PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION UNTUK MENGUKUR PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA TENTANG BANGUN DATAR PADA SISWA SEKOLAH DASAR KELAS IV

Authors

  • Diana Septiani IKIP SILIWANGI
  • Galih Dani Septiyan Rahayu IKIP SILIWANGI
  • Heris Hendriana IKIP SILIWANGI

DOI:

https://doi.org/10.22460/c.v5i1.5764

Keywords:

Pemahaman Konsep, RME

Abstract

Latar Belakang penelitian ini adalah berawal dari rendahnya kemampuan pemahaman konsep siswa yang disebabkan oleh penggunaan metode konvensional oleh guru dalam mata pelajaran matematika sehingga tidak ada aktivitas siswa dalam mengkondtruk konsep sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran dengan menggunakan pendekatan RME, mengetahui respon siswa dan guru setelah perlakuan pendekatan, dan mengetahui kesulitan yang dialami siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa SD kelas IV di salah satu SD Negeri Cibeber Semester Genap tahun ajaran 2019/2020 dengan jumlah 30 siswa diantaranya 13 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Teknik pengumpulan Data menggunakan tes terlutis, angket, lembar observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menyatakan bahwa Implementasi pembelajaran berjalan sesuai dengan rencana yang telah disiapkan sehingga pembelajaran menjadi lebih baik dengan menggunakan pendekatan RME, Respon Guru dan Siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan pendekatan RME sebaian besar memberikan respon positif, dan Kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal pada nomor 6 dengan indikator Menggunakan dan memanfaatkan serta memilih prosedur atau operasi tertentu dan soal nomor 7 dengan indikator Mengaplikasikan konsep atau algoritma dalam pemecahan masalah. Oleh karena itu, pendekatan RME dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa

References

Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2014). Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen : Revisi Taksonomi Bloom. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Depdiknas, R. I. (2004). Peraturan Tentang Penilaian Perkembangan Anak Didik SMP No. 506/C/Kep/PP/2004 tanggal 11 November 2004. Jakarta: Ditjen Dikdasmen Depdiknas.

Depdiknas. 2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. Jakarta: Depdiknas

Duffin, J.M. & Simpson, A.P. (2000). A. Search for understanding. Journal of Mathematical Behavior. 18(4): 415-427.

Ekawati, R., Junaedi, I., & Nugroho, S. E. (2013). Studi Respon Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Taksonomi Solo. Unnes Journal of Research Mathematics Education, 2(2).

Fathani, A.H. (2012). Matematika Hakikat dan Logika. Yogyakarta: Arruzz Media.

Faturrohman, M. (2015). Model – Model Pembeljaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Hamdani, D., Kurniati, E., & Sakti, I. (2012). Jurnal. Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Dengan Menggunakan Alat Peraga Terhadap Pemahaman Konsep Cahaya Kelas VIII Di SMP Negeri 7 Kota Bengkulu, Vol X 79-88.

NCTM (National Concil of Teacher of Mathematics). (2000). Curriculum and Evaluation Standard for School Mathematics. Reston, Va : NCTM.

Ningsih, Catur Wulan. 2014. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Audit Delay pada Perusahaan Consumer Goods yang Terdaftar di BEI Periode 2009 -2012. Fakultas Ekonomi Universitas Maritim Raja Ali Haji.

Nur’aeni, E. S., Irawati, R., & Julia. (2016). Pengaruh Pendekatan Realistic Matematics Edcation (RME) Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Dan Kepercayaan Diri Siswa Pada Materi Menyederhanakan Pecahan. Jurnal Pena Ilmiah.

Sari, A & Yuniati, S. (2018). Penerapan Pendekatan Realistic Mathemathics Education (RME) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Jurnal Cendikia: Jurnal Pendidikan Matematika

Sumiati, A., Agustini, Y. (2020). Analisis Kesulitan Menyelesaikan Soal Segi Empat Dan Segi Tiga Siswa SMP Kelas VIII Di Cianjur: Jurnal Cendikia: Jurnal Pendidikan Matematika.

Suryadi, D. (2013). DIDACTICAL DESIGN RESEARCH (DDR) DALAM PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA. In A. Nurjaman, R. Sariningsih, I. P. Sari, & G. Kadarisma (Eds.), Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika STKIP Siliwangi Bandung (pp.3-12).

Wijaya, A. (2012). Pendidikan Matematika Realistik, Suatu Alternatif. Pendekatan Pembelajaran Matematika . Yogyakarta: Graha Ilmu.

Downloads

Published

2022-01-24

Issue

Section

Articles