MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEGAK BERSAMBUNG DENGAN MENGGUNAKAN METODE DRILL PADA SISWA KELAS 1 SD

Authors

  • Rini Kurnia Natalita IKIP siliwangi
  • Nurli Situngkir IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v2i1.3084

Abstract

Penggunaan metode drill dalam penelitian ini bertujuan untuk meningktkan keterampilan menulis tegak bersambung pada siswa kelas 1 SDK.Smart Holy Kids tahun ajaran 2018/2019.Populasi dalam penelitian ini semua siswa kelas 1 SDK. Smart Holy Kids. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen quasi (Quasi Eksperimen) dengan teknik pengambilan sampel menggunakan kelas kontrol dan eksperimen . Kelas 1A sebagai kelas eksperimen berjumlah 30 siswa dan Kelas 1B  sebagai kelas kontrol berrjumlah 30 siswa.Kelas eksperimen menggunakan  metode drill dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran biasa (saintifik).Penelitian ini merupakan penelitian ekperimen semu dengan design Group Randomized Control Group Pretest-Posttest Design.Uji normalitas dengan menggunakan metode Shapiro Wilk, uji homogenity dengan metode Levene’s , uji hipotesis dengan menggunakan N-gain score.Keseluruhan uji  memakai  Statistical Product and Service versi 25 dengan taraf signifikansi sebesar 5 %.. Hasil pengujian hipotesis menyimpulkan bahwa metode drill dapat meningkatkan keterampilan menulis tegak bersambung pada siswa.

References

Amend, Karen K. Dasar-dasar Lengkap Analisis Tulisan Tangan . Yogyakarta: Pustaka Remaja, 2014.

Bahri, Syaiful. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Daniels, P.T.,& Bright,W.(Eds). The world's writing systems. Demand: Oxford University Press, 1996.

Dieni, N. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka, 2008.

Elbow, Peter. Writing without teachers dalam menulis. Indonesia: Indonesia publishing, 2010.

Hamdayana. Metodologi Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara, 2016.

Ludvianto, Bayu. Grafo For Sucess Analisis Tulisan Tangan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2011.

Moedjiono, Hasibuan JJ.dan. Proses Belajar Mengajar. Bandung: CV.Remaja Rodaskarya, 2006.

Suyanto, Jihad,A. Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Erlangga grup, 2013.

Tarigan. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa, 2013.

Downloads

Published

2019-08-13

Issue

Section

Articles