PEMBELAJARAN PEMAHAMAN IPA MATERI SUMBER DAYA ALAM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY PADA SISWA KELAS IV SD

Authors

  • Desi Indriasari Ikip Siliwangi
  • Linda Hania Fasha Ikip Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v5i1.5643

Keywords:

IPA, Model TSTS

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya kemampuan pemahaman dalam pembelajaran IPA pada siswa SDN 004 Cisaranten Kulon, sehingga diperlukan metode pembelajaran untuk mengatasi masalah tersebut. Alternatif metode yang diterapkan yaitu dengan Model pembelajaran Two Stay Two Stray. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Skenario dan Implementasi pembelajaran IPA pada siswa SDN 004 Cisaranten Kulon Kelas IV dengan menggunakan Model pembelajaran TSTS. Respon guru dan siswa SD Kelas IV terhadap pembelajaran IPA dengan menggunakan Model pembelajaran TSTS. Kesulitan siswa Kelas IV dalam menyelesaikan tugas IPA,yang bertujuan untuk menggambarkan upaya yang dilakukan oleh guru dalam memperbaiki kualitas pembelajaran IPA dengan model TSTS, pada awal dan akhir pembelajaran diberikan tes. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas IV SDN 004 Cisaranten Kulon yang berjumlah 16 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Berdasarkan hasil penelitian, maka penulis menyimpulkan bahwa pemahaman siswa dalam mata pelajaran IPA materi sumber daya alam meningkat dari sebelumnya, siswa lebih dapat memahami pembelajaran, percaya diri, aktif, tanggung jawab dan mandiri. Selain itu, pembelajaran juga menjadi menyenangkan, dan efektif. Respon guru dan siswanya pun sangat baik.

References

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pedekatan Praktik. Jakarta. Penerbit Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2010. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamalik, Oemar. 2010. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Huda, Miftahul. 2011. Cooperative Learning: Metode, Teknik, Struktur dan Model Terapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kristiawan. 2013. The Implementation of cooperative Learning in English High School 5 Batusangkar, West Sumatera. http://www.academicjournals.org/IJEAPS. Diakses 24 Desember 2015

Musfikon, H.M 2012. Pedoman Lengkap Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Prestasi Pustaka.

Nursetiaji dkk. 2015. Penerapan Metode Kooperatif TSTS Dalam Pembelajaran . 2008. Tidak diterbitkan.

Poppy dan Anggraeni. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam SD dan MI kelas IV. Jakarta: Pusat Perbukuan.

RIduwan. 2013. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Rositawaty dan Muharam. 2008. Senang Belajar Ilmu Pengetahuan Alam untuk kelas IV SD/MI. Jakarta: Pusat Perbukuan.

Sapriati, Amalia. 2008. Pembelajaran IPA di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Kharisma Putra Utama Offset.

Soedjoko dan Eko Susilo. 2012. Penerapan Pembelajaran TSTS Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Minat. Skripsi. Universitas Negeri Semarang: Tidak diterbitkan

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Sulisworo dan Suryani. 2014. The Effect Of Cooperative Learning, Motivation and Information Technology Literacy to Achievement. Available at http://dx.doi.org/10.5296/ijld.v412.4908. Diakses pada 25 Desember 2015

Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Zulfaidah. 2013. Efektivitas, Efisiensi dan Produktivitas Manajemen Berbasis Sekolah. http://zulfaidah-indriana.blogpspot.co.id/

Downloads

Published

2022-01-24

Issue

Section

Articles