Deskripsi DESKRIPSI PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK KELOMPOK B DI TK PELITA KABUPATEN BONEBOLANGO PROVINSI GORONTALO
DESKRIPSI PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK KELOMPOK B DI TK PELITA KABUPATEN BONEBOLANGO PROVINSI GORONTALO
Kata Kunci:
Perkembangan; Sosial; Emosi;Abstrak
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah "Bagaimana Deskripsi Perkembangan Sosial Emosional Anak Kelompok B Di TK Pelita Kabupaten Bonebolango Provinsi Gorontalo. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahuiDeskripsi perkembangan sosial emosional anak Di TK Pelita Kabupaten Bonebolang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan Deskriptif dengan jenis penelitian Kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukan bahwa kerjasama yang dikukan setiap anak terhadap teman sebaya sudah dapat dilakukan sehingga dapat menumbuhkan sikap sosial emosional dari mulai anak berinteraksi dengan orang lain. Rasa simpati yang dimiliki oleh setiap anak dari anak mulai merasakan apa yang dialami dilakukan dan diderita oleh orang lain sudah ditunjukan kepadateman sebaya dan orang lain. Rasa empati yang ditunjukan anak terhadap orang lain dengan memahami dan menyadari perasaan orang lain yang diterapkan dari anak sejak berusia dini sangat menumbuhkan sosial emosional anak. Kemurahan hati, yang dimiliki dengan ditunjukan melalui berbagi sesuatu kepada orang lain sudah ditunjukan oleh anak dari sejak usia dini sehingga sikap berbagi kapada orang lain inilah akan terus melekat pada diri ana
Referensi
Amriyadi, N. H., Kholifah, U. N., Dinata, K. I., & Anggraini, L. (2024, August). Review literatur: Perkembangan sosial emosional pada anak usia dini. In Proceeding International Conference on Tradition and Religious Studies (Vol. 3, No. 1, pp. 579-589). https://proceedings.radenfatah.ac.id/index.php/lc-TiaRS/article/view/1230
Amruddin, R.P., Agustina, T.S., Ariantini, N.S., Rusmayani, N. G. A.L., Aslindar, D.A., Ningsih, K.P., Wulandari, S., Putranto, P., Yuniati, I., Untari, I., Mujiani, S.,& Wicaksono, D. (2022). Metodologi penelitian kuantitatif. Sukoharjo: Pradina Pustaka
Annisah, A., & Mardianto, M. (2023). Efforts to develop social emotional intelligence of students in Rumah Qur’an Al-Hafizh. Jurnal Pendidikan Glasser, 7(2), 343. https://doi.org/10.32529/glasser.v7i2.2784
Anzani, R. W., & Insan, I. K. (2020). Perkembangan sosial emosi pada anak usia prasekolah. PANDAWA, 2(2), 180-193. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pandawa/article/view/595
Handayani, L. P., Marmawi, M., & Lukmanulhakim, L. (2022). Permainan tradisional tepok antri untuk perkembangan sosial anak usia 5-6 tahun di Desa Anjungan. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 11(5), 1–8. https://doi.org/10.26418/jppk.v11i5.54867
Harianja, A. L., Siregar, R., & Lubis, J. N. (2023). Upaya meningkatkan perkembangan sosial emosional anak usia dini melalui bermain peran. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4871–4880. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.5159
Ilham, I. (2020). Perkembangan emosi dan sosial pada anak usia sekolah dasar. EL-Muhbib: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Dasar, 4(2), 162–180. https://doi.org/10.52266/el-muhbib.v4i2.562
Yulisetyaningrum, Y. (2019). Perkembangan sosial emosional anak usia pra sekolah. Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan, 10(1), 221-228. https://doi.org/10.26751/jikk.v10i1.645
Mulyani, N. (2017). Upaya Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Raushan Fikr, 3(1), 133–147. https://doi.org/10.24090/jimrf.v3i1.1013
Nurhayati N., Anita, A., Trisnawati, D., Astuti, R., Maisaroh, R., Rizky, F., Fahlevi, F., Putri M.C., Ayani, R., Hardisa, A., & Nuramiza, A. (2023). Perkembangan sosial emosional anak usia dini. Bandung: Penerbit Wibina Bhakti Persada. https://repository.penerbitwidina.com/media/publications/559576-perkembangan-sosial-emosional-anak-usia-ce5883f0.pdf
Nurmalitasari, F. (2015). Perkembangan sosial emosi pada anak usia prasekolah. Buletin Psikologi, 23(2), 103. https://doi.org/10.22146/bpsi.10567
Rhoades, B. L., Warren, H. K., Domitrovich, C. E., & Greenberg, M. T. (2011). Examining the link between preschool social-emotional competence and first grade academic achievement: The role of attention skills. Early Childhood Research Quarterly, 26(2), 182–191. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2010.07.003