Urgensi Kemampuan Computional Thinking melalui Pembelajaran Coding di Satuan Pendidikan Anak Usia Dini

Authors

  • Maria Aminiati Raudhatul Athfal (RA) Cendekia Imani, Kota Cimahi
  • Rohmalina Rohmalina Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Kota Cimahi

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v8i5.24660

Keywords:

Computational Thinking, Coding Lessons, Early Childhood Education

Abstract

Bonus demografi Indonesia dapat menjadi masalah serius jika tidak diimbangi dengan kesiapan kompetensi dan cara berpikir. Hal ini merupakan suatu tantangan yang harus dipersiapkan sejak dini. Computational thinking sebagai salah satu cara berpikir merupakan salah satu jawaban untuk menjawab tantangan tersebut. Penerapan computational thinking dapat dimulai dari Pendidikan Anak Usia Dini, yaitu melalui pembelajaran coding. Melalui pembelajaran coding diharapkan anak-anak memiliki kemampuan berpikir komputasi atau computational thinking yang memiliki banyak sekali manfaat untuk kehidupan anak.  Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran mengenai urgensi computational thinkingmelalui pembelajaran coding di lembaga PAUD. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur dengan analisis kualitatif. Data yang digunakan adalah data sekunder berupa buku, modul dan artikel ilmiah mengenai urgensi computational thinking. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa  computational thinking sangat penting untuk diterapkan karena memiliki banyak manfaat.  Salah satu cara menerapkan computational thinking adalah melalui pembelajaran coding di satuan Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini.   Indonesia’s demographic bonus could become a serious challenge if not balanced with adequate competencies and a ready mindset. Therefore, early preparation is essential. Computational thinking, as a way of problem-solving, offers one potential solution to this challenge. The introduction of computational thinking can begin in early childhood education through coding lessons. Such lessons are expected to foster computational thinking skills in children, which provide numerous benefits for their future lives. The purpose of this study is to describe the urgency of developing computational thinking through coding lessons in early childhood education institutions. This research employed a literature study with a qualitative analysis approach. The data consisted of secondary sources such as books, modules, and scientific articles related to computational thinking. The results of the analysis indicate that computational thinking is highly important to implement due to its wide-ranging benefits. One effective way to introduce computational thinking is through coding lessons in early childhood education institutions.

References

Anggito, A., Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.

Ansori, M. (2020). Pemikiran komputasi (computational thinking) dalam pemecahan masalah. Dirasah: Jurnal Studi Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 111-126. https://doi.org/10.29062/dirasah.v3i1.119

Harahap, M., & Eliza, D. (2022). E-modul pembelajaran coding berbasis pengenalan budaya Indonesia untuk meningkatkan computational thinking. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3063-3077. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2323

Hasbi, M., Nugraha, A., Mumpuni, N. D., Warsito, I. H., & Sylvia, N. (2020). Konsep pembelajaran coding serta peran ptk, orang tua, mitra dan komunitas dalam pen-erapan pembelajaran coding di satuan PAUD: modul 1. https://repositori.kemendikdasmen.go.id/22505/

Latif, K. A., Hammad, R., & Muhid, A. (2021). Pengenalan Computational thinking pada Madrasah Ibtidaiyah Nahdatul Wathan Marcapada Lombok Barat. JPMB: Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter, 4(1), 33-40. https://coba.rekarta.co.id/index.php/jpmb/article/view/178

Maharani, S., Nusantara, T., As’ari, A. R., & Qohar, A. (2020). COMPUTITONAL THINKING Pemecahan Masalah di Abad Ke-2. BuatBuku.com.

Maharani, S., Nusantara, T., As’ari, A. R., & Qohar, A. (2020). Computational thinking: Media pembelajaran CSK (CT-Sheet for Kids) dalam matematika PAUD. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 975-984. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.769

Mutoharoh, M. (2020). Kurikulum pendidikan anak usia dini berbasis kearifan lokal terin-tegrasi pembelajaran coding. Horizon Pedagogia, 1(1). 28-37 https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jhp/article/view/10423

Mulyani, Y. (2021). Belajar coding itu penting di era revolusi industri 4.0. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Nurhopipah, A., Suhaman, J., & Humanita, M. T. (2021). Pembelajaran ilmu komputer tanpa komputer (unplugged activities) untuk melatih keterampilan logika anak. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(5), 2603-2614. https://doi.org/10.31764/jmm.v5i5.5295

Nurjanah, N. E., & Mukarromah, T. T. (2021). Pembelajaran berbasis media digital pada anak usia dini di era revolusi industri 4.0: Studi literatur. Jurnal Ilmiah Poten-sia, 6(1), 66-77. https://orcid.org/0000-0002-2876-2969

Rohmalina, R., Aprianti, E., & Lestari, R. H. (2020). Pendekatan open-ended dalam mempengaruhi kemampuan mengenal konsep bilangan anak usia dini. Jurnal Ob-sesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1409-1418. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.805

Syarifuddin, M., Risa, D. F., Hanifah, A. I., & Nurussa’adah, N. (2019). Experiment Computational Thinking: Upaya Meningkatkan Kualitas Problem Solving Anak Melalui Permainan GORLIDS. Jurnal mitra pendidikan (JMP online), 3(6), 807-822.

Sa’diyyah, F. N., Mania, S., & Suharti, S. (2021). Pengembangan instrumen tes untuk mengukur kemampuan berpikir komputasi siswa. JPMI (jurnal pembelajaran ma-tematika inovatif), 4(1), 17-26. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i1.p%25p

Yasin, M. (2021). Mengembangkan computational thinking. Lumajang: Mahameru Press.

Zahid, M. Z., Dewi, N. R., Asih, T. S. N., Winarti, E. R., Putri, T. U. K., & Susilo, B. E. (2021, February). Scratch Coding for Kids: upaya memperkenalkan mathematical thinking dan computational thinking pada siswa sekolah dasar. In PRISMA, Prosid-ing Seminar Nasional Matematika (Vol. 4, pp. 476-486).

Published

2025-09-26