Urgensi Kemampuan Computional Thinking melalui Pembelajaran Coding di Satuan Pendidikan Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.22460/ceria.v8i5.24660Keywords:
Computational Thinking, Coding Lessons, Early Childhood EducationAbstract
References
Anggito, A., Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.
Ansori, M. (2020). Pemikiran komputasi (computational thinking) dalam pemecahan masalah. Dirasah: Jurnal Studi Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 111-126. https://doi.org/10.29062/dirasah.v3i1.119
Harahap, M., & Eliza, D. (2022). E-modul pembelajaran coding berbasis pengenalan budaya Indonesia untuk meningkatkan computational thinking. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3063-3077. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2323
Hasbi, M., Nugraha, A., Mumpuni, N. D., Warsito, I. H., & Sylvia, N. (2020). Konsep pembelajaran coding serta peran ptk, orang tua, mitra dan komunitas dalam pen-erapan pembelajaran coding di satuan PAUD: modul 1. https://repositori.kemendikdasmen.go.id/22505/
Latif, K. A., Hammad, R., & Muhid, A. (2021). Pengenalan Computational thinking pada Madrasah Ibtidaiyah Nahdatul Wathan Marcapada Lombok Barat. JPMB: Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter, 4(1), 33-40. https://coba.rekarta.co.id/index.php/jpmb/article/view/178
Maharani, S., Nusantara, T., As’ari, A. R., & Qohar, A. (2020). COMPUTITONAL THINKING Pemecahan Masalah di Abad Ke-2. BuatBuku.com.
Maharani, S., Nusantara, T., As’ari, A. R., & Qohar, A. (2020). Computational thinking: Media pembelajaran CSK (CT-Sheet for Kids) dalam matematika PAUD. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 975-984. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.769
Mutoharoh, M. (2020). Kurikulum pendidikan anak usia dini berbasis kearifan lokal terin-tegrasi pembelajaran coding. Horizon Pedagogia, 1(1). 28-37 https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jhp/article/view/10423
Mulyani, Y. (2021). Belajar coding itu penting di era revolusi industri 4.0. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Nurhopipah, A., Suhaman, J., & Humanita, M. T. (2021). Pembelajaran ilmu komputer tanpa komputer (unplugged activities) untuk melatih keterampilan logika anak. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(5), 2603-2614. https://doi.org/10.31764/jmm.v5i5.5295
Nurjanah, N. E., & Mukarromah, T. T. (2021). Pembelajaran berbasis media digital pada anak usia dini di era revolusi industri 4.0: Studi literatur. Jurnal Ilmiah Poten-sia, 6(1), 66-77. https://orcid.org/0000-0002-2876-2969
Rohmalina, R., Aprianti, E., & Lestari, R. H. (2020). Pendekatan open-ended dalam mempengaruhi kemampuan mengenal konsep bilangan anak usia dini. Jurnal Ob-sesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1409-1418. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.805
Syarifuddin, M., Risa, D. F., Hanifah, A. I., & Nurussa’adah, N. (2019). Experiment Computational Thinking: Upaya Meningkatkan Kualitas Problem Solving Anak Melalui Permainan GORLIDS. Jurnal mitra pendidikan (JMP online), 3(6), 807-822.
Sa’diyyah, F. N., Mania, S., & Suharti, S. (2021). Pengembangan instrumen tes untuk mengukur kemampuan berpikir komputasi siswa. JPMI (jurnal pembelajaran ma-tematika inovatif), 4(1), 17-26. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i1.p%25p
Yasin, M. (2021). Mengembangkan computational thinking. Lumajang: Mahameru Press.
Zahid, M. Z., Dewi, N. R., Asih, T. S. N., Winarti, E. R., Putri, T. U. K., & Susilo, B. E. (2021, February). Scratch Coding for Kids: upaya memperkenalkan mathematical thinking dan computational thinking pada siswa sekolah dasar. In PRISMA, Prosid-ing Seminar Nasional Matematika (Vol. 4, pp. 476-486).