MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA OPERASI HITUNG PECAHAN UNTUK SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR

Authors

  • Christina Tri Handayani IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v2i5.3369

Abstract

Penelitian ini didasari oleh kemampuan pemecahan masalah operasi hitung pecahan siswa SD yang masih rendah. Maka dibutuhkan model pembelajaran agar kemampuan pemecahan masalah operasi hitung pecahan siswa SD dapat meningkat. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk menelaah pencapaian, peningkatan dan implementasi kemampuan pemecahan masalah menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) operasi hitung pecahan siswa kelas III SD dibandingkan dengan siswa yang memakai pembelajaran biasa. Kuasi eksperimen adalah metode dalam penelitian ini, sedangkan populasinya merupakan seluruh siswa di salah satu SD di Kota Bandung. Kelas eksperimen yaitu kelas III A sebanyak 27 siswa dan sebagai kelas kontrol adalah kelas III B sebanyak 26 siswa. Tes kemampuan pemecahan masalah digunakan sebagai instrumen dalam penelitian ini. Berdasarkan analisis hasil penelitian, didapatkan kesimpulan bahwa kemampuan pemecahan masalah opreasi hitung pecahan siswa kelas III SD yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning tercapai dan meningkat dari pada pembelajaran biasa. Implementasi pembelajaran dengan Contextual Teaching and Learning (CTL), sesuai dengan rancangan pembelajaran. Kegiatan pembelajaran terlihat lebih menyenangkan, siswa juga terlibat  lebih aktif daripada dengan pembelajaran biasa.

Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Operasi Hitung Pecahan, Contextual Teaching and Learning

Downloads

Additional Files

Published

2019-11-22

Issue

Section

Articles