Pembelajaran pemahaman IPA siswa kelas IV sekolah dasar dengan pendekatan model kooperatif teknik Jigsaw

Authors

  • akbar johansyah
  • Fadly Pratama Ikip Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v6i4.5767

Keywords:

Pemahaman IPA, model kooperatif tipe jigsaw

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah pembelajaran pemahaman IPA pada siswa kelas IV dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 195 Isola Kota Bandung dengan jumlah siswa sebanyak 25 orang yang terdiri dari 17 orang siswa laki-laki dan 8 orang siswa perempuan. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi guru dan siswa, soal evaluasi, serta angket guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan kualitas pembelajaran setelah menggunakan dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Hal tersebut ditunjukan dengan nilai rata-rata pemahaman IPA kelas sebesar 80,80 yang tergolong dalam kategori baik, nilai tertinggi siswa sebesar 95 dan nilai terendah sebesar 65. Ketuntasan belajar siswa menunjukan 96,0% siswa mendapatkan nilai diatas kriteria ketuntasan minimum dan 4,0% masih mendapat nilai dibawah nilai kriteria ketuntasan minimum

References

Anas Sudijono. (2013). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT. Raja Grafindo

Aris, Shoimin.(2014). Model Pembelajaran inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media

Bloom, Benjamin S,Etc. (2013). Taxonomy of Educational Ovjectives: The classification of Educational Goals, Handbook I Cognitive Domain. New York : Longmans, Green and Co

Depdiknas. (2003). Undang-Undang No.20 Tahun 2003 Tentang Sisdiknas. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional

Isjoni. (2009). Cooperative Learning Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Bandung : Alfabeta

Lestari, K.E., dan Yudhanegara, M.R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung : PT. Refika Aditama

Lie. (2008). Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta : Grasindo

Rusman. (2008). Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Diakses dari http://belajar psikologi.com/model-pembelajaran-kooperatif-jigsaw/

Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran. Bandung : PT. Rajagrafindo Persada

Slavin, Robert E. (2005). Cooperative Learning. Londong : Allymand Bacon

Sugiyono. (2015). Metode Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. bandung : Alfabeta

Susilawati, W. (2012). Belajar dan Pembelajaran Matematika. Bandung : CV Insan Mandiri

Suwangsih ,Erna dan Tiurlina. (2006). Model Pembelajaran Matematika. Bandung : UPI Press

Trianto. (2007). Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta : Prestasi Pustaka

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta : Bumi Aksara

Downloads

Published

2023-07-30

Issue

Section

Articles