The Implementation of Scientific Approach to Increase Mathematical Understanding Ability on Junior High School Students
DOI:
https://doi.org/10.22460/jiml.v6i3.17612Keywords:
Mathematical Understanding Ability, Scientific Approach, Junior High SchoolAbstract
References
Akbar, M., Novaliyosi, & Ihsanudin. (2023). Analisis Keslaahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Kemampuan Berpikir Kritis Berdasarkan Metode Watson. Jurnal: Inovasi Dan Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 124–132. https://doi.org/http://www.jurnal.untirta.ac.id/index.php/wilangan
Amin, N., Hakim, F., & Gazali, M. (2022). Analisis Kesulitan Siswa Kelas VII dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Operasi Bentuk Alajabar. Jurnal Pendidikan Matematika: Judika Education, 5(2), 176–186. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/judika.v5i2.4998
Ariyanti, S. N., & Setiawan, W. (2019). Analisis Kesulitan Siswa Smp Kelas Viii Dal Am Menyelesaikan Soal Pola Bilangan Berdasarkan Kemampuan Penalaran Matematik. Journal on Education, 1(2), 390–399. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/79
Fauzan, M., Saleh, N. T., & Prabowo, A. (2019). Penerapan Pembelajaran Model PBL dengan Metode Tutor Sebaya pada Materi Statistika untuk Meningkatkan Ketuntasan Klasikal Siswa Kelas XII MIPA 1 SMAN 9 Semarang Tahun Pelajaran 2018 / 2019. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2(2), 403–409. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/
Fauziyah, N., Runisah, & Taufan, M. (2021). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa melalui Pendekatan Saintifik dengan Tipe Soal Open Ended. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 36–42. https://doi.org/10.30605/proximal.v4i1.478
Firmansyah, Akbar, H., & Alhairi. (2023). Pengembangan Buku Saku Praktis Hadits Arba’in Karangan Imam An-Nawawi untuk Kemampuan Menghafal Hadits Arba’in ( Study Pada Santri Pondok Pesantren Syafa’aturrrasul 2 Putra Kabupaten Kuantan Singingi Provinsi Riau. JOM FTK UNIKS (Jurnal Online Mahasiswa FTK UNIKS), 3(2), 69–75. https://ejournal.uniks.ac.id/index.php/JOM/article/view/3009
Fitria, R., Imswatama, A., & Balkist, P. S. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa MTs Plus As-Sa’idah pada Materi Aljabar. Prisma, 11(2), 457–466. https://doi.org/10.35194/jp.v11i2.2451
Megati, A., Nisa, K. R., Febriyanti, & Bhute, Y. B. (2022). Pengaruh Pendekatan Scientific terhadap Pemahaman Konsep Peserta Didik pada Materi Larutan Elektrolit dan Non-Elektrolit di SMA Negeri I Talibura. Jurnal CHEMUR, 5(1), 14–19. http://jurnal.ikipmumaumere.ac.id/index.php/chemur
Meliana, E. V. A. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik pada Materi Aljabar Kelas VII SMP Islam Manbaul Ulum Kebomas Gresik.
Mulyani, A., Indah, E. kurnia N. I., & Satria, A. P. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP pada Materi Bentuk Aljabar Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 251–262. http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa%0AI.
Nurzaman, W., Fitriani, N., & ... (2022). Penerapan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP pada Materi SPLDV. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(3), 693–702. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i3.693-702
Putra, H. D., Setiawan, H., Nurdianti, D., Retta, I., & Desi, A. (2018). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP di Bandung Barat. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 11(1), 19–30. https://doi.org/10.30870/jppm.v11i1.2981
Rahmawati, D., Fitrianna, A. Y., & Afrilianto, M. (2022). Penerapan Model PBL terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Kelas VII pada Materi Himpunan. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(6), 1725–1734. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i6.1725-1734
Rajab, A., Baharullah, & Husniati. (2023). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) terhadap Kemampuan Pemahaman Matematika dan Kemandirian Siswa Kelas V Se-Gugus IV Kec. Tellu Siattinge Kabupaten Bone. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(4), 1517–1534. https://doi.org/10.35931/am.v6i4.1421
Rathomi, A. (2019). Pembelajaran Bahasa Arab Maharah Qira’Ah melalui Pendekatan Saintifik. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 558–565. https://doi.org/10.29313/tjpi.v8i1.4315
Ritonga, M., Matondang, Y., Miswan, & Parijas. (2020). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas dalam Meningkatkan Kompetensi Guru MIN 1 Pasaman Barat. Jurnal ADIMAS, 4(2), 76–82. https://journal.umpo.ac.id/index.php/adimas/article/view/2106
Rizqiyah, F. (2022). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Berbantuan Role Playing Game Berbasis Realistic Mathematic Education Pada Materi Program Linear. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SNPM) III, 3(1), 62–74. http://fkip-unswagati.ac.id/ejournal/index.php/snpm/article/view/937%0Ahttp://fkip-unswagati.ac.id/ejournal/index.php/snpm/article/viewFile/937/438
Rowiyah, & Fitrianna, A. Y. (2022). Meningkatkan Motivasi Belajar Kelas XI di SMK dengan Menggunakan Model Problem Based. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(5), 1359–1368. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i5.1359-1368
Ruslau, M. F. V., Suryani, D. R., & Mutmainnah, L. Z. (2018). Journal of honai math. Journal of Honai Math, 1(2), 93–102. https://doi.org/https://doi.org/10.30862/jhm.v1i2.1044
Sarwoedi, Marinka, D. O., Febriani, P., & Wirne, I. N. (2018). Efektifitas Etnomatematika dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 03(02), 171–176. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr/article/view/7521
Yanti, R., Laswadi, L., Ningsih, F., Putra, A., & Ulandari, N. (2019). Penerapan pendekatan saintifik berbantuan geogebra dalam upaya meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 10(2), 180–194. https://doi.org/10.26877/aks.v10i2.4399