Pengaruh model problem based learning (PBL) berbantuan media interaktif terhadap penguasaan konsep siswa kelas V pada materi siklus air

Authors

  • Nailul Husna UPGRIS Semarang
  • Kartinah Universitas PGRI Semarang
  • Siti Munfarichah SD Gajahmungkur Semarang

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v7i2.22506

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model PBL berbantuan media interaktif terhadap penguasaan konsep siswa kelas V pada materi siklus air di SD Gajahmungkur 04 Semarang. Penguasaan konsep siswa pada materi siklus air masih rendah, kelas V dengan jumlah siswa sebanyak 27 anak hanya terdapat 10 orang yang mencapai ketuntasan minimal (KKM) atau hanya 37%, sedangkan sisanya 63% belum mencapai KKM. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain one group pretest posttest. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas V yang berjumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes guna mengukur penguasaan konsep siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat dan uji hipotesis. Uji hipotesis menggunakan uji paired sample t-test dan n-gain test. Hasil penelitian menunjukkan model Problem Based Learning berbantuan media interaktif berpengaruh positif terhadap penguasaan konsep siswa kelas V SD Gajahmungkur 04 pada materi siklus air. Hasil Sig sebesar 0.00 < 0.05, menunjukkan H0 ditolak sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat peningkatan penguasaan konsep siswa dari hasil pretest ke posttest. Rata-rata N-Gain sebesar 0.74 dan berada pada kategori tinggi. Kesimpulannya, model PBL berbantuan media interaktif berpengaruh positif terhadap penguasaan konsep siswa.

Kata Kunci: Media Interaktif, Penguasaan Konsep, Problem Based Learning,

Downloads

Published

2024-03-11

Issue

Section

Articles