Kajian Feminisme Dalam "Novel Cantik Itu Luka" Karya Eka Kurniawan

Authors

  • Anisa Kurniawati IKIP Siliwangi
  • Lili Liana IKIP Siliwangi
  • Nandya Putriani Asharina IKIP Siliwangi
  • Indra Permana IKIP Siliwangi

Keywords:

Novel, gender, feminism, patriarchy, colonialism

Abstract

This journal aims to this describe kinds of gender inequality, sexual violence, and the main character struggle named Dewi Ayu to fight against women's downtrodden over men in post-colonial era in a novel Cantik Itu Luka by Eka Kurniawan. The way text reveals the ideas of the characters is less-explicit and tend to have depraved behavior even you unexpected form and direction. the patriarchy damages the main character pleasant to become a prostitute and assume that a woman is just stereotype and inferior. This research is based on the feminism-analysis theory. The data analyzed shows that the figure Dewi Ayu is a form of negotiation toward the colonialism.

Author Biographies

Anisa Kurniawati, IKIP Siliwangi

Anisa Kurniawati, dilahirkan di Bandung 23 Maret 1997 dan tinggal di kabupaten Bandung. ia menyelesaikan sekolah dasar di SDN 3 Cangkuang, melanjutkan sekolah menengah pertama di SMPN 2 Rancaekek, lalu sekolah menengah atas di SMA Bina Muda dan sekarang menjadi salah satu mahasiswa di IKIP Siliwangi Bandung jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Selama menjadi seorang mahasiswa ia aktif di salah satu organisasi yang ada di kampus yaitu Himadiksatrasia.

Lili Liana, IKIP Siliwangi

Lili Liana, dilahirkan di Bangka 6 Mei 1996 dan tinggal di kota cimahi. ia menyelesaikan sekolah dasar di SDN 11 kapit, melanjutkan sekolah menengah pertama di MTS Plus Bahrul Ulum Islamic Centre Sungeliat Bangka, lalu sekolah menengah atas di SMA MTS Plus Bahrul Ulum Islamic Centre Sungeliat Bangka dan sekarang menjadi salah satu mahasiswa di IKIP Siliwangi Bandung jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Selama menjadi seorang mahasiswa ia aktif di salah satu organisasi yang ada di kampus yaitu BEM.

Nandya Putriani Asharina, IKIP Siliwangi

Nandya Putriani Asharina, dilahirkan di Bandung 22 Desember 1996 dan tinggal di kota Bandung. ia menyelesaikan sekolah dasar di SDN Arjasari Barat 1, melanjutkan sekolah menengah pertama di SMPN 1 Katapang, lalu sekolah menengah atas di SMA Karya Pembangunan Margahayu dan sekarang menjadi salah satu mahasiswa di IKIP Siliwangi Bandung jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia.

Indra Permana, IKIP Siliwangi

Indra permana lahir di Magetan 27 Februari 1984. beliau melanjutkan studi S1 di salah satu perguruan negeri yakni, UNPAD jurusan Bahasa Indonesia dan melanjutkan S2 di Universitas Pendidikan Indonesia jurusan pendidikan bahasa Indonesia.

References

Endraswara, S. Metodologi Penelitian Sastra. Buku Seru: 2013

Kurniawan, E. 2012. Cantik Itu Luka. Gramedia: Jakarta

Lestari, R.D. 2015. Kompleksitas Gender dalam Karya Sastra Indonesia. Jurnal Semantik, Vol. 4 No. 1, Februari 2015.

Naurani. 2010. Pengertian belajar bab II. [online] tersedia: http://digilip.unila.ac.id/10355/15/bab%20II.pdf. Diakses 2 februari 2018.

Ratna, N.K. 2010. Sastra dan Cultural Studies: Berpresentasi Fiksi dan Fakta. Pustaka Pelajar: Yogyakarta

Ryan, Michael. 2011. Teori Sastra Sebuah Pengantar Praktis. Jalasutra: Yogyakarta

Ritzer, G dan Smart, B. 2014. Handbook Teori Sosial. Nusa Media: Bandung

Som, S.W & Hasanah, F. 2017. Representasi Femme Fatale dalam Novel Cantik Itu Luka Karya Eka Kurniawan. Jurnal Ilmu Sastra, Vol. V No. 1, Juli 2017.

Yulianti. Y. 2007. Psikoanalisis Dalam Cantik Itu Luka Karya Eka Kurniawan. Jurnal Litera, Vol.5 No.2, Oktober 2007.

Wiyatmi. 2007. representasi peran dan relasi gender dalam novel cantik itu luka karya eka kurniawan dan novel nayla karya djenar maesa ayu. Jurnal Litera, Vol. 8 No. 1, April 2009.

Permata, dkk. 2016. Dinamika Maskulinitas dalam Novel Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas Karya Eka Kurniawan. Jurnal Metasastra, Vol. 9 No. 1, Juni 2016: 13-24

Downloads

Published

2019-02-07