PENGARUH METODE HANDS ON ACTIVITY TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS SATU SEKOLAH DASAR

Authors

  • Kurniati Kurniati Kurniati IKIP Siliwangi
  • Rodiah Rodiah Rodiah IKIP Siliwangi
  • Galih Dani Septiyan Rahayu PGSD IKIP Siliwangi, Bandung

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v2i1.2999

Keywords:

Membaca Permulaan, Hands on Activity, Sekolah Dasar

Abstract

Berdasar pada pengalaman mengajar penulis dimana tidak adanya jam tersendiri dalam pemebelajaran membaca permulaan bagi siswa dengan kemampuan membaca permulaan yang tertinggal dengan tema dikelasnya, penulis merasa perlu adanya metode pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa, Penelitian menggunkan metode kuasi eksperimen dengan desain penelitiannya yaitu Nonrandomized pretest-posttes kontrol group design., dengan populasi penelitian adalah 239 siswa kelas satu gugus cigugur Kecamatan parongpong tahun ajaran 2018/2019, sampel penelitian ini adalah kelas satu SDN Panyairan dengan 26 siswa kelas 1A sebagai kelas eksperimen dan 26 siswa kelas 1B sebagai kelas kontrol. tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah metode Hands On Activity dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas satu sekolah dasar negeri panyairan kecamatan parongpong kabupaten bandung barat. Instrumen pengumpulan data adalah test kemampuan membaca permulaan dan lembar observasi, data di analisis dengan metode statistik parametik dan non parametik test. Kemudian data disajikan dalam bentuk kuantitatif deskriptip, dari hasil analisis data diperoleh perbedaan rata-rata N-Gain sekor data tes kemampuan membaca permulaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol diketahui bahwa sekor N-Gain kelas eksperimen sebesar 0.50 yang tergolong kategori sedang, dan kelas kontrol sebesar 0.35 dan masih tergolong kategori sedang. Kendati dengan kategori yang sama namun bila di lihat dari hasil uji Mann Whitney data pretes dan postest didapat selisih Mean Rank sebesar 16.42 dengan kelas eksperimen 34.71 dan kelas kontrol sebesar 18.29, Hal tersebut menunjukan bahwa pembelajaran dengan metode Hands On Activity memberi pengaruh lebih besar dari pada metode konvensional.

Author Biographies

Kurniati Kurniati Kurniati, IKIP Siliwangi

PGSD IKIP Siliwangi Bandung

Rodiah Rodiah Rodiah, IKIP Siliwangi

PGSD IKIP Siliwangi

Galih Dani Septiyan Rahayu, PGSD IKIP Siliwangi, Bandung

Dosen PGSD IKIP Siliwangi, Bandung

References

Ates, O., & Eryilmaz. (2011). Effectiveness Of Hands-On And Mind-On Activities On Student's Achievement And Attitudes Toward Physics. Asia-Pasific Forum On Science Learning And Teaching.

Drs. H. Rostina Sundayana, M. (2015). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: CV. Alfabeta.

Hamalik, O. (2011). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Kurniawan, W., C. E., & W. S. (2017). Pengaruh Hands On Minds On Activity Terhadap Hasil Belajar Melalui Inkuiri Terbimbing. Jurnal Pembelajaran Fisika.

Mariati. (2018). Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Media Kartu Kata Pada Siswa Kelas I A SDN 01 Taman kota Madiun. Wahana Kreatifitas Pendidik.

Mulyasa, E. (2017). Menjadi Guru Profesional menciptakan pembelajaran kreatif dan menyenangkan. Bandung: Pt. Remaja Rosdakarya.

Mustatiroh. (2016). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Menggunakan Media Kartu Kata Bergambar Siswa Kelas I SD Negeri Gembongan. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Pratiwi, I. M., & Ariawan, V. N. (2017). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Membaca Permulaan Di Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Sekolah Dasar.

Putra, F. G. (2017). Eksperimentasi Pendekatan Kontekstual Berbantuan Hands On Activity (HoA) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika.

Rahim, F. (2008). Pengajaran Membaca Disekolah Dasar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Rasto. (2019). Artikel Alba. Retrieved Januari 16, 2019, from Dr. Rasto, M.Pd.: http://rasto.staf.upi.edu/metode-cepat-belajar-membaca-permulaan/.

Rikmasari, R. (2018). Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa Dan Keterampilan Membaca Permulaan Menggunakan Metode Global Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas I SDN Kebalen 07 Babelan Bekasi . Pedagogik.

Rizkiana. (2016). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD N Bangunrejo 2 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Septiyan, G. D. (2017). Pengaruh Model Teams Games Tournament Terhadap Keterampilan Pengambilan Keputusan Dalam Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar. Mimbar Sekolah Dasar.

Setyadhani, R. L. (2015). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan melalui Media Kartu Kata Bergambar di Kelas B1 TK ABA Gedongkiwo Mantrijeron Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Suryani, A. (2015). Kemampuan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas II SDN 64/1 Muara Bulian. Jambi: Universitas Jambi.

Witarsa, R., Rahayu, G. D., Sriningsih, N., Nurhayati, Tellusa, S., & Parwati. (2017). Meningkatkan Kemampuan Aspek Psikomotorik Siswa Sekolah Dasar Melalui Hands On Activity Di Kota Cimahi. JURNAL BASICEDU.

Zakky. (2018). pengertian Indikator Menurut Para Ahli Dan KBBI. Retrieved Februari 14, 2019, from Zonareferensi: https://www.zonareferensi.com/pengertian-indikator/.

Downloads

Published

2019-08-13

Issue

Section

Articles