Deskripsi DESKRIPSI PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK KELOMPOK B DI TK PELITA KABUPATEN BONEBOLANGO PROVINSI GORONTALO

DESKRIPSI PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK KELOMPOK B DI TK PELITA KABUPATEN BONEBOLANGO PROVINSI GORONTALO

Penulis

  • Mita Sari Universitas Negeri Gorontalo, Kota Gorontalo
  • Nurul Aini MM Sodik Universitas Negeri Gorontalo, Kota Gorontalo
  • Elva M Sumirat Universitas Negeri Gorontalo, Kota Gorontalo

Kata Kunci:

Perkembangan; Sosial; Emosi;

Abstrak

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah "Bagaimana Deskripsi Perkembangan Sosial Emosional Anak Kelompok B Di TK Pelita Kabupaten Bonebolango Provinsi Gorontalo. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahuiDeskripsi perkembangan sosial emosional anak Di TK Pelita Kabupaten Bonebolang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan Deskriptif dengan jenis penelitian Kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukan bahwa kerjasama yang dikukan setiap anak terhadap teman sebaya sudah dapat dilakukan sehingga dapat menumbuhkan sikap sosial emosional dari mulai anak berinteraksi dengan orang lain. Rasa simpati yang dimiliki oleh setiap anak dari anak mulai merasakan apa yang dialami dilakukan dan diderita oleh orang lain sudah ditunjukan kepadateman sebaya dan orang lain. Rasa empati yang ditunjukan anak terhadap orang lain dengan memahami dan menyadari perasaan orang lain yang diterapkan dari anak sejak berusia dini sangat menumbuhkan sosial emosional anak. Kemurahan hati, yang dimiliki dengan ditunjukan melalui berbagi sesuatu kepada orang lain sudah ditunjukan oleh anak dari sejak usia dini sehingga sikap berbagi kapada orang lain inilah akan terus melekat pada diri ana

Referensi

Amriyadi, N. H., Kholifah, U. N., Dinata, K. I., & Anggraini, L. (2024, August). Review literatur: Perkembangan sosial emosional pada anak usia dini. In Proceeding International Conference on Tradition and Religious Studies (Vol. 3, No. 1, pp. 579-589). https://proceedings.radenfatah.ac.id/index.php/lc-TiaRS/article/view/1230

Amruddin, R.P., Agustina, T.S., Ariantini, N.S., Rusmayani, N. G. A.L., Aslindar, D.A., Ningsih, K.P., Wulandari, S., Putranto, P., Yuniati, I., Untari, I., Mujiani, S.,& Wicaksono, D. (2022). Metodologi penelitian kuantitatif. Sukoharjo: Pradina Pustaka

Annisah, A., & Mardianto, M. (2023). Efforts to develop social emotional intelligence of students in Rumah Qur’an Al-Hafizh. Jurnal Pendidikan Glasser, 7(2), 343. https://doi.org/10.32529/glasser.v7i2.2784

Anzani, R. W., & Insan, I. K. (2020). Perkembangan sosial emosi pada anak usia prasekolah. PANDAWA, 2(2), 180-193. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pandawa/article/view/595

Handayani, L. P., Marmawi, M., & Lukmanulhakim, L. (2022). Permainan tradisional tepok antri untuk perkembangan sosial anak usia 5-6 tahun di Desa Anjungan. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 11(5), 1–8. https://doi.org/10.26418/jppk.v11i5.54867

Harianja, A. L., Siregar, R., & Lubis, J. N. (2023). Upaya meningkatkan perkembangan sosial emosional anak usia dini melalui bermain peran. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4871–4880. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.5159

Ilham, I. (2020). Perkembangan emosi dan sosial pada anak usia sekolah dasar. EL-Muhbib: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Dasar, 4(2), 162–180. https://doi.org/10.52266/el-muhbib.v4i2.562

Yulisetyaningrum, Y. (2019). Perkembangan sosial emosional anak usia pra sekolah. Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan, 10(1), 221-228. https://doi.org/10.26751/jikk.v10i1.645

Mulyani, N. (2017). Upaya Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Raushan Fikr, 3(1), 133–147. https://doi.org/10.24090/jimrf.v3i1.1013

Nurhayati N., Anita, A., Trisnawati, D., Astuti, R., Maisaroh, R., Rizky, F., Fahlevi, F., Putri M.C., Ayani, R., Hardisa, A., & Nuramiza, A. (2023). Perkembangan sosial emosional anak usia dini. Bandung: Penerbit Wibina Bhakti Persada. https://repository.penerbitwidina.com/media/publications/559576-perkembangan-sosial-emosional-anak-usia-ce5883f0.pdf

Nurmalitasari, F. (2015). Perkembangan sosial emosi pada anak usia prasekolah. Buletin Psikologi, 23(2), 103. https://doi.org/10.22146/bpsi.10567

Rhoades, B. L., Warren, H. K., Domitrovich, C. E., & Greenberg, M. T. (2011). Examining the link between preschool social-emotional competence and first grade academic achievement: The role of attention skills. Early Childhood Research Quarterly, 26(2), 182–191. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2010.07.003

Unduhan

Diterbitkan

2024-11-14