Penggunaan media kartu gambar dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas I sekolah dasar

Authors

  • Anggun Setia Putri Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Astri Sutisnawati Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Luthfi Hamdani Maula Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v7i2.22548

Abstract

Latar belakang penetilian siswa kelas I SD Negeri Buniwangi berdasarkan hasil observasi ternyata kemampuan membaca dan menulis siswa masih tergolong rendah, Kriteria ketuntasan minimal 65 yang sudah ditetapkan menjadi tolak ukur dalam keberhasilan belajar anak, dari 8 peserta didik hanya 3 Peserta didik yang sudah mencapai kriteria ketuntasan minimal atau sekitar 37,5% pada setiap akhir pembelajaran. Penelitian yang dilakukan ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Hopkins pelaksanaan penelitian tindakan dilakukan membentuk  Spiral dimulai  dari    menyusun perencanaan lalu melaksanakan tindakan, Tujuan dari penelitian ini yaitu Mendeskripsikan perencanaan penggunaan media gambar dalam pembelajaran di kelas, Mendeskripsikan pelaksanaan penggunaan media gambar dalam pembelajaran di kelas, Memaparkan hasil penggunaan media gambar dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa melalui media gambar,  Hasil siklus I yaitu jumlah siswa yang telah mencapi KKM sebanyak 5 siswa atau 62,5 % dan sebanyak 3 siswa atau 37,5%, Perbaikan yang dilakukan pada siklus II menunjukan Jumlah siswa yang telah mencapi KKM sebanyak 7 siswa atau 87,5 % dan sebanyak 1 siswa atau 12,5%. Sedangkan target peneliti adalah 85% dari siswa seluruhnya kemampuan membacanya meningkat. Kemampuan membaca siswa setelah dilakukannya Observasi pada tiap siklus serta hasil evaluasi akhir pembelajaran mengalami peningkatan yang sangat baik pada setiap indikator kegiatan, oleh karena itu penelitian dengan memanfaatkan media kartu gambar dinyatakan sangat baik sesuai dengan harapan peneliti.

Downloads

Published

2024-03-11

Issue

Section

Articles