The Implementation of Understanding by Design Approach in Mathematics Learning on Elementary School
DOI:
https://doi.org/10.22460/jiml.v6i2.16304Keywords:
Understanding by Design Approach, Learning Design, Mathematics Learning, Elementary SchoolAbstract
References
Abidin, Y. (2016). Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013.
Asari, A. (2014). Penggunaan Backward Design dalam Merancang Pembelajaran Matematika bernuansa Obersavation-Based Learning. Conferense Paper.
Ipmawan, A., & Kharisma. (2020). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Gatotkaca Terbang Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran.
Joshi, S. (2021). Evaluation of the Implementation of Understanding by Design Processes in Select Minnesota Public Schools.
Kuntari, F., Rondonuwu, F., & Sudjito, D. (2019). Understanding by Design (UbD) for the Physics Learning about Parabolic Motion. Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA).
Lagos, J. (2020). Validasi Modul Fungsi Eksponensial dan Logaritma Menggunakan RPP Understanding by Design untuk Siswa Kelas 11 Matematika. Jurnal Penelitian Pendidikan Afrika.
Mctighe, J., & Brown, P. (2020). Standars are not curriculum using understanding by design to make the standars come alive. Methods & Strategies.
McTighe, J., & Hibah, W. (2015). Improve Curriculum, Assesment, and Instuction Using the Understanding by Design Framework. Hawker Brownlow Education.
Melike. (2021). The effectiveness of Understanding by Design Model In Science Teaching: A Quasi-experimental Study. Eurasian Journal of Educational Research.
Nool, N. (2012). Keterlibatan Matematika dan Kinerja Siswa Sekolah Menengah di Ruang Kelas Menggunakan Kerangka Kerja Understanding by Design (UBD). Tinjauan In-House dari Penelitian yang Diselesaikan. Tarlac City: Tarlac State University.
Pertiwi, S., & dkk. (2019). Perancangan Pembelajaran Fisika tentang Rangkaian Seri dan Paralel untuk Resistor Menggunakan Understanding by Design (UbD). Jurnal Sains dan Edukasi Sains.
Prasela, N., R. Witarsa, R., & Ahmadi, D. (2020). Prinsip-Prinsip Dalam Pengembangan Kurikulum]. Palapa.
Sholihah, Alin, D., & Mahmudi, A. (2015). Keefektifan Experiential Learning Pembelajaran Matematika Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika.
Suryapermana, N. (2017). Manajemen Perencanaan Pembelajaran. Tarbawi.
Yovinda, A. (2014). Pengembangan Rancangan dan Pelaksanaan Pembelajaran dengan Pendekatan Understanding by Design pada Materi Massa Jenis di Kelas VII B SMP X. Skripsi: Universitas Sanata Darma.
Yurtseven, N., & Altum, S. (2017). Understanding by Design (UbD) in EFL Teaching: Teachers’ Professional Development and Students’ Achievement. Educational Scientes: Theory & Pratice.
Zawacki, O. (2020). Systematic Reviews in Educational Research. Germany: Springer Nature. Germany: Springer Nature.
Zulfa, N. I. (2022). Kemampuan Berpikir Kristis Siswa Sekolah Dasar dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Materi Kecepatan dan Debit Ditinjau dari kemampuan awal. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.