Pengembangan modul pembelajaran IPA sekolah dasar berbasis higher order thinking skills (HOTS)

Authors

  • Nurani Hadnistia Darmawan PGSD - STKIP Bina Mutiara
  • Hilman - Hilmawan PGSD - STKIP Bina Mutiara
  • Lulu Ilmaknun Prihan PGSD - STKIP Bina Mutiara

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v6i4.18609

Keywords:

Bahan Ajar, Modul IPA, Higher Order Thinking Skills.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang variatifnya pemenuhan bahan ajar IPA berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS). Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kebutuhan awal bahan ajar berbentuk modul, mengembangkan modul, mengimplementasikan modul, dan mengetahui evaluasi hasil pengembangan modul pembelajaran IPA berbasis HOTS. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan desain ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implementation, and Evaluation). Pada tahap analyze ditemukan adanya kebutuhan modul IPA berbasis HOTS pada tema 7 kelas V. Pada tahap design dilakukan penyusunan kerangka modul IPA berdasarkan aturan Kemendikbud. Pada tahap develop dilakukan realisasi kerangka modul yang telah dibuat sehingga menjadi modul yang utuh, kemudian diuji validasi dan revisi. Tahap implementation dilakukan untuk mengimplementasikan modul dan melakukan uji efektivitas terbatas pada sepuluh siswa. Pada tahap evaluation dilakukan penilaian dan refleksi hasil pengembangan modul yang berdasar pada saran validator dan pengguna melalui angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul pembelajaran IPA sekolah dasar berbasis HOTS layak digunakan setelah adanya revisi minor dari para validator. Modul pembelajaran IPA sekolah dasar berbasis HOTS dapat digunakan oleh guru maupun siswa karena memuat materi yang sistematis sesuai kompetensi dasar. Selain itu terdapat materi, tugas, latihan, maupun penilaian. Produk modul tersebut juga dapat membimbing dan memotivasi siswa untuk belajar IPA secara mandiri.

References

Akbar, Sa’dun. (2017). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Adrianto, L. A. (2010). Kinerja Tutor dalam Proses Pembelajaran Paket C. Jurnal Ilmiah VISI PTK-PNF, 5(2).

Alfajri, A. R., Maizora, S., & Agustinsa, R. (2019). Kepraktisan Soal-soal Higher Order Thinking Untuk Menghasilkan Soal yang Praktis untuk Siswa Kelas XI MAN 1 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah, 3(2), 205–217.

Amalia, L. (2021). Pengembangan Modul IPA Bermuatan Higher Order Thinking Skills (HOTS) Di Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(1), 138–149.

Danhas, M., & Danhas, Y. H. (2020). Pendidikan Lingkungan (Environmental Education). Deepublish.

Fakhrurrazi. (2018). Hakikat Pembelajaran yang Efektif. Jurnal At-Tafkir, XI(1), 85–99.

Fanani, M. Z. (2018). Strategi Pengembangan Higher Order Thinking Skill (HOTS) dalam Kurikulum 2013. Journal of Islamic Religious Education, 2(1), 57–76.

Kosasih, E. (2020). Pengembangan Bahan Ajar. Bumi Aksara.

Kwangmuang, P., Jarutkamolpong, S., Sangboonraung, W., & Daungtod, S. (2021). The development of learning innovation to enhance higher order thinking skills for students in Thailand junior high schools. Heliyon, 7(February), e07309. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e07309

Magdalena, I., Sundari, T., Nurkamilah, S., Amalia, D. A., & Tangerang, U. M. (2020). Analisis bahan ajar. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 311– 326.

Pebriani, N. P. I., Putrayasa, I. B., & Margunayasa, I. G. (2022). Pengembangan E-LKPD Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skill) Dengan Pendekatan Saintifik Padapembelajaran IPA Tema 8 Kelas V Sd. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 12(1), 76–89.

Pratiwi, W., & Alimuddin, J. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Bermuatan High Order Thinking Skill ( HOTS ) pada Pembelajaran Tema Persatuan dalam Perbedaan. Prosiding Seminar Nasional Unimus, 1, 531–538.

Romansyah, K. (2016). Pedoman Pemilihan dan Penyajian Bahan Ajar Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Logika: Jurnal Ilmiah Lemlit Unswagati Cirebon,17(2).

Septora, R. (2017). Pengembangan Modul dengan Menggunakan Pendekatan Saintifik Pada Kelas X Sekolah Menengah Atas. Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian LPPM UM Metro, 2(1), 86–98.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. (2020). Metode Penelitian Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya.

Surahman, Paudi, R. I., & Tureni, D. (2014). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA Pokok Bahasan Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan Melalui Media Gambar Kontekstual Pada Siswa Kelas II SD Alkhairaat Towera. Jurnal Kreatif Tadulako, 3(4).

Susilo, A., Siswandari, & Bandi. (2016). Pengembangan Modul Berbasis Pembelajaran Saintifik untuk Peningkatan Kemampuan Mencipta Siswa dalam Proses Pembelajaran Akuntansi Siswa Kelas XII SMA N 1 Slogohimo. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26(1).

Wijanarko, Y. (2017). Model Pembelajaran Make A Match untuk Pembelajaran IPA yang Menyenangkan. Jurnal Taman Cendekia, 01(01), 52–59.

Downloads

Published

2023-07-30

Issue

Section

Articles