Meningkatkan Kreativitas Seni Rupa Anak Usia Dini Melalui Media Playdough di RA Ceding Ayu

Penulis

  • Russy Ranggayoni Institut Agama Islam Negeri Lhokseumawe, Lhokseumawe
  • Yusra Yusra Institut Agama Islam Negeri Lhokseumawe, Lhokseumawe

Kata Kunci:

Kreativitas Seni Rupa, Anak Usia Dini, Media Playdough

Abstrak

Pada dasarnya manusia telah memiliki potensi kreatif sejak awal ia diciptakan. Kreativitas anak merupakan salah satu unsur pertumbuhan penting yang harus diasah oleh orang tuanya sejak usia dini untuk memaksimalkan potensinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana meningkatkan kreativitas seni rupa anak usia dini melalui media playdough di RA Ceding Ayu. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini yaitu anak usia 5 – 6 tahun (Kelompok B1) di RA Ceding Ayu yang berjumlah 15 anak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kreativitas  seni rupa dapat dikembangkan melalui media playdough yang diimplementasikan dalam metode proyek. Hal ini dibuktikan pada kegiatan pra siklus belum ada anak yang berkembang sesuai harapan dan berkembang sangat baik, Siklus I anak yang belum berkembang (BB) 13% dan mulai berkembang (MB) 53%, sedangkan yang berkembang sesuai harapan (BSH) sebanyak 27% dan 7% berkembang sangat baik (BSB). Pada siklus ke II terjadi peningkatan yang signifikan yaitu berkembang sangat baik (BSB) 53% dan berkembang sesuai harapan (BSH) 40%, mulai berkembang (MB) 7% dan tidak ada lagi anak yang belum berkembang (BB).

Referensi

Andriani, P. N., Kustiawan, U., & Maningtyas, R. D. T. (2022). Peningkatan kreativitas seni rupa anak melalui kegiatan membutsir dengan media playdough pada kelompok B di TK ABA 41 Pambon. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 2(2), 113–123. https://doi.org/10.17977/um065v2i22022p113-123

Arikunto, S. S. S. (2015). Penelitian tindakan kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Haibah, Q., & M.Kristanto. (2017). Pengaruh bermain play dough terhadap kreativitas membentuk geometri anak pada kelompok B Di Ra As-Syuhada’ Pedurungan Semarang tahun ajaran 2016/2017. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 35–45. https://doi.org/https://doi.org/10.26877/paudia.v6i1.1864

Khodijah, S. (2020). Penerapan media playdough dalam meningkatkan kreatifitas anak usia dini di kelompok bermain mutiara bunda desa wedarijaksa pati tahun pelajaran 2010/2020. IAIN Kudus. https://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3433

Lestari, M. O., & Halim, A. K. (2022). Penggunaan media loose part dalam mengembangkan kreativitas anak usia dini di PAUD Tunas Harapan. Jurnal Family Education, 2(3), 271–279. https://doi.org/10.24036/jfe.v2i3.69

Mustafa, P. S. et al. (2020). Metodologi penelitian kuantitatif, kualitatif, dan penelitian tindakan kelas dalam pendidikan olahraga. Universitas Negeri Malang. https://repository.insightmediatama.co.id/books/article/view/21

Mutahijhah, L., Munawar, M., & Chandra, A. (2021). Upaya meningkatkan daya kreativitas menggunakan media loose part pada kelompok B Di RA As-Syuhada Tlogosari Kulon Semarang. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 10(2), 348–356. https://doi.org/10.26877/paudia.v10i2.9620

Nurani, Y, Hartati, S, S. (2020). Memacu kreativitas melalui bermain: pembelajaran anak usia dini. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Pamadhi, H., & S, E. S. (2021). Seni keterampilan anak (Edisi 2). Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Paputungan, H. (2024). Penggunaan media play dough untuk meningkatkan kreativitas anak kelompok B di TK GMIM Joseph Kam Kamenti Kapataran Satu Kecamatan Lembean Timur. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan. 10(4), 941–944. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.10836220

Primawati, Y. (2023). Pengembangan kreativitas seni rupa anak usia dini. Journal of Early Childhood Studies, 1(2), 1–10. https://doi.org/https://journal.nubaninstitute.org/index.php/jecs/article/view/31/17

Rachmawati, Y., & Kurniati, E. (2019). strategi pengembangan kreativitas pada anak usia taman kanak-kanak. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Rohmatin, Z. A., & Hijriyani, Y. S. (2023). Penggunaan media playdough untuk mengembangkan sikap kreatif anak usia dini di RA Perwanida Ngrandu Kauman Ponorogo. Kindergarten: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia, 2(01), 56–70. https://doi.org/https://ejournal.iainponorogo.ac.id/index.php/kindergarten/article/view/1009/565

Sarasehan, Y. (2020). Pengembangan seni rupa tiga dimensi untuk meningkatkan kreativitas anak melalui media playdough. Jurnal Nanaeke Indonesian Journal of Early Childhood Education, 3(March 2019), 28–36. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/nananeke.v3i1.13557

Supriyenti, A. (2013). Meningkatkan kreativitas seni rupa anak melalui kegiatan mencetak dengan bahan alam di Paud Aisyiyah Lansano Pesisir Selatan. Sprektum PLS, 1(2), 15–34. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v1i2.2387

Unduhan

Diterbitkan

2024-11-17