Meningkatkan Sikap Disiplin Anak Usia Dini melalui Metode Pemberian Tugas Berbasis Potensi Alam

Penulis

  • Astry Aditya Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Cimahi
  • Ema Aprianti Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Cimahi

Kata Kunci:

Early Childhood, Natural Potential-Based Tasking Methods, Discipline

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perencanaan pembelajaran meningkatkan sikap disiplin anak usia dini melalui metode pemberian tugas berbasis potensi alam, memaparkan proses pelaksanaan pembelajaran metode pemberian tugas berbasis potensi alam untuk meningkatkan sikap disiplin anak usia dini, dan menguraikan hasil dari pembelajaran meningkatkan sikap disiplin anak usia dini melalui metode pemberian tugas berbasis potensi alam di TK kelompok A. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan data yang dihasilkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, display data, dan verifikasi. Penelitian ini dilaksanakan di TKA Assalam dengan melakukan pembelajaran pada 9 anak di kelompok A yang menjadi subjek penelitian. Hasil penelitian mengungkapkan beberapa temuan diantaranya yaitu 1) Pembelajaran untuk meningkatkan sikap disiplin anak usia dini melalui metode pemberian tugas berbasis potensi alam di TK kelompok A dilaksanakan berdasarkan perencanaan pembelajaran yang telah dibuat. 2) Siswa sangat tertarik dan antusias dengan proses pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan dengan metode pemberian tugas berbasis potensi alam. 3) Hasil pembelajaran menunjukan bahwa sikap disiplin siswa mengalami peningkatan yang sangat signifikan dengan presentase 78% siswa berada dalam tingkat Berkembang Sangat Baik setelah dilakukan metode pembelajaran pemberian tugas berbasis potensi alam.

Referensi

Aslindah, A., & Suryani, L. (2021). Pembuatan media pembelajaran PAUD berbasis bahan alam di TK Alifia Samarinda. Jurnal Pengabdian Ahmad Yani, 1(1), 49-57. https://www.researchgate.net/publication/367903193_Pembuatan_Media_Pembelajaran_PAUD_Berbasis_Bahan_Alam_Di_TK_Alifia_Samarinda

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33-54. 10.21831/hum.v21i1.38075

Foekh, N. P. (2022). Menyusun Instrumen Penelitian dalam Metodologi Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif. Bandung: Media Sains Indonesia

Iting, A. (2021). Upaya guru dalam meningkatkan kreativitas melalui metode pemberian tugas pada anak usia dini di Taman Kanak-Kanak Anugrah Kecamatan Palakka Ka-bupaten Bone. EDUCHILD (Journal of Early Childhood Education), 1(1), 81-95. https://ejournal.iain-bone.ac.id/index.php/educhild/article/view/1304

Khaironi, M. (2018). Perkembangan anak usia dini. Jurnnal golden Age Hamzanwadi University, 3 (1), 1-12. https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/article/view/739

Latifsan, F. A., Ahmad, A., & Yeniningsih, T. K. (2021). Mengembangkan kreativitas anak usia dini melalui media bahan alam di PAUD Nurul Hidayah Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4). 29-37. https://jim.usk.ac.id/paud/article/view/19069

Mursid. (2018). Belajar dan Pebelajaran PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini.

Ramdhan, M. (2021). Metode Penelitian. Surabaya: Cipta Media Nusantara.

Siddiq, U., & Moh Miftachul Choiri. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pen-didikan. Ponorogo: CV Nata Karya.

Sufiati, V., & Afifah, S. N. (2019). Peran perencanaan pembelajaran untuk performance mengajar guru pendidikan anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 48-53. 10.21831/jpa.v8i1.26609

Susilawati, S., Syukri, M., & Ali, M. Peningkatan kecerdasan interpersonal melalui metode pemberiantugas kelompok pada anak usia dini. Jurnal Pendidikan dan Pem-belajaran Khatulistiwa (JPPK), 8(6). 1-9. https://doi.org/10.26418/jppk.v8i6.33433

Syukur, A., & Fallo, Y. T. (2019). Peningkatan kemampuan anak dalam mengenal kon-sep bilangan melalui penggunaan media pembelajaran berbasis alam. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 6(1), 1-11. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v6i1.5365

Utami, F., & Prasetyo, I. (2021). Pengasuhan keluarga terhadap perkembangan karakter disiplin anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1777-1786. DOI: 10.31004/obsesi.v5i2.985

Yanti, D. (2020). Metode pemberian tugas pembelajaran pada anak usia dini di masa pandemi covid-19. E-JURNAL AKSIOMA AL-ASAS, 1(2). 86-99 https://doi.org/10.55171/jaa.v1i2.624

Unduhan

Diterbitkan

2024-11-14