Film Animasi sebagai Pembelajaran Practical Life untuk Meningkatkan Kemandirian Anak Usia Dini
Kata Kunci:
Kemandirian, Anak Usia Dini, Practical Life, Film AnimasiAbstrak
Kemampuan kemandirian pada pendidikan anak usia dini merupakan suatu tuntutan pada masa ini, dimana kemampuan kemandirian ini dibutuhkan oleh anak usia dini untuk bisa bertahan hidup serta dapat berbaur di lingkungan yang lebih besar lagi dibandingkan dengan lingkungan keluarga, yaitu lingkungan masyarakat. Di samping itu dalam menstimulus kemampuan kemandiran juga diperlukan upaya guru dalam menyajikan pembelajaran kemampuan kemandirian yang menarik sehingga anak tidak merasa terbebani maka diperlukan media yang menarik dan menyenangkan bagi anak. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk meningkakan kemampuan kemandirian anak kelompok A yaitu anak yang berusia 4-5 tahun dengan pembelajaran practical life melalui film animasi. Metode penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan analisis data deskriptif. Subjek penelitian ini adalah 8 orang anak kelompok A di RA Arafah Cimahi Selatan dan teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan kemandirian pada anak kelompok A dengan pembelajaran practical life melalui film animasi. Diperoleh hasil akhir penelitian terhadap 8 orang subjek penelitian 1 orang anak kemampuan kemandiriannya mulai berkembang dan 7 orang anak kemampuan kemandiriannya sudah berkembanag sangat baik.
Referensi
Aprilia, A. R., & Rohita, R. (2021). Kegiatan practical life: Upaya penanaman kemandirian pada anak usia 3-4 tahun. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 4(2), 48. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v4i2.829
Chairilsyah, D. (2019). Analisis kemandirian anak usia dini. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(01), 88-98. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v3i01.3351
Elytasari, S. (2017). Esensi metode montessori dalam pembelajaran anak usia dini. Jurnal Arraniry, 3(1), 59–73. http://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v3i1.2045
Lisefti Fatimah, E., Yulianingsih, Y., & Syam’iyah. (2020). Kemandirian anak usia dini dengan penggunaan media film animasi “Nussa dan Rara.” Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2, 74–83. https://doi.org/10.37985/murhum.v1i2.10
Putra, K. D., & Jannah, M. (2013). Perkembangan kemandirian anak usia dini (usia 4-6 tahun) di Taman Kanak-Kanak As-salam Surabaya. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 1(3). https://core.ac.uk/download/pdf/230625758.pdf
Rakhman, A., & Khalif Alam, S. (2020). Implementasi pembelajaran jarak jauh dalam meningkatkan life skill pada anak usia dini. Tunas Siliwangi : Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 6(2), 2581–0413. https://doi.org/10.22460/ts.v6i2p9-17.2063
Rohmah, T. (2013). Meningkatkan kemandirian anak melalui kegiatan practical life kelompok A Di Ra Al-Ikhlas Medokan Ayu Rungkut Surabaya. PAUD Teratai, 2(1). https://core.ac.uk/download/pdf/230637548.pdf
Rohmalina, R. (2016). 3R (Reduce, Reuse, Recycle) sebagai inovasi media pembelajaran PAUD dalam menyongsong indonesia bebas sampah di PAUD Siaga Kota Cimahi. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 2(2), 43-53. https://doi.org/10.22460/ts.v2i2p43-53.333
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta, Bandung.
Mubarak, R. (2022). Pengembangan media busy book untuk pengenalan keterampilan hidup sehari-hari (daily life skills) anak usia 2-4 tahun di Taman Sosialisasi Anak (TSA) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 8(2), 56-66. 10.24235/awlady.v8i2.10019
Vauziah, N. E., & Rohmalina, R. (2020). Penerapan Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Di Lingkungan Keluarga Melalui Kerjasama Orangtua Dan Guru Di PAUD Al-Mutadarisin. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 3(5), 404-410. https://doi.org/10.22460/ceria.v3i5.p%25p