Implementasi Metode Tilawati melalui Kartu Peraga untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Reseptif Pada Anak Usia Dini

Penulis

  • Ai Siti Saadah Raudhatul Athfal (RA) Daarul Amanah, Cimahi
  • Ema Aprianti Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Cimahi

Kata Kunci:

Tilawati Method, Display Card, Receptive Lan-guage

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan membaca huruf hijaiyah dengan metode tilawati dan media youtube untuk meningkatkan kemampuan bahasa reseptif pada kelompok B di TPQ Daarul Amanah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan metode deskriptif dengan subjek guru dan peserta didik. Hal ini dilakukan untuk membimbing peserta didik karena lemahnya kemampuan anak dalam membaca Iqra maupun alqur’an. Metode dan media yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan tersebut adalah metode tilawati dan menggunakan media youtube. Tekhnik analisis pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh menunjukan bahwa: tujuan pembelajaran tilawati di TPQ Daarul Amanah, agar peserta didik mampu membaca  iqra mau pun alqur’an dengan baik dan benar sesuai ketentuan makhrojul huruf. Metode pembelajaran tilawati menggunakan tiga nada rost (datar, naik, dan turun). Materi pembelajaran tilawati ini yaitu mengenal huruf hijaiyah dengan makhrojul huruf. Evaluasi yang dilakukan yaitu dengan evaluasi pekanan, semester, dan akhir tahun.

Referensi

Asy-Syahida, S. N., & Rasyid, A. M. (2020). Studi komparasi metode talaqqi dan metode tilawati dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an. Jurnal Pendidikan Is-lam Indonesia, 4(2), 186-191. https://doi.org/10.35316/jpii.v4i2.192

Ayu, S. M., & Junaidah, J. (2019). Pengembangan Akhlak pada Pendidikan Anak Usia Dini. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 8(2), 210-221. https://www.researchgate.net/publication/332399919_Pengembangan_Akhlak_pada_Pendidikan_Anak_Usia_Dini

Delfita, R. (2012). Meningkatkan kemampuan berbahasa anak melalui permainan gambar dalam bak pasir di Taman Kanak-Kanak Bina Anaprasa Mekar Sari Padang. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 1(5). 1-10. https://doi.org/10.24036/1700

Iswanto, J. (2021). Peningkatan Kemampuan Baca Tulis Pegon bagi Guru dan Santri Di TPQ dan Madin Baiturrohman Sugihan Duren Sawahan Nganjuk. JANAKA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 1-11. https://ejournal.staidapondokkrempyang.ac.id/index.php/janaka/article/view/225

Khasanah, N. (2016). Pengaruh Metode Bercerita terhadap Kemampuan Bahasa Reseptif pada Anak Kelompok B TK PERTIWI II Metuk Mojosongo Boyolali Tahun Ajaran 2015/2016 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta). https://eprints.ums.ac.id/42615/

Mulyani, D., Pamungkas, I., & Inten, D. N. (2018). Al-Quran Literacy for Early Child-hood with Storytelling Techniques. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 202-210. 10.31004/obsesi.v2i2.72

Jamaluddin, A. (2018). Model Pendidikan Karakter Terhadap Anak Usia Dini Dalam Perspektif Alquran (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara). http://repository.uinsu.ac.id/11559/

RUDI, I. (2021). PENGARUH METODE TILAWATI TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN AL-QUR’AN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TPA AL-KAUTSAR DESA PURWODADI KECAMATAN TRIMURJO (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung). repository.radenintan.ac.id

Setianingsih, H. P. (2016). Meningkatkan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah Menggunakan Metode Tilawati pada Anak Kelompok B6 di TK ABA Karangkajen Yogyakarta. Pendidikan Guru PAUD S-1, 5(3), 327-336. https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgpaud/article/view/1263

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syaikhon, M. (2017). Penerapan Metode Tilawati Dalam Pembelajaran Membaca Alqur’an Pada Anak Usia Dini Di Kb Taam Adinda Menganti Gresik. Education and Human Development Journal, 2(1). 109-118. https://doi.org/10.33086/ehdj.v2i1.394

Syarifuddin, A. (2004). Mendidik anak: membaca, menulis dan mencintai Al-Quran. Depok: Gema Insani.

Umar, J., Ali, M., & Lestari, S. (2014). Peningkatan Kemampuan Membaca Melalui Metode Tilawati Dengan Alat Peraga Kartu Huruf Hijaiyyah Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 3(10). http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i10.6794

Wulandari, H., & Pangastuti, R. (2020). Pengembangan Aplikasi Kseshatan Berbasis Mobile Untuk Pemantauan Detekti Dini Tumbuh Kembang (DDTK) Anak Usia 4-6 Tahun 2020. Al Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini. 3 (1). 98-111. https://pdfs.semanticscholar.org/5438/df4d945ac46851a73d21178dcafc4edc2e11.pdf

Unduhan

Diterbitkan

2024-05-18