PENGGUNAAN EXAMPLES NON EXAMPLES UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA

Authors

  • Cahyani Desanti Desanti IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v2i4.3266

Abstract

Penelitian ini diaflikasikan untuk menelaah kemampuan berpikir kreatif murid yang pembelajarannya memakai metode examples non examples. Serta untuk mengetahui kesukaran saat mengisi soal IPA. Pada penelitian ini penulis menggunakan metode quasi experimental dengan jenis nonequivalent control grup design, sedangkan hipotesis yang dipakai untuk mengetahui selisih hasil pretes dan postes pembelajaran dengan memamakai metode examples non examples. Sampel yang dipakai  di penelitian ini ialah murid kelas IV SDN Jaya Giri, yakni kelas IVa sebagai kelas kontrol, dan kelas IVb selaku kelas eksperimen dengan jumlah keseluruhan sebanyak 60 siswa. Alat  yang dipakai yaitu seperangkat tes pilihan ganda. Data pretest dan posttest dihitung dengan memakai Software SPSS versi 21. Berdasarkan penelitian ini dinyatakan kemampuan berpikir kreatif yang mengunakan metode examples non examples lebih elok dari pada yang menggunakan pembelajaran biasa. Berdasarkan hasil analisis proses pembelajaran telah sesuai dengan tahap-tahap metode examples non examples, ini terlihat dari nilai pretes dan postes di kelas eksperimen dan kontrol terdapat perbedaan dari nilai rata-rata kedua kelas itu. Rata-rata pretes di kelas eksperimen 9,6, rata-rata postes menjadi 13,6, nilai rata-rata di kelas kontrol 8,96, rata-rata postes 12,7. Maka dapat disimpulkan adanya selisih antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. 

Author Biography

Cahyani Desanti Desanti, IKIP Siliwangi

Ikip siliwangi

References

Darusman, R. (2014). Penerapan Metode Mind Mapping (Peta Pikiran) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa SMP. Infinity: Prodi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, Vol 3, No.2, September 2014

Heriawan, A., dkk. (2012). Metedologi Pembelajaran: Kajian Teoritis Praktis. Serang-Banten: LP3G (Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Propesi Guru).

Lestari, K.E. & Yudhanegara, M.R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Maunah, F. (2016). Keefektifan Model Pembelajaran Example Non Example pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas IV SDN Gugus Nusa Indah Kabupaten Demak. Skripsi di terbitkan. Semarang: Universitas Negeri Semarang. Diunduh Tanggal 15 Januari 2019. www.lib.unnes.ac.id

Mugara, R. (2011). Meningkatkan Kompetensi Guru Melalui Penguasaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Jurnal.Upi.Edu.

Ramadhani, dkk. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa SD dalam Menyelesaikan Open-Ended Problem. JPSD, 4 (1), 55-62

Widiawati, N.P & Margunayasa (2015). Analisis Pemahaman Konsep dalam Pelajaran IPA pada Siswa Kelas IV SD Gugus II Kecamatan Banjar. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesa. Volume:3 No:1 Tahun 2015.

Downloads

Published

2019-11-22

Issue

Section

Articles