Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada materi keberagaman kelas II SDN Gedongtengen

Authors

  • M. Ihsan Hidayatulloh Universitas Sanata Dharma
  • Rusmawan Universitas Sanata Dharma
  • Dianing Kurniastuti SDN Gedongtengen

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v7i2.19148

Abstract

Pendidikan saat ini dituntut menciptakan sebuah pendidikan yang memerdekakan peserta didik. Namun fakta di lapangan saat ini masih banyak guru yang mengajar dengan cara cara konvensional. Upaya yang dapat dilakukan guru yaitu dengan menggunakan model pembelajaran yang dapat melibatkan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Penggunaan model problem based learning (PBL) dapat diterapkan sebagai model pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik. Untuk itu penelitian ini memfokuskan tentang bagaimana pengaruh model problem based learning terhadap keaktifan dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data pada penelitian menggunakan teknik tes dan non tes. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan di kelas II A SDN Gedongtengen. Hasil rata-rata keaktifan peserta didik dari pra siklus ke siklus I mengalami kenaikan nilai keaktifan sebesar 16,37%, sedangkan dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan nilai sebesar 16,01%. Kemudian hasil belajar peserta didik dari pra siklus ke siklus I terjadi peningkatan nilai rata-rata sebesar 4,45 dan peningkatan klasikal sebesar 27,28 %. Kemudian dari siklus I ke siklus II terjadi peningkatan nilai rata-rata 6,29 dan peningkatan ketuntasan klasikal sebesar 22,72%. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan model problem based learning dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik

References

Arikunto, Suharsimi. 1998. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. BumiAksara

Anugraheni, I. (2018). Meta Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis di Sekolah Dasar [A Meta-analysis of ProblemBased Learning Models in Increasing Critical Thinking Skills in Elementary Schools]. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 14(1), 9-18.

Dewi, S., Sumarmi, S., & Amirudin, A. (2016). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan keaktifan dan keterampilansosial siswa kelas V SDN Tangkil 01 Wlingi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(3), 281-288.

Dinar Andika, dkk. (2018). Meningkatkan keaktifan dan Hasil Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Kajian Penelitan Pendidikan dan Pembelajaran, 3 (1), 287-293.

Hotimah, H. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar.†Jurnal Edukasi, 7(3), 5-11.

Iskandar. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. REFERENSI (GP Press Group).

Mafuliatun, M. (2021). Peningkatan hasil belajar dalam mata pelajaran ppkn melalui model pembelajaran problembased learning. e-Jurnal Mitra Pendidikan, 5(4), 277-286.

Mungzilina, Arista Khoirul, Firosalia Kristin, And Indri Anugraheni. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Dan Hasil Belajar Siswa Kelas 2 Sd. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran 2 (2): 184–95.

Https://Doi.Org/10.35568/Naturalistic.V2i2.209.

Nugraha, A. R., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas 5 SD. Kalem Cendekia PGSD Kebumen, 9-15.

Permendikbud No. 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.

Ramlah. (2022). ‘Penerapan Media Kartu Domino Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI Pada Pelajaran IPS Di SDN Jango Tahun Pelajaran 2020/2021â€. Jurnal Pendidikan Mandala, 7(1), 136-146.

Rosna Andi. (2014). “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Pada Mata Pelajar IPA di kelas IV SD Terpencil Bainaa Baratâ€. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 4 (6), 235- 246.

Santosa Agus W. Dkk (2022). “Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar IPA Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Kelas V SD Negeri Sudimoro 2 Tahun Ajaran 2021/2022â€. Jurnal Inovasi Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2 (2), 234-239

Slameto, Slameto. 2015. “Implementasi Penelitian Tindakan Kelas.†Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 5 (3): 47. Https://Doi.Org/10.24246/J.Scholaria.2015.V5.I3.P47-58.

Sudjana, N. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. PT Remaja Rosdakarya.

Wibowo, N. (2016). Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar Di SMK Negeri 1 Saptosari. Jurnal Electronics, Informatics, and Vocational Education (ELINVO), 1(2), 128-139.

Widyaswati Ria, dkk. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran IPS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keaktifan Siswa Kelas IV SDN 2 Mantingan. Jurnal Inovasi Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2 (2), 181-188.

Yudha, C. B., & Rahmad, I. N. (2020). Pelatihan penulisaan penelitian tindakan kelas (ptk) pada guru

SDN Cibitung Kulon 01 Bogor. Mitra Mahajana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 20-23

Downloads

Published

2024-03-11

Issue

Section

Articles