Pengembangan kantong pintar pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IV

Authors

  • Elvin Setiawan Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v6i6.18345

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Kantong Pitar pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV. Jenis penelitian yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau dikenal dengan penelitian R&D (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE. Media pembelajaran Kantong Pintar memiliki kelebihan dan keunggulan dari media pembelajaran yang sebelumnya. Media pembelajaran Kantung Pintar ini dapat menarik siswa memupuk rasa keindahan, dan mengembangkan daya imajinasi. Selain itu, di dalam media pembelajaran Kantung Pintar terdapat gambar yang mampu merangsang peserta didik untuk menciptakan daya imajinasi dan ide maupun gagasan. Hasil belajar siswa dengan memakai Media pembelajaran Kantung Pintar sebagai media pembelajaran Bahasa Indonesia juga mengalami peningkatan, hal yang sama juga terjadi pada motivasi peserta didik yang meningkat dengan signifikan. Kantung Pintar dapat dijadikan bahan pendukung utama dalam media menyampaikan materi Bahasa Indonesia dan tidak terpaku pada metode ceramah yang membosankan.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Kantong Pintar, Bahasa Indonesia

 

Downloads

Published

2023-11-30

Issue

Section

Articles