PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENGUKUR PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS 2 SEKOLAH DASAR PADA MATERI IPA TEMA 6 MERAWAT HEWAN DAN TUMBUHAN

Authors

  • Reni Anggun Anggraeni Ikip Siliwangi
  • Medita Ayu Wulandari Ikip Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v5i1.5825

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat  implementasi penerapan model Problem Based Learning  (PBL) pada pembelajaran IPA, Respon terhadap penerapan model Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran IPA dan Kesulitan-kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan tugas-tugas pembelajaran IPA dengan model Problem Based Learning (PBL). Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Temuan penelitian diantaranya adalah Implementasi dan Model Problem Based Learning (PBL) terbukti dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa terutama pada tema 6 merawat hewan dan tumbuhnan, skenario dan implementasi Model Problem Based Learning (PBL) tercantum dalam RPP, Silabus dan prosedur penerapan Model Problem Based Learning (PBL), Siswa merespon positif model pembelajaran Problem Based Learning dan terdapat kesulitasn peserta didik dalam beberapa kegiatan yaitu 1) kegiatan bertanya terkait materi pelajaran 2) kegiatan menjawab pertanyaan guru dan kelompok lain yang sedang presentasi 3)kegiatan menyampaikan pendapat dan 4) kegiatan menjelaskan disertai dengan diagram dan gambar.

References

Desvitasari, Linda. (2012). Peningkatan Motivasi dan Pemahaman Konsep IPA dengan Penggunaan VCD Pembelajaran pada Siswa Kelas IV SDN Karangmojo III Gunungkidul (Skripsi). Universitas Negeri Yogyakarta: Tidak diterbitkan.

Kristyanawati, Martanti, dkk. (2019). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Menggunakan Model Problem Based Learning. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(2), 192–202. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i2.p192-202

Kusuma, N. A., Irhandayaningsih, A., & Kurniawan, A. T. (2015). ANALISIS PENGGUNAAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN ( Studi Kualitatif Siswa Tunarungu SD Kelas V di SLB Negeri Semarang ). 4(2), 1–10.

Puspita, Eka, dkk. (2015). Analisis Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pembelajaran Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Kelas X IIS.1 SMAN 1 Mendoyo. Journal Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1), 1–12.

Suryahadi, B. W., Marsela, G., Aprianingsih, N., Novitasari, & Aulia, R. 2018. (2018). PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA MENGGUNAKAN TEKS EKSPLANASI DAN PEMANFAATNYA SEBAGAI MATERI AJAR TINGKAT SMK. 73–264.

Toharudin, Uus, Sri Hendrawati, dan Andrian Rustaman. (2011). Membangun Listerasi Sains Peserta Didik. Bandung: Humaniora.

Downloads

Published

2022-01-24

Issue

Section

Articles