Penerapan problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia kelas II SD Kanisius Klepu

Authors

  • Gantheng Listyoadi

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v6i6.18915

Keywords:

Hasil belajar, Problem based learning

Abstract

Latar belakang penelitian ini mengenai hasil belajar peserta didik kelas II SD Kanisius Klepu pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi ungkapan kata maaf dan tolong yang masih rendah sehingga diperlukan perbaikan untuk dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik menggunakan model Problem Based Learning. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian sebanyak 20 peserta didik kelas II di SD Kanisius Klepu. Desain PTK yang digunakan mengikuti model Kemmis dan Targgart yang meliputi tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dalam hasil belajar peserta didik kelas II. Hal ini terlihat dari peningkatan nilai rata-rata hasil belajar, yaitu dari 67.35 pada tahap pra siklus menjadi 76.45 pada siklus PTK I, dan meningkat lagi menjadi 84.6 pada siklus PTK II. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Problem Based Learning efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas II di SD Kanisius Klepu pada materi ungkapan kata maaf dan tolong.

References

AlperAslan. (2021). Problem-Based Learning in Live Online Classes: Learning Achievement, Problem-Solving Skill, Communication Skill, and Interaction. Computers & Education, 171, 104237. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2021.104237.

Andriyani, N. L., & Suniasih, N. W. (2021). Development of Learning Videos Based on Problem-Solving Characteristics of Animals and Their Habitats Contain in Science Subjects on 6th-Grade. Journal of Education, 5(1), 37–47. 359 https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jet.v5i1.32314

Arianti, A. (2019). Urgensi Lingkungan Belajar Yang Kondusif Dalam Mendorong Siswa Belajar Aktif. Didaktika, 11(1), 41. https://doi.org/10.30863/didaktika.v11i1.161.

Ariyani, B., & Kristin, F. (2021). Model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa SD. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 353-361.

Astuti, I. P., Deshinta, A., & Noviani, S. (2022). PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN PPKN SISWA KELAS II SD NEGERI 3 BANTUL. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 1(1). Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/270.

Bosica, J., S.Pyper, J., & Stephen MacGregor. (2021). Incorporating Problem-Based Learning in a Secondary School Mathematics Preservice Teacher Education Course. Teaching and Teacher Education, 102, 103335. https://doi.org/10.1016/j.tate.2021.103335.

Dharwisesa, M. W., Widiana, I. W., & Tegeh, I. M. (2020). Penerapan Model TTW Berbantuan Media Gambar Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 227. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i2.28257.

Elihami, Elihami, & Syahid, Abdullah. (2018). Penerapan pembelajaran pendidikan agama islam dalam membentuk karakter pribadi yang islami. Edumaspul: Jurnal pendidikan, 2(1), 79-96.

Febriana, R., Yusri, R., & Delyana, H. (2020). Modul Geometri Ruang Berbasis Problem Based Learning Terhadap Kreativitas Pemecahan Masalah. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 93. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i1.2591.

Irwansyah, R. (2021). Perkembangan Peserta Didik. Bandung : Widina Bhakti Persada.

Kirom, A. (2017). Peran Guru Dan Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran Berbasis Multikultural. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 69–80.

Kristiana, T. F., & Radia, E. H. (2021). Meta Analisis Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 818-826.

Kurniawan, M. W., & Wuryandani,. (2017). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap motivasi belajar dan hasil belajar PPKn. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 14(1), 10– 22. https://doi.org/10.21831/civics.v14i1.14558.

Kusmiati, E. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalammeningkatkan Hasil Belajar Siswapada Pembelajaran IPA Dalammemahami Konsep Hubungan Antara Struktur Organ Tubuh Manusia Dengan Fungsi Danpemeliharaannya. Jurnal Tahsinia, 1(1), 49–62.

Pratama, Fidya Arie, Fathurrohman, & Susilo, Sigit Vebrianto. (2019). Efforts to Improve Understanding of the Concept of Numbers 1-20 through the use of playing methods. Action Research Journal Indonesia (ARJI), 1(3), 113–124

Suwartini, Sri. (2018). Pendidikan karakter dan pembangunan sumber daya manusia berkelanjutan. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 4 (1).

Silahuddin, S. (2015). Penerapan E-Learning dalam Inovasi Pendidikan. CIRCUIT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 1(1), 48–59. https://doi.org/10.22373/crc.v1i1.310 .

Saputro, O. A., & Rahayu, T. S. (2020). Perbedaan Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) dan Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Monopoli terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 185-193.

Suyono dan Hariyanto. (2011). Belajar dan Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya Offset. Tarigan. (2013). Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. CV. Angkasa. Ulva, N., & Ahmad, S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model PBL Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas IV SD. … Inovasi, Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8.

Tarigan. (2013). Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. CV. Angkasa.

VF Musyadad. (2022). Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Motivasi Kerja Guru dalam Membuat Perangkat Pembelajaran. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 1936–1941.

Wahyuni, N. K. A., Wibawa, I. M. C., & Sudiandika, I. K. A. (2021). Implementasi Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) terhadap Hasil Belajar Tematik (Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia). Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(2), 230-239.

Yusita, N. K. P., Rati, N. W., & Pajarastuti, D. P. (2021). Model Problem Based Learning Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(2), 174-182.

Downloads

Published

2023-11-30

Issue

Section

Articles