COMPARISON PROBLEM SOLVING MATHEMATICS STUDENTS JUNIOR HIGH SCHOOL IN CIMAHI CITY BETWEEN USING MURDER COLLABORATIVE LEARNING MODEL WITH USING A SAINTIFIC APPROACH
DOI:
https://doi.org/10.22460/jiml.v1i2.p123-129Keywords:
Mathematical problem solving, collaborative learning MURDER, scientific approachAbstract
References
Fazrin, N. (2010). Penerapan Teknik MURDER dalam Pengajaran Pembelajaran Berdiskusi pada Siswa SMK PGRI 2 Cimahi [Online]. Tersedia: http://www.repository.upi.edu. (Diakses 8 Juli 2015)..
Hasanah, L. N. (2016). Perbandingan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Negeri di Kota Cimahi antara yang Menggunakan Model Pembelajaran Kolaboratif MURDER dengan yang Menggunakan Pendekatan Saintifik [Studi Pemula]. Cimahi: Tidak diterbitkan.
Herdian (2010). Model Pembelajaran Kolaboratif MURDER [Online]. Tesedia: http://herdy07.wordpress.com/2010/05/27/model-pembelajaran-kolboratif-MURDER. (Diakses 8 Juli 2015).
Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indoensia.
Juanda, R. Y. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Mood-Understand-Recall-Digest-Expand-Review untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Tesis UPI. Bandung: Tidak diterbitkan.
Komariah, K. (2011). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Solving Model Polya untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah bagi Siswa Kelas IX-J di SMPN 3 Cimahi [Online]. Tersedia: http://www.core.ac.uk/download/pdf/11064766.pdf. (Diakses 5 Juli 2015).
Kusmiati, E. (2012). Pengaruh Pendekatan Open Ended terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. Skripsi STKIP Siliwangi. Cimahi: Tidak diterbitkan.
Marlina, M. (2015). Perbandingan Kemampuan Penalaran Matematik Siswa SMP Negeri di Kota Cimahi antara yang Pembelajarannya Menggunakan Pendekatan Problem Solving dengan Pendekatan Saintifik. Skripsi STKIP Siliwangi. Cimahi: Tidak Diterbitkan.
Rahmawati, I. (2014). Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Model Silver terhadap Peningkatan Kemampuan Representasi dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP [Online]. Tersedia: http://repository.upi.edu. (Diakses 8 Juli 2015).
Ruseffendi, E. T. (2006). Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.
Saidah, N. (2014). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Materi Pecahan melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia pada Siswa Kelas IV SD 2 Gribid Tahun Pelajaran 2013/2014 [Online]. Tersedia: http://eprint.umk.ac.id/3175/1/1.-bagian-awal.pdf. (Diakses 8 Juli 2015).
Srimulyati, S. (2014). Penerapan Pendekatan Open-Ended terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa MTs. Skripsi STKIP Siliwangi. Cimahi: Tidak diterbitkan.
Wijayanti, A. (2012). Penerapan Model Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siwa SMP Bandung [Online]. Tersedia: http://wijayantianisa.blogspot.com/2012/07/penerapan-model-connecting-organizing.html#. ( Diakses 25 juni 1015).