Pasir Kinetik sebagai Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Kretivitas Seni Rupa Anak Usia Dini
Kata Kunci:
Creativity, Kinetic Sand, Fine ArtAbstrak
Kreativitas seni rupa yaitu kemampuan seni rupa yang memiliki ide yang baik dalam seni rupa atau disebut seni menggambar dan mewarnai. Kreativitas seni rupa dimiliki setiap anak usia dini, anak usia dini, anak usia yang berada dalam masa golden age yang berusia 0-6 tahun. Anak usia dini sangat suka melakukan permainan, salah satunya pasir kinetik. Pasir Kinetik adalah permainan dari bahan pasir pantai dengan berwarna-warni dan tidak berbahaya dapat digunakan oleh anak. Maka peneliti melakukan penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan kreativitas seni rupa anak usia dini melalui permainan pasir kinetik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan di TPA Hati Bunda pada kelompok B, dengan subjek yang berjumlah 4 anak, yaitu 2 anak perempuan dan 2 anak laki-laki. Analisis data menggunakan reduksi data. Reduksi data adalah memilih data yang penting dengan kebutuhan yang ada untuk penelitian dengan cara mengolah data dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan hasil bahwa yang dicapai yaitu: Indikator yang pertama, anak dapat membuat berbagai macam bentuk dengan tingkat perkemangan mulai berkembang sangar baik (BSB) 100%, Indikator yang ke dua Anak memilih warna pasir kinetik yang tersedia dengan tingkat perkembangan berkembang sesuai harapan (BSH) dengan 80%, sedangkan tingkat perkembangan berkembang sangat baik (BSB) dengan 20%. Maka dapat disimpulkan bahwa penelitian ini berhasil terlihat dari dua grafik diatas, bahwa terjadi perubahan dalam setiap indikatornya.
Referensi
Bahari, J. I., & Hamidah, U. N. (2022). Optimalisasi kemampuan motorik halus siswa melalui media kinetic sand di tk bahrul ulum bangorejo banyuwangi. Jurnal Tarbiyatuna: Kajian Pendidikan Islam, 6(1), 132-145. https://doi.org/10.29062/tarbiyatuna.v6i1.1305
Destiani, A., Saparahayuningsih, S., & Wembrayarli, W. (2016). Upaya peningkatan kre-ativitas seni rupa siswa melalui teknik pencetakan dengan bantuan Media Asli. Jurnal Ilmiah Potensia, 1(1), 7-14. https://doi.org/10.33369/jip.1.1.7-14
Dewi, D. K., Iswantiningtyas, V., & Nugroho, I. H. (2021, December). Bermain Pasir Ajaib Untuk Mengembangkan Motorik Halus Anak. In Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran) (Vol. 4, pp. 394-402). https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/1576
Hayati, S.N., & Na’imah, N. (2022). Analisis Kompetensi Berbicara Anak Usia Dini pa-da Masa New Normal. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3203-3217. 10.31004/obsesi.v6i4.2107
Heryani, H., & Sumitra, A. (2021). Pembelajaran seni rupa dalam mengembangkan krea-tivitas anak usia 5-6 tahun melalui kegiatan mewarnai. CERIA (Cerdas Energik Re-sponsif Inovatif Adaptif), 4(3), 251-259. https://doi.org/10.22460/ceria.v4i3.p%25p
Hidayati, I. (2019). Pengenalan Bentuk Geometri Melalui Penerapan Media Pasir Kinetik Untuk Anak Usia 2-3 Tahun Di Ppt Mawar 01 Ar-Rachman Surabaya (Doctoral dissertation, Universitas Narotama). http://repository.narotama.ac.id/743/
Jalilah, M., & Alam, S. K. (2019). =. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 1(6), 23-30. https://doi.org/10.22460/ceria.v1i6.p23-30
Khamaliyah, A., Fatimah, A., & Kusumawardani, R. (2019). Pengaruh bermain pasir ki-netik terhadap Kreativitas anak. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 21-28. http://dx.doi.org/10.30870/jpppaud.v6i1.7369
Kurniati. E & Rachmawati, Y. (2010). Strategi pengembangan kreativitas pada anak usia taman kanak-kanak. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Muthiah, M., Sumardi, S., & Rahman, T. (2020). Desain Media Pasir Kinetik untuk Memfasilitasi Kemampuan Menulis Permulaan Anak Usia Dini. Jurnal PAUD Agapedia, 4(2), 207-218. https://ejournal.upi.edu/index.php/agapedia/article/view/30440
Rakhman, A., & Alam, S. K. (2022). Metode bermain kooperatif dalam meningkatkan antusias belajar anak usia dini pada masa covid-19. Abdimas Siliwangi, 5(1), 54-61. https://doi.org/10.22460/as.v5i1.6880
Rupnidah, R., & Suryana, D. (2022). Media pembelajaran anak usia dini. Jurnal Paud Agapedia, 6(1), 51-61. https://doi.org/10.17509/jpa.v6i1.48199
Triananingsih, Y., & Alam, S. K. (2019). Meningkatkan kemampuan kognitif (berpikir kreatif) anak usia dini melalui media pembelajaran balok studi quasi pada kelompok B. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 3(1), 70-77. https://doi.org/10.22460/ceria.v3i1.p%25p
Umah, K. K., & Rakimahwati, R. (2021). Perkembangan kreativitas anak melalui per-mainan pasir ajaib di Taman Kanak-kanak. Aulad: Journal on Early Childhood, 4(1), 28-36. https://doi.org/10.31004/aulad.v4i1.86
Umami, R., Sunaringtyas, W., & Ishariani, L. (2020). Pengaruh kinetic play sand ter-hadap kemampuan adaptasi lingkungan sekolah pada anak preschool. Jurnal Penelitian Keperawatan, 6(2), 86-96. https://doi.org/10.32660/jpk.v6i2.486
Winnuly, W., & Pamungkas, J. (2022). Analisis penggunaan bahan sisa pada pembelaja-ran kreativitas seni rupa anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4631-4639. 10.31004/obsesi.v6i5.2637