Pembelajaran daring seni tari keterampilan gerak tari kreasi siswa SD kelas VI menggunakan media audiovisual

Authors

  • Isti Nur Meisusanti Ikip Siliwangi
  • Ruli Setiyadi IKIP Siliwangi
  • Linda Hania Fasha IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v6i6.7231

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu guna menelaah pembelajaran daring seni tari pada keterampilan gerak tari kreasi siswa SD kelas VI menggunakan media audiovisual. Penelitian ini memakai metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah 1 orang pengajar dan 30 peserta didik kelas VI. Isnturmen yang dipergunakan yaitu bahan ajar berupa video, RPP, angket juga wawancara peserta didik dan guru. Hasil penelitian membuktikan bahwa skenario serta penerapan yang sudah dilakukan pengajar telah sesuai aktivitas pembelajaran, respon siswa dan guru terhadap pembelajaran menunjukan hal yang positif, kesulitan siswa dalam menyelesaikan tugas salah satunya sulit membangun penjiwaan serta ekspresi, kendala yang dihadapi guru terhadap pembelajaran daring salah satunya dari segi jaringan dan mengekmas materi agar menarik, RPP yang di gunakan sudah baik dan sesuai dengan pembelajaran daring serta media yang digunakan menarik bagi siswa dan bisa dipahami oleh siswa.

This study aims to examine the online learning of dance movement skills created by grade VI elementary school students using audiovisual media. The research method used is descriptive qualitative. The subjects in study were 1 teacher and 30 grade VI students. The elements used were lesson plans, teaching materials in the form of videos, questionnaires and interviews with students and teachers. The results showed that the scenario and implementation that had been carried out by the teacher were in accordance with learning activities, the responses of students and teachers to learning showed positive things, the difficulties of students in completing tasks, one of which was difficult to build psychology and expression, the obstacles faced by teachers with online learning were one of them. In terms of networking and massaging the material to be interesting, the lesson plans used are good and in accordance with online learning and the media used are attractive to students and can be understood by students.

References

Asyhar, R. (2011). "Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran". Jakarta : Rajawali Press.

Bilfaqih, Y., & Qomarudin, M. N. (2015). "Esensi Pengembangan Pembalajaran Daring". Deepublish, 1(1), 131. https://doi.org/10.1109/ICASI.2017.7988469

Cipta, E. G. E. (2019). "Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran Seni Tari Tradisional di Sekolah Dasar". Peran Pendidikan Dasar Dalam Menyiapkan Generasi Unggul Di Era Revolusi Industri 4.0, April, 127–137.

Herliandry, L. D., Nurhasanah, Suban, M. E., & Heru, K. (2020). "Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19". Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70. https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/397

Mulyani, N. (2016). Pendidikan Seni Tari Anak Usia Dini. Gava Media.

Musfiqon. (2012). Pengembangan Media & Sumber Pembelajaran. Prestasi Pustaka Raya.

Pekerti, W. (2012). Metode Pegembangan Seni Pada Anak. Jakarta : Universitas Terbuka.

Pohan, A. E. (2020). Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. CV Sarnu Untung. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=s9bsDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR3&dq=pengertian+pembelajaran+daring&ots=CsUUR7DlOg&sig=yt69ch_yw-4rJi-CoKbg6100Sxg&redir_esc=y#v=onepage&q=pengertian pembelajaran daring&f=false

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Choi, C. H., & Putri, R. S. (2020). "Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar". EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1–12. https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/397

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). "Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19". Biodik, 6(2), 109–119. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759

Sevina, F. (2016). "PENDEKATAN MULTISENSORI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN GERAK TARI". Universitas Pendidikan Indonesia | Repository.Upi.Edu | Perpustakaan.Upi.Edu, 1–15.

Sudarto. (2016). "Keterampilan dan Nilai Sebagai Materi Pendidikan dalam Perspektif Islam". Jurnal Al-Lubab, 1(1), 105–120. http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pip/article/view/7506/5363

Sugiyono. (2018). "Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D". Alfabeta.

Downloads

Published

2023-11-30

Issue

Section

Articles