69-82.

Koendoro, Dwi. 2007. Yuk, Bikin Komik Sambil Ketawa. Bandung: Mizan Media Utama

Lubis, M. A. (2018). Peran Media Komik Dalam Pembelajaran Pkn yang Inofatif Dalam Membentuk Karakter Siswa Sekolah Dasar. Sereal Untuk, 51(1), 51

Narestuti, A.,S., DKK. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Komik Digital untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Biologi. Vol. 6 (2)

Nawali, A., K. (2018). Hakikat, Nilai-Nilai Dan Strategi Pembentukan Karakter (Akhlak) Dalam Islam. Jurnal Ilmiah Iqra. Vol. 12 (1)

Novianti, D. A., & Susilowibowo, J. (2015). Pengembangan Modul

Akuntansi Aset Tetap Berbasis Pendekatan Saintifik sebagai Pendukung Implementasi K – 13 DI smkn 2 Buduran. Jurnal Pendidikan, 03(1), 1-9

Nurasiah., DKK. (2022). Analisis Penggunaan Aplikasi Wayang Sukuraga Sebagai Media Pembelajaran Untuk Menumbuhkan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas. Vol. 8 (1)

Nurgiyantoro, B. (2017). Sastra Anak, Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Diakses dari IPUSNAS

Nurkhalisyah, C., & Marlini. (2018). Pembuatan Buku Komik Panduan Perpustakaan di Perpustakaan Daerah Kota Padang Panjang. Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan Dan Kearsipan, 7(1), 9-18

Pentianasari., DKK. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Pemanfaatan Literasi Digital. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar. Vol. 8 (1)

Riwanto., DKK. (2018). Efektivitas Penggunaan Media Komik Digital (Cartoon Story Maker) dalam pembelajaran Tema Selalu Berhemat Energi. Jurnal PANCAR. Vol. 2 (1)

Sanjaya, Wina. 2014. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta : Kencana

Sapitri, A, P., & Sofyan, F, A. (2022). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Pada Anak Usia Dini Melalui Media Audio Visual Animasi Kartun Bing Bani “Kucingâ€. Jurnal Multidisipliner Kapamalada. Vol. 1 (2)

Saputro, B. (2017). Manajemen Penelitian Pengembangan. Asjawa Pressindo

Sari., & Wardani. (2021). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Digital untuk Meningkatkan Karakter Tanggung Jawab Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. Vol. 5 (4), hal 1968-1977

Setiawan, M., N. (2002). Menakar Panji Koming Tafsir Komik Karya Dwi

Koendoro. Jakarta: PT Kompas Media Nusantara

Shunhaji, A. (2019). Agama dalam Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam. Vol. 1 (1)

Solehat, T., & Ramadan, Z. (2021). Analisis Program Penguatan Pendidikan Karakter pada Mata Pelajaran PAI di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. Vol. 5 (4)

Steffi, A., & Syastra, M., T. (2015). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Siswa Kelas X Sma Ananda Batam. Jurnal CBIS. Vol. 3 (2) hal. 79

Sudaryono. (2018). Metodologi Penelitian (2nd ed.). Depok: PT Raja Grafindo Persada

Sudrajat, A. (2011). Mengapa Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Karakter. Vol. 1(1)

Sudjatnika, T. (2017). Nilai-nila Karakter yang Membangun Peradaban Manusia. Jurnal al-Tsaqafa. Vol. 14 (1)

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (3rd ed.; Apry Nuryanto, ed.).. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sultonurohmah, N. (2017). Strategi Penanaman Nilai Karakter Jujur dan Disiplin Siswa. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Dasar Madrasah Ibtidaiyah. Vol. 5 (2)

Syahroni, M., Dianastiti, F. E., & Firmadani, F. (2020). Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Untuk Meningkatkan Keterampilan Guru dalam Pembelajaran Jarak Jauh. International Journal Of Community Service Learning, 4(3), 171-172

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan. Vol. 2 (2)

Waluyanto, H. D. (2021). Komik Sebagai Media Komunikasi Visual Pembelajaran. Nirmana, 7(1), 45-55. https://doi.org/10.1515/9783112372760-014

Wibowo, S.,A., & Koeswanti, H., D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komik untuk Meningkatkan Karakter Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. Vol. 5 (6)

Wicaksana, DKK. (2019). Pengembangan E-Komik dengan Model ADDIE Untuk Meningkatkan Minat Belajar Tentang Perjuangan Persiapan Kemerdekaan Indonesia. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 7 (2)

Wijaya, H., & Helaluddin. (2018). Hakikat Pendidikan Karakter. [online]. diakses dari https://repository.sttjaffray.ac.id/uk/publications/269450/hakikat-pendidikan-karakter

Downloads

Additional Files

Published

2023-07-30

Issue

Section

Articles