Analysis of Mathematical Creative Thinking Abilities of High School Students in West Bandung Regency
DOI:
https://doi.org/10.22460/jiml.v6i2.15580Keywords:
Mathematical Creative Thinking Ability, Sequence and Series, High School StudentsAbstract
References
Akbar, A. (2020). Kemampuan Mahasiswa Dalam Penyusunan Soal Pilihan Ganda. Attadib: Journal of Elementary Education, 4(1), 44–53. https://doi.org/10.32507/attadib.v4i1.629
Arikunto, S. (2007). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara.
Artikasari, E. A., & Saefudin, A. A. (2017). Menumbuh kembangkan kemampuan berpikir kreatif matematis dengan pendekatan contextual teaching and learning. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 3(2), 73–82. https://doi.org/10.29407/jmen.v3i2.800
Farida, N. (2015). Analisis kesalahan siswa SMP kelas VIII dalam menyelesaikan masalah soal cerita matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 4(2), 42–52. https://doi.org/10.24127/ajpm.v4i2.306
Fatahillah, A., Wati, Y. F., & Susanto, S. (2017). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan tahapan newman beserta bentuk scaffolding yang diberikan. Kadikma, 8(1), 40–51.
Fisher, D., Yaniawati, R. P., & Mariani, M. (2019). Pendekatan saintifik berbasis e-learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis dan self-confidence. Jurnal Analisa, 5(2), 137–151. https://doi.org/10.15575/ja.v5i2.6234
Gunawan, A. (2017). Analisis kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita pada mata pelajaran matematika siswa kelas V SDN 59 Kota Bengkulu. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(1), 1–10.
Halim, F. A., & Rasidah, N. I. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Aritmatika Sosial Berdasarkan Prosedur Newman. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 35–44. https://doi.org/10.30656/gauss.v2i1.1406
Hanipah, N. (2018). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA MTs PADA MATERI LINGKARAN. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(1), 80–86. https://doi.org/10.24127/ajpm.v7i1.1316
Haryati, T., Suyitno, A., & Junaedi, I. (2016). Analisis kesalahan siswa SMP kelas VII dalam menyelesaikan soal cerita pemecahan masalah berdasarkan prosedur newman. Unnes Journal of Mathematics Education, 5(1), 8–15. https://doi.org/10.22219/mej.v1i1.4550
Indrawati, K. A. D., Muzaki, A., & Febrilia, B. R. A. (2019). Profil berpikir siswa dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linear. Jurnal Didaktik Matematika, 6(1), 68–83. https://doi.org/10.24815/jdm.v6i1.12200
Kemendikbud. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 20 Tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah. Kemendikbud.
Lestari, N., & Zanthy, L. S. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Smk Di Kota Cimahi Pada Materi Geomertri Ruang. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(4), 187–196. https://doi.org/10.22460/jpmi.v2i4.p187-196
Marliani, N. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP). Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(1), 14–25. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i1.166
Meika, I., & Sujana, A. (2017). Kemampuan berpikir kreatif dan pemecahan masalah matematis siswa SMA. JPPM (Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika), 10(2), 8–13. https://doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2025
OECD. (2019). No Title. Result by Country. https://www.oecd.org/pisa/publications/PISA2018_CN_IDN.pdf.
Putra, H. D., Akhdiyat, A. M., Setiany, E. P., & Andiarani, M. (2018). Kemampuan berpikir kreatif matematik siswa SMP di Cimahi. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 9(1), 47–53. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i6.p1045-1054
Rasnawati, A., Rahmawati, W., Akbar, P., & Putra, H. D. (2019). Analisis kemampuan berfikir kreatif matematis siswa SMK pada materi sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV) di kota Cimahi. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 164–177. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.87
Santi, I., Maimunah, M., & Roza, Y. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Smk Pada Materi Barisan Dan Deret Di Kota Pekanbaru. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(2), 95–106. https://doi.org/10.31316/j.derivat.v6i2.500
Saparwadi, L. (2022). Kesalahan Siswa SMP dalam Memahami Masalah Matematika Bentuk Soal Cerita. MATHEMA: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 1–12.
Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. PT Fajar Interpratama Mandiri.
Utami, H. S., & Puspitasari, N. (2022). Kemampuan pemecahan masalah siswa smp dalam menyelesaikan soal cerita pada materi persamaan kuadrat. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(1), 57–68. https://doi.org/10.31980/powermathedu.v1i1.1916
Utari, D. R., Wardana, M. Y. S., & Damayani, A. T. (2019). Analisis kesulitan belajar matematika dalam menyelesaikan soal cerita. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 534–540. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.22311
Wulansari, S., & Astuti, D. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas XI pada Materi Jumlah dan Selisih Sinus Kosinus. Tsaqila Jurnal Pendidikan Dan Teknologi, 2(2), 81–88. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i2.1755
Zanthy, L. S. (2019). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA TENTANG MATERI PELUANG. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(4), 155–160. https://doi.org/10.22460/jpmi.v2i4.p155-160